Mau Pinjam Uang Online? Pertimbangkan Hal ini Dulu

0
77

Intanblog.com – Anda tertarik dan berniat mau pinjam uang online melalui aplikasi pinjaman online tanpa jaminan? sebaiknya pertimbangkan dulu sebelum anda melakukannya. Memang tidak ada salahnya dan tidak ada larangannya untuk melakukan pinjaman online, namun jika tidak dipikirkan secara matang terlebih dahulu bisa membebani keuangan anda nantinya. Dampak negatif lainnya yaitu anda bisa ketergantungan dengan pinjaman online.

Mau Pinjam Uang Online Pertimbangkan Hal ini Dulu - Mau Pinjam Uang Online? Pertimbangkan Hal ini Dulu

Pada dasarnya aplikasi pinjaman dana online memang sangat menggiurkan. Selain prosesnya mudah, anda juga bisa mendapatkan dana pinjaman dengan cepat langsung masuk ke rekening. Jika dana tersebut memang digunakan untuk hal-hal positif dan menghasilkan, tentu akan lebih berguna dan bermanfaat. Namun jika digunakan hanya untuk keperluan konsumtif, sebaiknya pikir-pikir dulu jika memilih pinjam uang online.

Baca juga : MEKAR : Fintech P2P Lending Terbaik 2019 di Indonesia

Mau Pinjam Uang Online? Pertimbangkan Hal ini Dulu

Kenyataannya, fintech pinjaman online saat ini memang banyak diminati masyarakat karena menawarkan banyak kelebihan, salah satunya pencairan dana lebih cepat. Dibandingkan dengan pinjaman melalui Bank konvensional, pinjam uang melalui aplikasi online lebih mudah prosesnya. Jika anda memang tertarik, sebelumnya pertimbangkan beberapa hal di bawah ini terlebih dahulu :

1. Menawarkan Bunga Tinggi

Bukan pinjaman online kalau tidak menawarkan bunga tinggi. Hal ini memang sudah lumrah karena pinjaman online memiliki resiko tinggi gagal bayar. Oleh karenanya mereka memberikan bunga tinggi terhadap peminjam agar seimbang dengan resikonya.

Secara umum, aplikasi pinjaman online memberikan bunga mulai dari 24-30 persen per 30 hari. Jadi jika pinjaman dengan jangka waktu kurang dari 30 hari dihitung bunga per harinya mencapai 0,8-1 persen. Sebagai contoh anda pinjam dana sebesar Rp 1 juta untuk tenor 30 hari, maka ketika jatuh tempo dana yang harus anda kembalikan menjadi Rp 1,24-1,3 juta.

Baca juga : Cara Bayar Pajak Kendaraan Wilayah JATENG via Tokopedia

2. Membutuhkan Data Privasi

Sebagai persyaratan untuk pinjam dana online anda akan diminta untuk memberikan data pribadi seperti slip gaji, KTP, NPWP, hingga nomor rekening bank. Persyaratan ini biasanya memang menjadi persyaratan basic semua aplikasi pinjaman online. Anda juga akan diminta untuk foto selfie sambil memegang KTP sebagai salah satu verifikasi kevalidan data.

Yang lebih privasi lagi, aplikasi pinjaman online juga akan meminta anda untuk menghubungkan akun internet banking, akun social media, akun ecommerce, dan juga akun GMAIL. Tidak tanggung-tanggung, mereka meminta data email dan juga password untuk masuk ke akun-akun tersebut. Data ini mereka klaim akan aman dan hanya digunakan untuk keperluan verifikasi saja.

3. Jangka Waktu Pendek

Tenor atau jangka waktu yang diberikan cukup pendek, biasanya hanya 7 hari hingga 30 hari. Jadi waktu yang diberikan untuk mengembalikan dana pinjaman yang sangat pendek tersebut harus anda manfaatkan dengan baik. Pastikan sebelum jatuh tempo, anda sudah mempunyai dana untuk dikembalikan ditambah bunganya.

Baca juga : Apa Itu Fintech Lending Peer to Peer (P2P) : Pengertian dan Model Bisnisnya

4. Memberikan Denda Keterlambatan Tinggi

Jika pinjaman tidak kunjung dibayar hingga melebihi tenor yang diberikan, maka anda akan dikenakan denda keterlambatan pembayaran yang dihitung per hari. Semakin lama anda terlambat, maka semakin tinggi denda yang akan anda tanggung. Jadi pastikan jangan sampai telat melakukan pembayaran jika tidak ingin kena denda yang lumayan mencekik.

Baca juga : Akulaku : Kredit Online Tanpa Ribet, Tanpa Kartu Kredit

5. Membutuhkan Kontak Keluarga Maupun Teman Dekat

Sebagai persyaratan lainnya anda akan diminta untuk memberikan kontak nomor handphone saudara maupun teman. Kontak tersebut digunakan untuk memverifikasi data yang anda ajukan benar-benar riil atau hanya data asal-asalan. Biasanya anda akan diminta untuk memberikan 2-3 kontak saudara atau teman yang lokasinya dekat dengan alamat KTP.

6. Jika Terlambat Bayar, Semua Kontak Dihubungi

Ini yang sangat memalukan, jika anda terlambat membayar satu hari saja semua kontak yang sudah anda berikan akan dihubungi untuk memberitahukan bahwa pinjaman anda belum dibayar. Lebih parahnya lagi semua kontak yang ada di handphone anda juga akan diberitahukan, bahkan lewat social media yang sudah anda hubungkan. Jadi jika hal ini tidak mau terjadi dengan anda, maka usahakan bayar pinjaman sesuai dengan  tenornya.

Baca juga : Pakai OVO Paylater : Belanja Sekarang, Bayar Belakangan

Kesimpulan

Sebenarnya jika memang berniat meminjam online dan yakin bisa mengembalikan dana tersebut tepat waktu maka tidak akan ada masalah yang menimpa anda dikemudian hari. Pihak debt colector juga tidak akan datang ke rumah, atau menghubungi kontak saudara anda dan kontak lainnya. Namun, jika anda tidak yakin maka pertimbangkan lagi niat anda untuk meminjam dana melalui aplikasi pinjaman online.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama Anda di sini