RajaBackLink.com
Jual Beli Bitcoin dan Aset Digital

Layanan BBM Resmi Berhenti Beroperasi Per 31 Mei 2019, Kenapa?

0
410

Intanblog.com – Kabar mengejutkan datang dari Blackberry Messanger (BBM) pada hari ini melalui situs resminya. Pasalnya layanan BBM resmi berhenti beroperasi pada akhir bulan depan atau tepatnya per 31 Mei 2019. Aplikasi pesan instan yang pernah menjadi primadona di masanya ini harus takluk dari peta persaingan dengan aplikasi serupa seperti halnya Whatsapp, Line, maupun Telegram.

Layanan BBM Resmi Berhenti Beroperasi Per 31 Mei 2019 Kenapa - Layanan BBM Resmi Berhenti Beroperasi Per 31 Mei 2019, Kenapa?

Aplikasi yang sempat heboh karena memutuskan untuk menjadi aplikasi pesan instan lintas platform pada tahun 2013, dimana sebelumnya hanya bisa dinikmati bagi pengguna smartphone Blackberry saja. Dengan hadirnya BBM pada platform Android dan iOS diharapkan mampu memperluas cakupan pengguna dan memperbanyak pengguna baru. Namun kenyataan berkata lain, banyak pengguna lebih memilih beranjak ke aplikasi pesan instan lainnya.

Layanan BBM Resmi Berhenti Beroperasi Per 31 Mei 2019, Kenapa?

Berikut ini isi dari informasi yang dipublikasikan oleh BBM melalui situs blog resminya terkait dengan pemberhentian layanan BBM dalam waktu dekat.

Hari ini kami mengumumkan bahwa BBM akan berhenti beroperasi pada 31 Mei 2019.

Tiga tahun lalu, kami mengawali perjalanan untuk memperbaharui BBM, salah satu aplikasi pesan instan yang paling dicintai. Kami berambisi menghadirkan sebuah layanan lintas-platform yang memungkinkan pengguna untuk tak hanya berkirim pesan dan berbagi cerita, tetapi juga menikmati berbagai konten dan bahkan membayar aneka tagihan.

Kami telah mencurahkan hati dan tenaga kami untuk mewujudkannya, dan kami bangga atas apa yang telah berhasil kami capai hingga saat ini.

Namun, tak dapat dipungkiri, industri teknologi begitu dinamis. Walau kami telah mengerahkan berbagai upaya, banyak pengguna memilih beranjak ke platform lain, sementara pengguna baru sulit untuk didapat.

Walaupun berat, kini telah tiba waktunya untuk kami pun beranjak.

Kami mengucapkan terima kasih pada para pengguna, mitra, dan karyawan kami yang telah menjadi bagian dari BBM selama ini. Dukungan Anda sangat berarti bagi kami.

Kami harap Anda akan terus mengenang berbagai memori indah bersama BBM yang telah turut membentuk masa depan platform pesan instan hingga hari ini.

PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) akhirnya memutuskan untuk menutup layanan perpesanan ini karena mengalami penurunan pengguna aktif secara signifikan sejak tahun 2016. Aplikasi perpesanan yang sempat populer di tahun 2000-an ini mengklaim sangat sulit mendapatkan pengguna baru.

Sejak tahun 2018 pihak BBM juga mulai menutup kantor di beberapa negara seperti di Kanada, Dubai dan Singapura. Pada saat itu operasional yang tetap akan ada hanya di Indonesia. Hanya berselang kurang dari satu tahun sejak penutupan kantor diberbagai negara, pada hari ini BBM mengumumkan akan menutup layanannya per 31 Mei 2019.

BBM sangat sulit bersaing dengan layanan pesan instan sejenis yang sudah besar dan telah menguasai pasar. Disamping itu, efek jaringan dari pemimpin pasar tersebut semakin kuat dan BBM telah keluar dari preferensi pengguna.

Namun biar bagaimanapun, aplikasi BBM telah menjadi salah satu aplikasi perpesanan yang sangat populer sebelumnya. Akhirnya dengan terpaksa kita harus mengatakan “Time to Say GOOD BYE” BBM.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here