Ketahui Apa Itu Investasi Asuransi Unit Link

0
180
investasi%2Basuransi%2Bunit%2Blink - Ketahui Apa Itu Investasi Asuransi Unit Link

Pernahkah anda mendengar tentang Asuransi Unit Link? atau mungkin pernah ditawari produk Asuransi Unit Link?

Asuransi unit link merupakan salah satu produk asuransi yang mengalami pertumbuhan yang pesat dengan peminat yang semakin meningkat.

Namun unit link ini adalah produk yang sering kali menimbulkan perdebatan. Karena kurangnya pemahaman tentang manfaat dan resiko produk unit link akan berakibat salah dalam memilih produk.

Definisi Asuransi Unit Link

Unit Link adalah sebuah produk perusahaan asuransi yang mengkombinasikan antara proteksi dan investasi.

Lebih jelasnya dana yang diperoleh dari nasabah tersebut akan dibagi ke dalam 2 wadah berbeda, sebagian masuk ke premi asuransi dan yang sebagian lagi dimasukkan ke manager investasi untuk dikelola.

Memang dalam rencana keuangan antara investasi dan proteksi adalah dua hal yang wajib dimiliki.

Investasi sangat diperlukan untuk mencapai tujuan keuangan, antara lain untuk dana pendidikan dan dana pensiun.

Tanpa adanya investasi, tujuan keuangan sulit dicapai jika hanya mengandalkan tabungan yang bunganya rendah dan sulit mengejar inflasi.

Proteksi berguna untuk melindungi anda dari beberapa resiko seperti sakit, cacat tetap dan meninggal dunia.

Dengan adanya proteksi jika pencari nafkah mengalami sakit, cacat ataupun meninggal dunia investasi akan tetap jalan sehingga anak-anak tetap melanjtkan sekolah dan ekonomi keluarga tetap terpenuhi.

Dengan membeli produk unit link anda akan mendapatkan dua manfaat sekaligus ( investasi dan proteksi ) sehingga tidak perlu repot lagi karena semuanya sudah dalam satu paket.

Unit link berbeda dengan asuransi tradisional atau asuransi term life yang hanya memberikan manfaat proteksi saja dan tidak ada manfaat investasi didalamnya.

Pilihan investasi yang ditawarkan oleh unit link bervariasi, dari mulai potensi return yang rendah sampai dengan yang tinggi. Ada banyak instrumen seperti saham, obligasi, campuran dan pasar uang.

Hal ini yang menjadikan asuransi unit link menarik karena menawarkan return yang jauh diatas tabungan atau deposito.

Namun sebagai calon nasabah unit link harus paham bahwa  segala resiko ditanggung oleh pemilik polis, bukan oleh perusahaan asuransi dan juga bukan oleh agen.

Manfaat Asuransi Unit Link

1. Keuntungan yang didapat sudah double, antara proteksi dan investasi. Sehingga tidak perlu lagi mengurus investasi sendiri, perusahaan asuransi yang mengatur semuanya.

2. Tidak perlu repot lagi dalam mengolah, mencari dan mengelola investasi. Berbagai pilihan instrumen investasi dikelola oleh manajer investasi yang professional disediakan oleh unit link. Laporan monitoring perkembangan investasi setiap bulan dikirimkan kepada pemegang polis.

3. Unit link menawarkan berbagai asuransi tambahan seperti asuransi kesehatan, cacat tetap dan penyakit kritis. Sehingga nasabah tidak perlu repot mencari asuransi tambahan lainnya lagi, karena sudah ada dalam satu paket.

4. Unit link menerima premi kecil atau rendah untuk investasi dan proteksi. Hal ini tidak ada didalam asuransi tradisional.

5. Premi di unit link tidak hangus dan bisa dicairkan jika sewaktu-waktu anda membutuhkan. Hal ini bereda dengan asuransi tradisional yang akan hangus jika stidak ada klaim sampai kontrak habis.

Perusahaan asuransi jiwa di Indonesia yang terkenal dan menjual produk unit link antara lain :

  • Prudential
  • AXA Mandiri
  • Allianz
  • Sequis Life
  • Manulife
Saat ini yang menjadi trend justru perusahaan asuransi lebih menawarkan unit link daripada asuransi jiwa tradisional.

LEAVE A REPLY

Silahkan tulis komentar anda!
Masukkan nama anda disini