Home Tips Kesehatan Manfaat Tidur Siang Yang Paling Banyak Dirasakan

Manfaat Tidur Siang Yang Paling Banyak Dirasakan

191
0
BAGIKAN

Manfaat tidur siang ternyata banyak dirasakan oleh tubuh, namun terkadang masih banyak yang mengabaikan aktifitas tidur siang. Saya yakin anda merasakan ngantuk pada saat setelah jam makan siang. Namun anda tidak memutuskan untuk tidur siang, karena takut di cap sebagai orang yang malas atau kurang semangat bekerja.

manfaat tidur siang yang banyak dirasakan - Manfaat Tidur Siang Yang Paling Banyak Dirasakan

Menurut beberapa penelitian membuktikan bahwa kebiasaan tidur siang justru mampu meningkatkan produktifitas seseorang dalam meneruskan pekerjaan. Oleh karena itu tidak ada salahnya anda melakukan tidur siang sejenak agar produktifitas anda dalam bekerja meningkat.

Baca Juga : Inilah Pilihan Menu Makanan Sehat Untuk Sarapan Pagi

Manfaat Tidur Siang Yang Banyak Dirasakan Tubuh

Tidur siang sangat dianjurkan bagi seseorang yang memiliki segudang aktifitas untuk mengistirahatkan sejenak tubuh yang sejak pagi hari digunakan untuk beraktifitas. Karena manfaat tidur siang memiliki pengaruh yang positif terhadap tubuh, antara lain :

  • Untuk relaksasi tubuh dan memulihkan tenaga
  • Rasa lelah akan berkurang
  • Tingkat konsentrasi tubuh akan meningkat
  • Memperbaiki Mood pada tubuh
  • Meningkatkan daya ingat dan kinerja serta menekan kecelakaan kerja

Apakah anda termasuk orang yang memiliki kebiasaan tidur siang? Jika iya, anda tentu akan merasakan manfaat-manfaat di atas untuk melanjutkan aktifitas setelah tidur siang anda tuntas. Namun, anda juga harus memperhatikan waktu yang pas untuk tidur siang.

Baca Juga : Lakukan 5 Gerakan Olahraga ini Setiap Bangun Tidur

Kondisi Yang Tidak Dianjurkan Untuk Tidur Siang



Selain memiliki manfaat yang banyak dirasakan tubuh, tidur siang ternyata juga tidak dianjurkan bagi sebagian orang yang memiliki kondisi sebagai berikut :

1. Insomnia atau Gangguan Tidur

Tidur siang biasanya hanya dilakukan dalam waktu yang singkat, oleh karena itu seharusnya tidak akan mempengaruhi kualitas tidur seseorang di malam hari. Namun bagi seseorang yang memiliki Insomnia atau gangguan tidur, dengan tidur siang justru semakin memperburuk gangguan tidur di malam hari.

Oleh karena itu, tidur siang tidak dianjurkan bagi seseorang yang memiliki insomnia atau gangguan tidur.

2. Gangguan Inersia

Inersia adalah kondisi tubuh yang merasa kebingungan dan pusing ketika terbangun dari tidur. Tidur siang bukanlah tidur yang membutuhkan waktu lama, hanya beberapa menit saja anda pasti akan terbangun.

Jadi bagi penderita Inersia tidak dianjurkan melakukan tidur siang, karena akan menimbulkan masalah pada tubuh yang mengakibatkan semakin berkurang produktifitas dalam bekerja.

Baca Juga : Hamil Di Luar Kandungan Sangat Berbahaya, Apa Penyebabnya?

Waktu Yang Ideal Untuk Tidur Siang

Manfaat tidur siang akan semakin tinggi jika anda memperhatikan waktu yang ideal untuk tidur siang. Misalkan antara jam 1 atau jam 2 siang dan lamanya tidur siang antara 20 – 30 menit saja itu sudah cukup.

Tidak dianjurkan tidur siang terlalu lama, ini justru akan merusak waktu tidur malam anda. Karena rasa ngantuk anda di malam hari akan berkurang jika terlalu lama tidur siang.

BERIKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komentar anda
Silahkan masukkan nama anda disini