Memutihkan Gigi Secara Alami Menggunakan Baking Soda

1
532

Gigi terlihat putih adalah idaman bagi semua orang, selain terlihat bersih gigi putih juga membuat kita lebih percaya diri. Nah kali ini saya akan berbagi tips memutihkan gigi secara alami menggunakan baking soda.

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami - Memutihkan Gigi Secara Alami Menggunakan Baking Soda

Baking soda terbukti secara efektif mampu memutihkan gigi secara alami. Sehingga tidak membutuhkan biaya yang mahal untuk sekedar memutihkan gigi secara alami.

Memutihkan Gigi Secara Alami Menggunakan Baking Soda

Berikut ini cara memutihkan gigi secara alami menggunakan baking soda:

1. Letakkan baking soda pada wadah kecil yang bersih, kemudian basahai dan oleskan sikat gigi ke dalam wadah yang berisi baking soda tersebut. Gunakan baking soda sebagai pengganti pasta gigi dan sikatlah gigi anda selama satu atau dua menit.

2. Cara kedua, baking soda juga bisa dicampur dengan buah strawberry yang sudah dihaluskan. Kemudian campuran tersebut oleskan pada gigi dan diamkan menempel pada gigi selama kurang lebih 5 menit. Lalu sikat gigi anda untuk menghilangkan bekas campuran tersebut.

Cara ini tidak dianjurkan untuk digunakan secara terus menerus, karena baking soda tidak mengandung flouride yang bermanfaat sebagai pencegah gigi berlubang. Jadi gunakanlah baking soda secara wajar, artinya jangan seperti pasta gigi yang digunakan 2 kali sehari.

Untuk pemakaian baking soda bisa diatur misal pagi menggunakan baking soda dan sore menggunakan pasta gigi. Sebaiknya gunakanlah pasta gigi yang mengandung bikarbonat, karena kandungan ini yang terdapat pada baking soda.

Manfaat Kandungan Bikarbonat

Menyikat gigi minimal dua kali sehari itu bukan hanya sekedar untuk membersihkan gigi, namun juga untuk menjaga agar gusi tetap sehat.

Plak akan terbentuk pada gigi dalam kurun waktu 4 – 12 jam setelah gigi mengunyah makanan. Jika plak dibiarkan dalam kurun waktu yang lama mengakibatkan penumpukan plak yang membuat gusi mengalami peradangan ( Gingivitis ).

Bikarbonat sendiri mampu menghancurkan bakteri dan plak serta mengurangi gusi berdarah. Selain itu bikarbonat juga memiliki alkalinitas, yang berguna untuk menetralisir asam mulut, menghilangkan bau mulut, membunuh kuman dan menjaga gusi tetap sehat.

Pasta gigi yang mengandung sodium bikarbonat seperti Parodontax yang banyak dijual di pasaran. Menyikat gigi menggunakan pasta gigi yang mengandung bahan bikarbonat terbukti mampu mengangkat 23 persen plak lebih banyak jika dibandingkan dengan pasta gigi biasa.

Hindari Kebiasaan Yang Mempengaruhi Warna Gigi

Agar program pemutihan gigi anda berhasil, sebaiknya mulai sekarang hilangkan kebiasaan-kebiasaan yang mempengaruhi warna gigi terlihat kuning. Misal kebiasaan merokok, sering meminum minuman bersoda dan berkafein.

Periksalah kesehatan gigi anda minimal enam bulan sekali untuk mengetahui kondisi kesehatan gigi anda. Sikat gigi malam sebelum tidur sangat mempengaruhi kesehatan gigi tetap terjaga.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here