Home Kesehatan Hidup Sehat Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Yang Belum Anda Ketahui

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Yang Belum Anda Ketahui

0
689

Manfaat puasa bagi kesehatan telah dibuktikan dalam dunia medis. Penelitian tersebut membuktikan bahwa dengan berpuasa satu bulan penuh, akan memberikan dampak yang positif terhadap kesehatan tubuh manusia.

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Puasa di bulan ramadhan merupakan salah satu kewajiban beribadah bagi umat muslim di dunia. Puasa mengharuskan seseorang tidak boleh makan dan minum serta menjauhi hal-hal yang membatalkan puasa mulai dari terbit fajar sampai dengan terbenamnya matahari.

Anda tentunya perlu mengetahui manfaat puasa bagi kesehatan yang berdampak positif terhadap kesehatan tubuh manusia. Tidak sedikit orang yang masih belum mengetahui tentang manfaat puasa bagi kesehatan.

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Puasa tidak saja untuk memperoleh pahala, namun ada hal lain yaitu manfaat puasa bagi kesehatan. Berikut ini uraiannya :

1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Bagi anda yang mengalami tekanan darah tinggi, dengan menjalankan puasa akan membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Salah satu faktor utama penyebab tekanan darah tinggi adalah adanya tingkat stress yang tinggi. Dengan berpuasa membantu menenangkan pikiran anda sehingga terhindar dari stress, secara otomatis kondisi tekanan darah tinggi akan menurun.

Baca Juga :   Vaksin Corona Oxford Kandidat Terkuat, Paling Cepat September 2020 Tersedia

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Puasa juga memiliki manfaat untuk melancarkan sistem pencernaan tubuh manusia. Hal ini terkait dengan organ pencernaan yang mengalami waktu istirahat lebih lama.

Sehingga keseimbangan cairan tubuh tetap terjaga dan membantu sistem pencernaan dari sisa-sisa makanan yang mengendap dalam lambung.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Penyakit jantung disebabkan karena tingginya kadar LDL dan rendahnya kadar HDL dalam darah.

Ketika berpuasa, kolesterol baik atau HDL ( High Density Lipoprotein ) akan mengalami peningkatan dan sebaliknya kolesterol jahat atau LDL ( Low  Density Lipoprotein ) akan mengalami penurunan.

Dengan adanya peningkatan kadar HDL, serta menurunnya kadar LDL maka kesehatan jantung akan terjaga.

Baca juga : Kenali 7 Tanda Penyakit Jantung Koroner

4. Menurunkan Berat Badan

Manfaat Puasa Badi Kesehatan

Tidak makan dan minum selama seharian ketika berpuasa, anda akan kehilangan cairan tubuh serta tingkat pembakaran lemak menjadi energi yang sempurna.

Faktor inilah yang membantu menurunkan berat badan anda secara signifikan. Tentunya dengan diimbangi dengan pola makan sehat ketika sahur dan buka puasa.

Baca Juga :   Vaksin Corona Oxford Kandidat Terkuat, Paling Cepat September 2020 Tersedia

5. Mengurangi Resiko Tumbuhnya Sel Kanker

Manfaat puasa bagi kesehatan

Dengan berkurangnya asupan makanan, laju pembelahan sel dalam tubuh juga akan berkurang.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan, hal ini mampu mengurangi resiko kanker.

6. Menyehatkan Ginjal

Manfaat puasa bagi kesehatan

Ginjal yang baik adalah ketika kekuatan osmosis urin normal dalam tubuh mencapai angka 1000 sampai dengan 12.000 ml osmosis/kg air.

Ketika berpuasa, asupan air dalam tubuh akan berkurang sehingga nilai kekuatan osmsosis urin normal akan tercapai.

Selanjutnya fungsi ginjal sebagai penyaring zat berbahaya yang masuk dalam tubuh akan bekerja secara normal sesuai dengan fungsinya.

7. Membuang Racun Dalam Tubuh

Manfaat puasa bagi kesehatan

Tubuh manusia memiliki timbunan racun yang bersumber dari makanan serta polusi udara.

Ketika berpuasa, tubuh akan lebih giat membakar lemak menjadi energi. Dalam proses pembakaran lemak tersebut, timbunan racun tersebut akan ikut terbakar selama proses pembakaran lemak.

8. Mencegah Diabetes

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Faktor diabetes disebabkan karena tingginya kadar dula dan kolesterol dalam tubuh.

Baca Juga :   Vaksin Corona Oxford Kandidat Terkuat, Paling Cepat September 2020 Tersedia
Baca juga : Kadar Kolesterol Normal yang Dianjurkan

Pada saat berpuasa konsumsi gula serta makanan berlemak akan terkontrol dengan baik, sehingga kadar gula dan kolesterol akan normal dan stabil.

9. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat Puasa bagi kesehatan

Ketika seseorang berpuasa, maka akan terjadi peningkatan Limfosit sebesar sepuluh kali lipat. Limfosit adalah sel darah putih yang berfungsi membantu kekebalan tubuh.

Dengan meningkatnya Limfosit, sistem kekebalan tubuh manusia akan meningkat dan membantu tubuh dalam menangkal virus penyebab penyakit.

10. Membantu Berfikir Lebih Jernih dan Kreatif

manfaat puasa bagi kesehatan

Puasa memiliki manfaat meningkatkan neurotropik pada otak seseorang sehingga membantu tubuh dalam memproduksi lebih banyak sel-sel otak.

Dengan banyaknya sel otak tersebut, sangat jelas kinerja otak semakin meningkat dan seseorang mampu berfikir dengan jernih dan semakin kreatif.

Itulah beberapa manfaat puasa bagi kesehatan tubuh. Tentunya dalam berpuasa selalu menerapkan pola makan sehat ketika sahur dan berbuka puasa, sehingga kesehatan tubuh akan tetap terjaga.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here