Manfaat BPJS Kesehatan Bagi Ibu Hamil

2
438

Manfaat BPJS Kesehatan bukan hanya akan dirasakan bagi masyarakat yang mengalami perawatan rumah sakit akibat sakit atau kecelakaan saja, melainkan ibu hamil juga akan memperoleh manfaat yang sangat besar.

manfaat bpjs kesehatan bagi ibu hamil - Manfaat BPJS Kesehatan Bagi Ibu Hamil

Bagi anda yang sedang mengalami kehamilan dan anda adalah peserta BPJS Kesehatan maka anda akan memperoleh beberapa manfaat layanan yang akan ditanggung sepenuhnya oleh BPJS Kesehatan terkait kehamilan anda.

Manfaat BPJS Kesehatan Bagi Ibu Hamil



Manfaat BPJS Kesehatan bagi ibu hamil tentunya akan banyak membantu untuk persiapan kelahiran bayi anda, khususnya dalam hal keuangan. Apa saja manfaat layanan yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan bagi ibu hamil? Berikut ini uraiannya :

Baca Juga : Bagaimana Prosedur dan Jenis Operasi Yang Ditanggung BPJS Kesehatan

1. Bebas Biaya Perawatan Kesehatan Selama Kehamilan

BPJS Kesehatan akan menanggung segala biaya pemeriksaan rutin ibu hamil selama masa kehamilan. Pemeriksaan kehamilan bisa dilakukan pada Fasilitas Kesehatan ( Faskes ) Tingkat Pertama, seperti puskesmas, klinik dan faskes lainnya yang terdaftar di dalam BPJS.

Ibu hamil akan secara maksimal memperoleh layanan kesehatan dari BPJS Kesehatan melalui faskes tingkat pertama tersebut. Jika memang faskes tingkat pertama tidak mampu menangani masalah kesehatan yang dialami oleh ibu hamil maupun bayi yang dikandungnya, karena kurangnya peralatan pendukung.

Maka ibu hamil akan diberikan rujukan ke faskes tingkat kedua yaitu rumah sakit. Rujukan ini sangat diperlukan agar penanganan lebih maksimal demi keselamatan ibu dan bayi yang dikandungnya.

Baca Juga : Cara Daftar BPJS Bayi Dalam Kandungan : Syarat dan Prosedur Yang Harus Dipenuhi

2. Bebas Biaya USG

Ultrasound Sonography atau yang biasa disebut dengan USG dilakukan pada ibu hamil saat masa kehamilan untuk mengetahui kondisi kesehatan bayi yang dikandungnya. Nah… USG akan ditanggung biayanya oleh BPJS Kesehatan, namun dengan syarat bahwa tindakan USG tersebut adalah saran dari dokter.

USG yang disarankan oleh dokter biasanya dikarenakan ada masalah serius pada ibu dan bayi yang dikandungnya, sehingga memerlukan tindakan USG untuk memastikan kondisi kandungan agar mendapatkan tindakan medis yang tepat.

Kemudian jika tindakan USG karena kemauan sendiri, maka biaya tersebut tidak akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Baca Juga : Panduan Cara Daftar BPJS Kesehatan Online

3. Bebas Biaya Persalinan

Persalinan bisa anda lakukan pada faskes tingkat pertama seperti klinik, puskesmas dan faskes lainnya yang terdaftar pada BPJS. Hal ini dilakukan jika tidak ada masalah berarti pada ibu hamil dan bayi yang dikandungnya.

Namun, jika terjadi masalah medis yang lebih serius pada ibu hamil seperti pendarahan, ketuban pecah dan lain sebagainya disarankan agar segera dirujuk ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik. Biaya proses persalinan sepenuhnya akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan.

4. Bebas Biaya Operasi Caesar

Proses persalinan dengan metode operasi caesar pada ibu hamil adalah proses persalinan yang memerlukan biaya lebih mahal dari persalinan normal. Ini tentunya menjadi perhatian serius bagi BPJS Kesehatan sebagai lembaga penjamin kesehatan nasional.

Baca Juga : Operasi Caesar Dengan BPJS Kesehatan : Berapa Biaya Yang Ditanggung?

Biaya operasi caesar pada proses persalinan akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan jika memang tindakan tersebut atas saran dari dokter karena sesuatu hal demi keselamatan ibu dan bayi.

Namun, jika operasi caesar karena atas kemauan sendiri maka BPJS Kesehatan tidak akan menanggung biaya tersebut. Hal ini dikarenakan kondisi ibu hamil dan bayi dalam kondisi sehat dan normal.

Baca Juga : Pilih BPJS Kesehatan atau Asuransi Kesehatan Swasta

Persiapkan sejak dini segala sesuatu yang dibutuhkan selama kehamilan hingga persalinan agar ibu dan bayi selamat. BPJS Kesehatan sangat membantu bagi ibu hamil selama masa kehamilan hingga persalinan, oleh karena itu belum terlambat jika anda belum terdaftar di BPJS Kesehatan.

Persiapan yang matang, akan membantu mengurangi beban pikiran ibu hamil. Karena masa kehamilan tentu membutuhkan kondisi yang selalu fit dan fresh.

Itulah penjelasan tentang manfaat BPJS Kesehatan bagi ibu hamil yang akan diperoleh selama masa kehamilan hingga proses persalinan. Semoga penjelasan ini memberikan pemahaman yang maksimal mengenai BPJS Kesehatan, khususnya bagi ibu hamil.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Silahkan tulis komentar anda!
Masukkan nama anda disini