Kenali Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan, Wajah, dan Diet Sehat

0
207

Intanblog.com – Jeruk nipis merupakan salah satu buah yang banyak kita temui di berbagai negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Buah dengan rasa yang khas ini ternyata memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Maka tidak heran jika banyak masyarakat yang memanfaatkan jeruk nipis untuk mengatasi berbagai masalah gangguan kesehatan yang sedang dialami. Lalu apa saja sih manfaat jeruk nipis untuk kesehatan?

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan compressed - Kenali Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan, Wajah, dan Diet Sehat

Buah yang biasa disebut dengan jeruk pecel dan rasa yang asam ini mengandung banyak vitamin C, asam sitrat dan minyak atsiri. Selain itu jeruk nipis juga mengandung Hesperidin yang berguna sebagai antiinflamasi dan antioksidan. Dengan berbagai kandungan yang dimiliki jeruk nipis tersebut, maka buah ini patut dikonsumsi sebagai makanan pelengkap anda sehari-hari untuk menjaga kesehatan.

Baca Juga : Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan Yang Harus Anda Ketahui

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Dibandingkan dengan keluarga jeruk lainnya, jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C paling tinggi. Nutrisi sehat yang terkandung di dalam buah jeruk nipis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk wajah dan kebutuhan diet alami. Berikut ini beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan :



Loading...

1. Mencegah Penyakit Kanker

Jeruk nipis mengandung zat liminoid yang terbukti mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh. Dengan adanya zat tersebut maka tubuh anda akan memiliki kekebalan terhadap beberapa jenis kanker seperti leukimia, kanker lambung, dan kanker usus besar.

2. Mencegah Penumpukan Plak di Dinding Arteri

Penumpukan plak yang terjadi di dinding arteri dapat meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, hingga kematian mendadak. Hal ini karena plak tersebut dapat menyumbat aliran darah yang kaya oksigen ke organ tubuh lainnya. Oleh karena itu penting bagi anda untuk selalu menjaga dinding arteri agar tetap sehat, salah satunya dengan mengkonsumsi jeruk nipis. Kandungan antioksidan dalam jeruk nipis dapat mencegah proses penumpukan plak di dinding arteri (atherogenesis).

3. Membunuh Bakteri E. Coli

Bakteri E. Coli adalah bakteri yang biasanya hidup dan tumbuh di dalam usus, baik pada manusia maupun hewan. Bakteri ini dapat menyebabkan infeksi pada usus sehingga mengakibatkan diare, sakit perut, dan demam. Masuknya bakteri E. Coli ke dalam tubuh biasanya melalui air minum atau makanan yang terkontaminasi bakteri tersebut, misal pada air minum mentah, sayuran mentah, dan daging setengah matang.

Jeruk nipis diyakini dapat membunuh bakteri E. Coli karena memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan. Anda bisa mencobanya dengan menambahkan jeruk nipis pada air dan biarkan air tersebut terpapar sinar matahari selama kurang lebih 30 menit untuk membersihkan bakteri E. Coli.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kebanyakan orang saat ini lebih banyak menggunakan suplemen tubuh untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Tahukah anda bahwa jeruk nipis juga memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem imunitas pada tubuh manusia. Hal ini dikarenakan jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C alami yang sangat tinggi sehingga menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

5. Menjaga Kesehatan Ginjal

Kandungan asam sitrat yang terdapat di dalam jeruk nipis dapat mencegah proses pengikatan mineral lain yang dilakukan oleh kalsium. Sehingga kesehatan ginjal anda akan tetap terjaga dan bekerja secara normal tanpa tugas yang berat.

Baca Juga : Penderita Kolesterol Tinggi Wajib Konsumsi Makanan Ini Untuk Turunkan Kolesterol

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kulit Wajah

Jeruk nipis juga memiliki banyak manfaat yang dibutuhkan oleh kulit wajah, diantaranya adalah :

1. Mengobati Masalah Jerawat

Masalah jerawat yang biasanya timbul ketika memasuki masa pubertas maupun bagi perempuan ketika hamil tentu menimbulkan rasa kurang percaya diri. Terlebih lagi jika jerawat tersebut meninggalkan bekas, sehingga mempengaruhi penampilan. Sudah banyak yang membuktikan dengan menggunakan jeruk nipis, masalah wajah seperti jerawat dan bekas jerawat dapat disembuhkan.

Kandungan Asam Hidroksi Alfa (AHA) pada jeruk nipis dapat membantu membuka sumbatan pori-pori dan mengangkat sel kulit mati pada kulit wajah. Selain itu, peran AHA pada jeruk nipis juga sebagai antibakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Anda bisa mengoleskan air perasan jeruk nipis pada wajah yang berjerawat dengan menambahkan madu untuk hasil yang lebih maksimal.

2. Mencerahkan Kulit Wajah

Khasiat jeruk nipis yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati berkat kandungan antioksidan dan vitamin C mampu membantu mencerahkan kulit wajah.

Baca Juga : Manfaat Tomat Untuk Wajah Bisa Dijadikan Masker, Begini Caranya

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet Alami

Bagi anda yang sedang menjalankan program diet alami, jeruk nipis bisa dijadikan bahan alami untuk membantu menurunkan berat badan. Dengan mengkonsumsi jeruk nipis secara teratur maka anda akan merasakan beberapa khasiat seperti :

1. Menunda Rasa Lapar

Diet pada dasarnya adalah untuk mengontrol dan mengurangi keinginan makan yang berlebih dengan begitu maka berat badan akan berkurang. Dengan bantuan jeruk nipis, anda dapat mengurangi nafsu makan yang begitu tinggi karena serat pada jeruk nipis dapat membuat anda merasa kenyang lebih lama.

2. Melancarkan Pencernaan

Kandungan senyawa flavonoid pada jeruk nipis mampu melancarkan pencernaan anda secara alami. Senyawa ini berperan untuk meningkatkan produksi enzim dalam tubuh sebagai pengurai makanan shingga tubuh tidak perlu menimbun terlalu banyak sisa racun dan makanan.

Sebagai catatan, timbunan sisa racun dan makanan tersebut merupakan penyebab melebarnya perut dan pinggang.

3. Pembakaran Lemak Lebih Maksimal

Pembakaran lemak dengan bantuan jeruk nipis akan lebih maksimal berkat kandungan antioksidan, asam sitrat, dan vitamin C. Namun manfaat ini akan anda rasakan jika dibarengi dengan melakukan olahraga rutin, jadi bukan hanya sekedar mengkonsumsi jeruk nipisnya saja.

Khasiat diatas dapat membantu diet alami untuk menurunkan berat badan hingga mencapai berat badan ideal yang anda inginkan.

Itulah beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan yang bisa anda rasakan. Hasil akan lebih maksimal jika jeruk nipis yang anda gunakan masih dalam keadaan segar.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here