Kartu BPJS Kesehatan Tidak Aktif, Begini Cara Mengaktifkannya Kembali?

0
891

Anda mungkin adalah termasuk salah satu orang yang sedang membutuhkan kartu BPJS Kesehatan untuk melakukan pengobatan, namun ternyata kartu BPJS Kesehatan tidak aktif. Karena terkendala dengan kasus tersebut, maka dengan terpaksa anda melakukan pengobatan menggunakan biaya sendiri.

kartu bpjs kesehatan tidak aktif - Kartu BPJS Kesehatan Tidak Aktif, Begini Cara Mengaktifkannya Kembali?

Hal itu jelas menjadikan beban keuangan anda, karena biaya pengobatan tidak bisa ditanggung oleh BPJS Kesehatan lantaran kartu BPJS Kesehatan tidak aktif sehingga seluruh manfaatnya tidak bisa digunakan lagi.

Kartu BPJS Kesehatan akan dinonaktifkan oleh pihak BPJS jika yang bersangkutan telat membayar iuran bulanan yang sudah ditentukan sebelum tanggal 10 setiap bulannya.
Baca Juga : Begini Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Secara Online

Bagaimana Mengaktifkan Kartu BPJS Kesehatan Tidak Aktif



Untuk menggunakan kembali seluruh layanan mengenai BPJS Kesehatan, anda perlu mengaktifkan kembali kartu yang sudah tidak aktif lagi. Kartu yang sudah tidak aktif lagi biasanya karena peserta lalai dengan tidak membayar kewajiban iuran yang harus dibayarkan sebelum tanggal 10.

Kelalaian tersebutlah yang mengakibatkan kartu BPJS anda dinonaktifkan. Namun, kartu BPJS Kesehatan tidak aktif ternyata bisa kembali diaktifkan dengan cara membayar lunas tunggakan iuran keterlambatan.

Sebagai contoh, anda terdaftar sebagai peserta BPJS kelas 3 dengan besaran iuran Rp 25.500 dan tidak membayar iuran selama 12 bulan. Berarti anda perlu melunasi tunggakan sebesar Rp 25.500 x 12 ( bulan ) = Rp 306.000,.

Jika tunggakan anda sudah dibayarkan, dalam kurun waktu 1×24 jam maka secara otomatis kartu BPJS Kesehatan anda aktif kembali.

Baca Juga : Panduan Cara Daftar BPJS Kesehatan Online

Sanksi Bagi Kartu BPJS Kesehatan yang Dinonaktifkan

Perlu diketahui bahwa kartu BPJS Kesehatan yang sudah diaktifkan kembali setelah dinonaktifkan langsung bisa digunakan untuk berobat, namun peserta tidak bisa menggunakan layanan rawat inap selama 45 hari sejak kartu tersebut diaktifkan kembali.

Artinya, selama masa sanksi 45 hari maka peserta hanya bisa menggunakan layanan rawat jalan saja. Jika terpaksa peserta harus menjalani rawat inap karena kondisi yang tidak memungkinkan, maka biayanya tidak ditanggung oleh BPJS.

Baca Juga : Iuran BPJS Kesehatan Dan Sistem Pembayarannya

Bayarlah Iuran Setiap Bulan Sebelum Tanggal 10 Agar Kartu Tetap Aktif

Agar kartu BPJS Kesehatan anda tetap aktif dan dapat digunakan manfaatnya sebagai mana mestinya, maka untuk pembayaran iuran jangan sampai telat. Bayarlah iuran setiap bulannya sebelum tanggal 10.

LEAVE A REPLY

Silahkan tulis komentar anda!
Masukkan nama anda disini