Memulai Investasi Reksadana dari Sekarang untuk Masa Depan Lebih Baik

0
160

Bagi masyarakat umum, melakukan investasi dianggap sebagai sesuatu yang membingungkan. Hal ini karena minimnya pengetahuan mengenai investasi itu sendiri dan kurangnya modal awal. Ketakutan kerugian dan penipuan juga menjadi faktor lainnya seseorang enggan berinvestasi. Akan tetapi, sekarang ini sudah ada cara investasi yang lebih mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Namanya adalah investasi reksadana. Memulai investasi reksadana dari sekarang merupakan pilihan tepat untuk menyongsong masa depan lebih baik. Namun, apa itu reksa dana?

Memulai Investasi Reksadana dari Sekarang untuk Masa Depan Lebih Baik - Memulai Investasi Reksadana dari Sekarang untuk Masa Depan Lebih Baik

Memulai Investasi Reksadana dari Sekarang untuk Masa Depan Lebih Baik

Investasi merupakan sebuah cara cerdas bagi masyarakat sebagai langkah terbaik dalam mengelola keuangan. Salah satunya dengan berinvestasi pada tempat yang benar dan aman seperti halnya reksadana. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa kurangnya pengetahuan mengenai investasi, menjadi salah satu faktor penghambat bagi masyarakat untuk memulai investasi. Sebagai solusi, ada baiknya baca penjelasan berikut ini.



Pengertian dan Jenis-Jenis Reksadana

Reksa dana bisa diartikan sebagai produk yang ditawarkan oleh perusahaan manajer investasi kepada Anda sebagai calon investor. Produk tersebut macam-macam bentuknya, dan akan digunakan untuk membeli saham, deposito, maupun obligasi. Untuk berinvestasi, Anda harus membeli produk tersebut dan nantinya akan dibantu pengolahannya oleh manajer investasi itu sendiri.

Membeli produk reksa dana bisa di berbagai tempat, contohnya di bank, perusahaan-perusahaan yang memang menawarkan reksa dana, atau juga situs-situs online terpercaya. Tidak perlu khawatir dengan harganya, karena membeli di manapun, reksa dana akan memiliki nilai jual yang sama. Hal yang perlu dipikirkan adalah jenis reksa dana seperti apa yang ingin Anda beli, sebab jenis reksa dana ada bermacam-macam.

Pada dasarnya, investasi reksadana hanya ada beberapa macam, yaitu reksa dana saham, pasar uang, campuran, pendapatan tetap, terproteksi, indeks, ETF(Exchange Traded Fund), dan syariah. Namun kemudian dibagi lagi menjadi; reksa dana ETF-Saham, ETF-Fixed Income, ETF-Indeks, Syariah-Saham, Syariah-Pasar uang, Syariah-campuran, Syariah-Fixed Income, Syariah-Terproteksi, dan Syariah-Indeks.

Keuntungan dan Risiko Masing-Masing Produk Reksa Dana

Sebelum benar-benar melakukan investasi reksadana, Anda harus tahu dulu kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis reksa dana. Hal ini supaya ketika memulai berinvestasi, Anda sudah mantap dengan pilihan tersebut. Reksa dana juga biasanya dilakukan dalam jangka waktu tertentu, misalnya kurang dari satu tahun, 3 tahun, atau malah lebih dari 5 tahun.

Apabila Anda tipe yang mencari sedikit keuntungan dan sedikit risiko, maka sebaiknya melakukan investasi reksadana pasar uang. Jenis reksadana ini cocok untuk yang ingin berinvestasi jangka pendek, kurang dari satu tahun. Sedangkan jika Anda ingin keuntungan yang lebih tinggi, maka cobalah reksa dana pendapatan tetap. Reksadana jenis ini menempatkan kurang lebih 80% dananya pada efek-efek yang tetap, contohnya pada surat utang.

Reksa dana dengan keuntungan cukup tinggi dan risiko yang juga setara adalah reksa dana campuran. Sebab, investasi akan dilakukan pada berbagai jenis efek. Mulai dari investasi pada pasar uang, sampai saham. Kemudian, untuk reksa dana dengan keuntungan paling tinggi adalah reksa dana saham. Namun, sama dengan keuntungan yang didapat, risiko loss pun akan lebih besar daripada jika Anda memilih jenis reksa dana yang lain.

Cara untuk Memulai Berinvestasi Reksa Dana

loading...

Apabila Anda sudah siap untuk memulai berinvestasi, mulailah dengan mencari perusahaan manajer investasi yang terpercaya dan berizin resmi. Atau, Anda juga dapat ke beberapa bank yang sekarang sudah menyediakan jenis investasi ini. Bahkan, investasi online pun sudah banyak ditemukan. Jangan lupa untuk selalu membaca prospektus reksa dana supaya Anda mengetahui segala seluk beluk peraturan serta persyaratannya.

Cara investasi reksadana yang lebih mudah bisa dilakukan melalui Bukalapak. Di Bukalapak, ada fitur yang dinamakan Bukareksa. Apabila Anda sudah terdaftar sebagai pengguna Bukalapak, tinggal klik menu Bukareksa untuk memulai mendaftar. Anda juga tidak perlu khawatir dengan nominal minimal investasi, karena di Bukalapak Anda dapat langsung investasi awal hanya bermodalkan Rp. 10.000. Anda tidak salah baca, uang Rp. 10.000 tersebut memang benar-benar bisa dijadikan modal awal. Terlebih lagi, pembayarannya bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti e-money BukaDompet, bahkan lewat Indomaret atau Alfamart.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here