Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan Yang Harus Anda Ketahui

0
132

Intanblog.com – Alpukat atau avokad merupakan salah satu buah dengan rasa yang khas, enak dan menyehatkan. Maka tidak heran jika buah ini menjadi pilihan banyak orang sebagai pelengkap pola makan sehat. Manfaat alpukat bagi kesehatan menjadi salah satu alasan banyak orang untuk memasukkannya ke dalam menu makanan sehat yang wajib dikonsumsi. Dengan mengkonsumsi alpukat, anda akan mendapatkan banyak manfaat dari banyaknya vitamin dan mineral alami yang terkandung di dalamnya.

manfaat alpukat bagi kesehatan - Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan Yang Harus Anda Ketahui

Untuk megkonsumsinya, anda bisa memakan buahnya langsung atau bisa juga dijadikan minuman jus. Apapun cara anda mengkonsumsi buah alpukat ini, manfaatnya akan tetap anda peroleh bagi kesehatan tubuh. Alpukat baik dikonsumsi karena mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, B, C, E, dan K serta mengandung kadar gula yang rendah. Selain itu kandungan lain yang terdapat di dalam alpukat adalah kalium, megnesium, lutein, karbohidrat, protein, dan folat.

Baca Juga : Manfaat Tomat Untuk Wajah Bisa Dijadikan Masker, Begini Caranya

Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan Yang Harus Anda Ketahui

Melihat dari banyaknya kandungan zat yang terdapat pada alpukat, maka anda perlu mengetahui beberapa manfaat alpukat bagi kesehatan. Apa saja manfaatnya? berikut ini penjelasannya.

1. Menyehatkan Jantung

Alpukat sendiri mengandung lemak sehat atau lemak tak jenuh yang tinggi sehingga baik bagi kesehatan jantung. Banyak pakar kesehatan yang mengungkapkan bahwa alpukat berbeda dengan buah-buah lainnya karena banyaknya kandungan vitamin dan mineral.



Orang yang rutin mengkonsumsi buah alpukat maka kadar kolesterol jahat dalam tubuh akan berkurang hingga 13,5 mg/dL. Hal ini diungkapkan oleh seorang peneliti kesehatan bernama Kris-Etherton yang pernah melakukan penelitian bersama teamnya di Pennsylvania State University, Amerika Serikat. Namun konsumsilah alpukat secara tidak berlebihan.

Baca Juga : Kenali 7 Tanda Penyebab Penyakit Jantung Koroner

2. Menyehatkan Mata dan Mencegah Katarak

Alpukat mengandung zat lutein dan zeaxanthin, dimana kedua zat ini sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan mata yaitu bertindak sebagai antioksidan. Dalam sebuah penelitian di jurnal Investigative Ophthalmology & Visual Science, menemukan bahwa beberapa kandungan pigmen di dalam alpukat efektif mencegah penyakit katarak serta masalah penglihatan pada seseorang di usia tua.

3. Baik Untuk Diet Alami

loading...

Bagi anda yang sedang menjalankan program diet alami dan menyehatkan tentu buah alpukat wajib masuk di dalam menu program diet anda. Mengapa?

Karena alpukat mengandung kadar gula yang rendah sehingga sangat baik untuk menjaga berat badan. Selain itu, kandungan karbohidrat serta serat yang tinggi mampu memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga nafsu makan anda akan terjaga. Dianjurkan jika digunakan untuk diet, makanlah buahnya secara langsung atau jika ingin dijadikan jus jangan ditambahkan dengan gula atau susu.

4. Mencegah Kanker

Buah alpukat sendiri sudah sangat melekat pada masyarakat sebagai buah yang mampu mencegah penyakit kanker. Hal ini didasari oleh adanya kandungan antioksidan yang tinggi pada buah alpukat sebagai zat yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Maka tidak heran jika ada seseorang yang menderita kanker untuk dianjurkan mengkonsumsi buah alpukat agar sel kanker tidak berkembang lebih ganas.

Baca Juga : Tips Mengecilkan Perut Dengan Minum Jus Buah Ini

5. Menyehatkan Kulit

Kandungan vitamin yang terdapat pada alpukat diyakini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit khususnya kulit wajah. Berikut ini manfaat yang akan anda peroleh dari buah alpukat bagi kesehatan kulit antara lain :

  • Melembabkan kulit
  • Meremajakan kulit
  • Menghaluskan kulit
  • Mencerahkan kulit
  • Mengatasi kulit keriput
  • Mengatasi kulit berminyak
  • Membersihkan wajah
  • Menghilangkan flek hitam
  • Menghilangkan bekas jerawat

Setelah anda mengetahui beberapa manfaat alpukat bagi kesehatan tentu anda akan mulai mengkonsumsi alpukat secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuh anda. Namun yang perlu diperhatikan, jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi buah alpukat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here