Home Bisnis Kunci Sukses Berbisnis Untuk Pemula

Kunci Sukses Berbisnis Untuk Pemula

0
971

Menjadi pengusaha sukses merupakan impian yang sangat diidamkan bagi kalangan pengusaha.
Puas rasanya memperoleh hasil yang merupakan kerja keras sendiri, tenaga dan pikiran terkuras dengan hasil akhir sesuai yang diharapkan.

Lalu, apakah mudah menjalani sebuah usaha yang dari awal memang belum pernah menjalaninya sama sekali? Ingat, untuk menjalani usaha dari nol tidak harus mempunyai pengalaman terlebih dahulu.

Karena pengalaman akan didapat saat kita sudah mengalaminnya sendiri. Dengan menjalaninya kita akan menghadapai segala macam pahit manisnya bisnis wirausaha.

Yang perlu diketahui, bahwa orang sukses itu dimulai dari bawah dan dengan serangkaian kisah yang terjadi hingga mencapai puncak kesuksesan. Prosesnya berbagai macam kisah pastinya, tapi yang paling menonjol adalah pantang menyerah.

Kunci sukses berbisnis

 

1. Memilih bisnis dari hal yang disukai atau hobi

Saya yakin kebanyakan orang mengalami kesulitan disaat akan memilih bisnis apa yang akan dijalani. Jika ini yang dialami, maka cara yang paling mudah adalah memilih bisnis dengan sesuatu hal yang kita sukai atau yang sudah menjadi hobi.

Baca Juga :   Belanja Online di Shopee Kena Pajak 10%, Ini Jenis Produknya

Cara ini akan sangat berpengaruh terhadap mood atau perasaan saat menjalaninya.  Karena sudah menjadi hal yang disukai, maka akan selalu semangat dalam menjalaninya. Ini akan berdampak besar terhadap hasil yang dicapai nantinya.

2. Fokus dengan satu bisnis

Untuk pemula, lakukanlah dengan tetap fokus terhadap 1 bisnis yang sedang dijalani.

Hasilnya akan lebih maksimal jika kita menjalani satu bisnis daripada menjalani bisnis lebih dari satu, hal ini akan berakibat fatal terhadap proses pengelolaan yang ahirnya kurang terkontrol dan terbengkalai.

3. Teruslah belajar

Teruslah gali informasi tentang usaha yang sedang dijalani melalui berbagai sumber. Misal dari internet, teman atau pengusaha lain yang menjalani bisnis yang sama.

Ini sebagai sumber ilmu untuk kedepannya lebih siap dalam menghadapai tantangan.

4. Kuasai konsep bisnis anda

Bisnis yang sedang dijalani harus sudah kita kuasai konsepnya 100%, ini sesuatu yang wajib.

Baca Juga :   Furniture Jakarta: Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memilih Furnitur

Karena kedepannya jika bisnis yang anda jalani mengalami kesuksesan, pasti akan banyak investor yang melirik bisnis anda untuk menjalin kerjasama.

Hal ini akan berguna untuk memberikan penjelasan yang akurat tentang konsep bisnis yang anda jalani. Dan tentunya juga akan berguna dalam hal promosi.

5. Hemat dengan keuangan

Perkecil pengeluaran dan perbesar pemasukan, ini yang harus tetap menjadi pedoman.

Anda pasti paham dengan hal ini, karena akan berdampak pada kesehatan keuangan bisnis anda.

6. Belajar dari pengalaman

Untuk pemula, mungkin pengalaman berbisnis masih minim. Tapi pengalaman itu banyak kriteria, bisa pengalaman fakta dan pengalaman ilmu pengetahuan.

Untuk pengalaman fakta, ini jelas anda pasti belum punya karena baru akan memulai. Tetapi untuk pengalaman ilmu pengetahuan, anda pasti mempunyai banyak pengalaman.

7. Selalu Menjaga Kesehatan

Sebagai pelaku usaha, sudah pasti akan banyak mengurangi waktu istirahat anda dengan kesibukan-kesibukan yang akan dihadapi.

Baca Juga :   5 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Memilih Jasa Desain Interior

Pentingkanlah kesehatan anda untuk tetap ceria dalam berbisnis.

8. Lakukan Pemasaran yang Terbaik

Lakukan pemasaran dengan cara promosi menggunakan cara-cara yang terbaik, misal melalui media sosial dan media cetak.

Banyak hal yang bisa dijalani untuk hal ini, karena sekarang sudah jamannya teknologi modern. Orang lebih banyak menjalani aktifitas online dalam kehidupan sehari-hari. Jadi lebih tertuju jika perbanyak promosi di dunia internet.

9. Pantang Menyerah

Selalu kuat dalam segala hal, banyak tantangan yang akan dihadapai bagi seorang usahawan kedepannya. Oleh karena itu harus mempunyai sifat pantang menyerah.

10. Berdoa dan Bersedekah

Dalam bisnis kita harus berdoa untuk meminta kelancaran dalam berbisnis dan jangan lupa berbagi kebahagiaan dengan cara bersedekah.

Semoga dengan menjalankan tips yang sudah saya sampaikan ini, usaha yang anda jalankan akan menuai hasil sesuai yang diharapkan. Dan menjadi pengusaha yang sukses.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here