Manfaat Gula Aren Untuk Diabetes, Seberapa Besar Khasiatnya?

0
246

Intanblog.com – Bagi pengidap penyakit diabetes memang harus mengontrol asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Salah satunya adalah makanan dengan kandungan gula tinggi dan makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi. Lalu bagaimana dengan gula aren? Memang banyak yang mengklaim bahwa manfaat gula aren untuk diabetes bisa menurunkan kadar glukosa dalam darah, Benarkah demikian?

Manfaat Gula Aren Untuk Diabetes, Seberapa Besar Khasiatnya?

Gula aren pada dasarnya hampir mirip dengan gula jawa (gula Merah) hanya saja gula aren warnanya lebih coklat gelap dan rasa manisnya juga lebih pekat. Gula aren terbuat dari nira yang dihasilkan dari cairan pohon aren (enau). Jika dibandingkan dengan gula merah, nutrisi yang terkandung dalam gula aren lebih bermanfaat untuk kesehatan.

Baca juga : Akibat Terlalu Banyak Tidur Dapat Menyebabkan Penyakit Ini

Manfaat Gula Aren Untuk Diabetes, Seberapa Besar Khasiatnya?

Perlu anda ketahui, gula aren ternyata memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan seperti magnesium, zinc, serat inulin, dan zat besi. Selain itu gula aren juga mengandung kalori, lemak, dan indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan dengan gula pasir.

Gula aren memiliki indeks glikemik (GI) sebesar 35 dan termasuk kategori rendah. Gula aren memang menjadi pilihan terbaik dibandingkan gula pasir yang memiliki indeks glikemik sebesar 60-65. Dengan kandungan GI yang rendah, bisa dibilang gula aren aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Pasalnya dengan mengkonsumsi gula aren, kadar gula tidak akan meningkat dengan cepat sehingga kadar gula tetap stabil.

Jika melihat kandungan indeks glikemik yang rendah dibandingkan dengan gula putih atau gula pasir, namun gula aren tetaplah makanan yang mengandung gula. Jadi alangkah baiknya bagi penderita diabetes tetap mengurangi mengkonsumsi gula, baik itu gula aren, gula jawa, maupun gula pasir.

Baca juga : Penyebab Kesemutan Yang Sering Terjadi Dan Cara Mengatasinya

Indeks glikemik sejatinya bukan untuk menurunkan kadar gula, zat ini hanya menunjukkan berapa lama kandungan gulanya akan mempengaruhi kadar gula dalam darah. Jadi sederhananya, gula aren tetap mengandung gula hanya pengaruhnya terhadap kenaikan kadar gula dalam darah lebih lambat.

Sampai saat ini belum ada penelitian atau uji klinis yang membuktikan bahwa gula aren mampu mencegah kenaikan gula darah atau mengontrol kadar gula darah. Jadi kesimpulannya, manfaat gula aren untuk penderita penyakit diabetes masih perlu diteliti lagi lebih lanjut untuk memastikannya.

Manfaat gula aren untuk diabetes hanya sebatas memperlambat kenaikan kadar gula darah, dan lebih aman dikonsumsi dibandingkan gula pasir. Namun perlu anda ketahui, tentu ada produsen gula aren yang mencampurkan gula pasir ke dalam gula aren saat proses pembuatannya. Jika hal ini terjadi maka kandungan indeks glikemiknya akan meningkat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama Anda di sini