Kapan Kartu BPJS Kesehatan Bisa Digunakan Pertama Kali?

0
1359

Pemahaman tentang BPJS Kesehatan yang dimiliki masyarakat saat ini memang masih minim. Hal ini karena faktor sosialisasi yang kurang, terutama untuk masyarakat yang tinggal di pedesaaan. Seperti halnya pemahaman tentang kapan kartu BPJS Kesehatan bisa digunakan pertama kali setelah melakukan pendaftaran.

kapan kartu bpjs kesehatan bisa digunakan pertama kali - Kapan Kartu BPJS Kesehatan Bisa Digunakan Pertama Kali?

Padahal jika seluruh masyarakat paham dengan berbagai aturan dan prosedur  BPJS Kesehatan yang berlaku, maka kesadaran masyarakat akan pentingnya menjadi peserta BPJS Kesehatan akan semakin meningkat. Sebagai catatan bahwa BPJS Kesehatan merupakan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang wajib diikuti oleh seluruh warga negara yang tinggal di Indonesia minimal selama 6 bulan.

Artinya, bagi anda yang merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) wajib menjadi peserta BPJS Kesehatan.



BPJS Kesehatan sendiri sebelumnya bernama Askes ( Asuransi Kesehatan ) yang dikelola oleh PT Askes Indonesia ( Persero ). Perubahan nama ini sejak tanggal 1 januari 2014 sesuai dengan UU No. 24 Tahun 2011 Tentang BPJS.

Yang wajib menjadi peserta BPJS Kesehatan adalah setiap warga negara Indonesia dan warga asing yang tinggal di Indonesia minimal selama 6 bulan. Aturan ini tertuang dalam pasal 14 UU tentang BPJS.

Baca Juga : Pengertian BPJS Kesehatan : Manfaat dan Cara Pendaftarannya

Kapan Kartu BPJS Kesehatan Bisa Digunakan?

Kenyataannya masih banyak masyarakat yang belum memahami tentang waktu penggunaan kartu BPJS Kesehatan pertama kali setelah melakukan pendaftaran. Oleh karena itu, disini saya akan memberikan penjelasan tentang waktu penggunaan BPJS Kesehatan bagi anda yang baru saja melakukan pendaftaran.

Kartu BPJS Kesehatan bisa digunakan pertama kali setelah 14 hari sejak pendaftaran atau setelah Virtual Account (VA) diterbitkan

Waktu penggunaan kartu BPJS Kesehatan pertama kali sudah diatur dalam Peraturan BPJS Kesehatan per Juni 2015.

Baca Juga : Bagaimana Prosedur dan Jenis Operasi Yang Ditanggung BPJS Kesehatan

Mekanisme Penggunaan BPJS Kesehatan Pertama Kali

Untuk lebih jelasnya tentang penggunaan BPJS Kesehatan pertama kali dimulai sejak pendaftaran hingga kartu bisa digunakan, silahkan simak penjelasan di bawah ini :

# Melakukan Pendaftaran Peserta Baru

Pertama anda tentu harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu agar seluruh anggota keluarga anda terdaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan sebagai peserta mandiri atau PBPU. Cara melakukan pendaftaran bisa anda baca disini ( Cara Daftar BPJS Kesehatan Online Yang Lebih Mudah dan Cepat )

Saat melakukan pendaftaran nanti anda akan disuruh mencetak Virtual Account (VA). Pada VA tersebut akan tercantum kode pembayaran yang digunakan untuk membayar iuran pertama kali melalui Bank atau merchant yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan lainnya.

Baca Juga : Daftar BPJS Kesehatan Lebih Cepat Via Online, Apa Kelebihannya?

# Lakukan Pembayaran Iuran Pertama Kali

Setelah melakukan pendaftaran, maka anda akan diberikan waktu untuk melakukan pembayaran iuran sesuai dengan kelas yang sudah anda pilih. Waktu pembayaran akan jatuh pada hari ke 14 sejak VA diterbitkan, tanggalnya akan diberitahukan pada VA masing-masing peserta.

Setelah melakukan pembayaran iuran pertama, maka ketika itu juga kartu BPJS Kesehatan anda sudah aktif dan bisa digunakan untuk klaim kesehatan. Untuk pembayaran iuran selanjutnya selambat-lambatnya tanggal 10 setiap bulannya.

Baca Juga : Iuran BPJS Kesehatan Dan Sistem Pembayarannya

Namun aturan tersebut tidak berlaku bagi :

1. Peserta dan Bayi baru lahir yang didaftarkan sebagai Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) di kelas III dengan menunjukkan surat rekomendasi dari Dinas Sosial setempat sebagai orang tidak mampu dan/atau keterangan lain yang dibutuhkan.

2. Bayi baru lahir yang merupakan anak dari Peserta Bantuan Iuran (PBI) yang didaftarkan sebagai peserta PBPU di kelas III.

3. Bayi baru lahir yang didaftarkan oleh Pemerintah Daerah sebagai peserta PBPU di kelas III.

4. Peserta dan bayi baru lahir dari Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PKMS) yang ditetapkan Menteri Sosial dan telah didaftarkan sebagai peserta BPJS Kesehatan di kelas III.

Baca Juga : Kartu BPJS Kesehatan Tidak Aktif, Begini Cara Mengaktifkannya Kembali?

Itulah penjelasan tentang kapan kartu BPJS Kesehatan bisa digunakan pertama kali sejak pendaftaran.

Semoga bermanfaat..

LEAVE A REPLY

Silahkan tulis komentar anda!
Masukkan nama anda disini