Home Bisnis Keuntungan Dan Kerugian ICO Cryptocurrency

Keuntungan Dan Kerugian ICO Cryptocurrency

533
0
BAGIKAN

Maraknya coin-coin baru yang menggunakan metode ICO atau Initial Coin Offering memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelaku bisnis cryptocurrency di Indonesia. Karena sebagian besar ICO yang sudah launching memang terbukti memberikan keuntungan yang tinggi. Walaupun menguntungkan anda juga perlu memahami apa saja keuntungan dan kerugian ICO yang dijadikan sebagai investasi.

keuntungan dan kerugian ico atau initial coin offering - Keuntungan Dan Kerugian ICO Cryptocurrency

Perlu anda ketahui bahwa berinvestasi pada coin ICO memiliki resiko yang sangat tinggi karena tidak semua ICO akan berhasil sesuai dengan rencana yang sudah dibuat sejak awal. Namun, tidak sedikit pula coin ICO yang pada akhirnya mampu meraih keberhasilan seperti Ethereum, bitconnect, Regal dan lainnya.

Baca Juga : Pengertian ICO atau Initial Coin Offering Dalam Dunia Cryptocurrency

Keuntungan Dan Kerugian ICO




Tidak bisa dipungkiri bahwa fenomena ICO saat ini sedang menjadi salah satu trend bisnis investasi online yang banyak digemari pelaku bisnis cryptocurrency. Jika anda tertarik terjun ke dunia investasi ICO, pahami dulu keuntungan dan kerugian ICO sebagai berikut :

Keuntungan ICO atau Initial Coin Offering

Sebagai investor anda akan ditawarkan harga yang murah oleh developer coin pada saat masa ICO berlangsung. Harga tersebut termasuk diskon karena anda membeli token sebelum coin tersebut diluncurkan pada market cryptocurrency.

Karena target utama developer menggunakan metode ICO adalah untuk mengumpulkan dana guna mendukung proyek yang akan dikerjakan. Maka tidak salah jika developer mematok harga yang murah untuk setiap token yang mereka tawarkan bagi investor awal.

Keuntungannya bagi investor adalah memperoleh keuntungan berlipat pada saat peluncuran hingga 10x lipat dari harga awal sebelum launching. Sebagai contoh sang developer mematok harga token pada saat ICO sebesar $0.8, dan pada saat launching ke market harganya menjadi $10.

Bayangkan jika anda memiliki 1000 token yang anda bayar pada saat masa ICO hanya sebesar $800, dan 1000 token tersebut anda jual seharga $10 ketika sudah launching ke market.

Modal yang anda keluarkan hanya $800 akan berubah menjadi $10.000, ini jelas keuntungan yang sangat besar karena anda peroleh hanya dalam jangka waktu kurang dari 2 bulan.

Kerugian ICO atau Initial Coin Offering

Tidak ada bisnis yang tanpa memiliki resiko, begitu juga dengan bisnis ICO. Disini yang perlu menjadi pertimbangan anda sebelum terjun ke dunia ICO, yaitu resiko berupa kerugian financial yang sudah anda investasikan.

Selain mampu memberikan keuntungan yang sangat tinggi, ICO juga berpotensi memberikan kerugian yang besar. Sebagai contoh kerugian yang paling fatal, developer coin ICO tidak menjalankan proyeknya sesuai dengan rencana awal atau dana yang sudah terkumpul hilang dibawa kabur oleh developer tersebut.

Ada juga kerugian yang tidak terlalu besar yaitu harga pada saat peluncuran ke market lebih rendah dari harga pada saat ICO. Hal ini terjadi karena kurangnya peminat terhadap coin tersebut, sehingga harga tidak bisa meningkat malah justru semakin menurun. Selain itu bisa juga developer tidak terlalu serius menggarap coin tersebut setelah launching ke market.

Kesimpulan

Setelah mengetahui keuntungan dan kerugian ICO, maka anda bisa mempertimbangkan apakah akan maju untuk terjun atau tidak ke bisnis investasi ICO. Namun yang saya ketahui selama ini, lebih banyak untungnya daripada ruginya.

BERIKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komentar anda
Silahkan masukkan nama anda disini