Makanan Khas Ketika Ramadhan, Inilah Kandungan dan Manfaat Buah Kurma

0
394

Intanblog.com – Buah kurma memang lebih banyak dijumpai ketika memasuki bulan suci Ramadhan atau bulan puasa bagi umat muslim. Buah yang tumbuh subur di beberapa negara Arab ini seringkali dikonsumsi ketika buka puasa sebagai makanan pembuka. Rasa dagingnya yang identik manis ketika matang dinilai mampu memberikan rasa kenyang. Selain itu manfaat buah kurma juga sangat bagus bagi kesehatan tubuh, apa saja khasiatnya?

Manfaat buah kurma - Makanan Khas Ketika Ramadhan, Inilah Kandungan dan Manfaat Buah Kurma

Baca Juga : Jeruk Lemon : Kandungan dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Kandungan Buah Kurma

Buah kurma memiliki nama latin yaitu Phoenix dactylifera dan tanaman buah ini sangat cocok tumbuh di negara Timur Tengah. Saat ini bahkan buah kurma bukan hanya dikonsumsi buahnya langsung melainkan banyak yang memanfaatkannya untuk pembuatan kue dan campuran makanan lainnya.

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan
Kalori 282 kcal
Karbohidrat 75,03g
Air 20,5%
Protein 2,45g
Gula 63,35g
Serat 8g
Lemak 0,39g
Vitamin A 10 IU
Vitamin C 0,4mg
Vitamin D 0µg
Vitamin E 0,05mg
Vitamin K 2,7µg
Vitamin B1 (Thiamine) 0,052mg
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,066mg
Vitamin B3 (Niacin) 1,274mg
Vitamin B5 (Panthothenic acid) 0,589mg
Vitamin B6 (Pyridoxine) 0,165mg
Vitamin B9 (Folat) 19µg
Vitamin B12 0µg
Kalsium 39mg
Zat Besi 1,02mg
Magnesium 43mg
Fosfor 62mg
Potassium (Kalium) 656mg
Sodium 2mg
Seng (Zinc) 0,29mg

Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan

Buah kurma banyak mengandung berbagai nutrisi baik itu berupa mineral seperti kalsium, kalium, magnesium, dan lainnya. Serta banyak juga kansungan vitaminnya seperti vitamin A, B kompleks, vitamin C, hingga vitamin B12. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buah kurma itulah sehingga memberikan efek bagus bagi kesehatan.

1. Mencegah Anemia

Zat besi yang terkandung pada buah kurma mampu memberikan kebutuhan zat besi dalam tubuh secara cukup. Sehingga tubuh akan menyerap zat besi tersebut untuk menghindari kondisi anemia. Bahkan bagi ibu hamil disarankan banyak mengkonsumsi buah kurma ketika dalam masa kehamilan.

2. Mencegah Kanker Lambung

Berdasarkan sebuah penelitian yang telah dilakukan, buah kurma ternyata memiliki khasiat mampu mengurangi risiko dan dampak serius dari kanker lambung. Selain itu buah ini memiliki efek yang lebih baik dibandingkan dengan obat tradisional lainnya.

Baca Juga : Tips Mengecilkan Perut Dengan Minum Jus Buah Ini

3. Mencegah Kanker Otak

Kandungan buah kurma seperti magnesium, boron, kalsium, sulfur, dan potassium memiliki peranan penting sebagai penangkal risiko kanker otak. Untuk terpenuhinya kebutuhan magnesium dan sulfur maka dianjurkan mengkonsumsi buah kurma minimal 15 butir sehari.

4. Sumber Energi

Buah kurma mengandung kalori tinggi mencapai 300 kkal energi untuk setiap 100 gramnya. Ditambah lagi dalam 100 gram kurma terdapat 29 gram gula alami (glukosa, sukrosa, dan fruktosa), 3 gram serat, dan 31 gram karbohidrat. Secara alami, kandungan gula yang terdapat pada buah kurma secara cepat diubah menjadi energi oleh organ hati dan bisa langsung digunakan oleh tubuh.

5. Mengatasi Alergi

Kandungan yang tidak umum terdapat pada makanan lainnya yaitu senyawa belerang organik (sulfur organik) dapat memberikan dampak positif bagi penderita alergi. Reaksi alergi tersebut bisa karena makanan atau alergi musiman.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama Anda di sini