Manfaat Menggunakan Jasa Broker Asuransi

0
37

Intanblog.com – Saat ini, memiliki asuransi sudah menjadi kebutuhan utama bagi sebuah perusahaan karena jaminan perlindungan dari asuransi memberikan banyak manfaat dan rasa aman bagi keberlangsungan perusahaan dan juga bisnis perusahaan itu sendiri.

Manfaat Menggunakan Jasa Broker Asuransi - Manfaat Menggunakan Jasa Broker Asuransi

Pada akhirnya, memiliki asuransi bukanlah hal baru lagi bagi pemilik atau pelaku usaha bisnis, dan bahkan sudah banyak perusahaan yang memiliki asuransi sesuai dengan risiko bisnis yang mereka jalankan. Sebagian besar perusahaan di Indonesia pun sudah menggunakan jasa broker asuransi sebagai mitra atau konsultan yang menangani kepemilikan asuransi bagi perusahaan tanpa perlu berhubungan langsung dengan perusahaan asuransi tertentu.

Penggunaan jasa broker asuransi dirasa sangat memberikan kemudahan dengan manfaat ekstra bagi perusahaan. Sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 70/POJK.05/2016,  telah disebutkan dan dijelaskan  tentang peranan perusahaan pialang (broker) asuransi dan fungsinya yang signifikan dalam menjembatani antara perusahaan tertanggung (klien) dengan perusahaan penanggung (perusahaan asuransi).

Adapun beberapa manfaat menggunakan jasa broker asuransi bagi perusahaan adalah sebagai berikut.

  1. Melakukan identifikasi risiko terhadap segala bentuk usaha-usaha penghilangan, pengurangan serta menghindarkan kemungkinan terjadinya risiko tersebut.
  2. Sesuai dengan kebutuhan tertanggung, broker asuransi harus mempersiapkan serta membuat desain kontrak asuransi yang paling cocok dan kompetitif.
  3. Membantu memilihkan penanggung (perusahaan asuransi) bagi tertanggung (klien) yang dapat menyediakan produk asuransi sesuai dengan kebutuhan atas risiko perusahaan tertanggung (klien) termasuk nilai premi.
  4. Menjembatani pemilihan dan negosiasi tingkat premi antara perusahaan asuransi (penanggung) dengan klien asuransi (tertanggung) agar berjalan lancar dan dapat memenuhi kebutuhan klien sesuai risiko.
  5. Selama polis berjalan, broker asuransi bertanggung jawab untuk menjalankan risk inspection serta administrasi program, termasuk melakukan claim management service.
  6. Dalam satu waktu tertentu jika terjadi klaim, pihak broker asuransi bisa menjalankan negosiasi klaim atas nama tertanggung.
  7. Mempresentasikan risiko dan menegosiasikan ruang lingkup jaminan yang luas serta premi yang bersaing kepada perusahaan asuransi.
  8. Melakukan adminstrasi serta penelitian asuransi.

Beberapa manfaat di atas akan didapatkan oleh perusahaan apabila menggunakan jasa broker asuransi terpercaya. Di samping itu, penting untuk memilih  broker asuransi  yang kredibilitasnya baik dan diakui  sebagai mitra dan konsultan asuransi untuk menjamin bahwa asuransi yang dibeli dan dimiliki perusahaan benar-benar berjalan sesuai dengan manfaat polis asuransi serta memudahkan perusahaan untuk fokus menjalankan bisnis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here