Menggunakan BPJS Kesehatan Di Luar Kota, Pengalaman pribadi

0
1218

BPJS Kesehatan merupakan jaminan kesehatan milik Pemerintah yang memiliki segudang manfaat bagi pesertanya. Seluruh keperluan biaya kesehatan masyarakat Indonesia yang menjadi peserta BPJS kesehatan akan ditanggung oleh pihak BPJS Kesehatan jika melalui prosedur yang benar. Bagaimana jika menggunakan BPJS kesehatan di luar kota?

menggunakan bpjs kesehatan di luar kota - Menggunakan BPJS Kesehatan Di Luar Kota, Pengalaman pribadi

Bagi anda yang sedang berada di luar kota, entah itu sedang liburan atau sedang ada kegiatan lain serta ada anggota keluarga yang tiba-tiba sakit. Apakah bisa menggunakan layanan BPJS Kesehatan, sedangkan pengobatan dilakukan di luar kota?

Kali ini saya akan berbagi pengalaman yang sudah saya jalani sendiri ketika berobat di luar kota. Ternyata prosedurnya tidak seribet yang saya pikirkan sebelumnya. Tadinya saya beranggapan bahwa pengobatan menggunakan BPJS kesehatan akan ditolak pihak Rumah Sakit, pasalnya saya tidak membawa kartu BPJS Kesehatan baik yang asli maupun Fotocopy.

Baca Juga : Operasi Caesar Dengan BPJS Kesehatan : Berapa Biaya Yang Ditanggung?

Pengobatan Menggunakan BPJS Kesehatan Di Luar Kota



Hari itu saya dan keluarga ( istri dan satu anak perempuan saya usia 3 tahun 10 bulan ) sedang silaturahmi ke tempat orang tua yang jaraknya kurang lebih 2 jam perjalanan dari kota tempat tinggal saya saat ini.

Kegiatan ini sebenarnya adalah rutinitas keluarga kecil saya yang dilakukan setiap satu bulan sekali. Berhubung memang cuaca saat itu sedang musim hujan dan sangat rentan sekali terserang penyakit, khususnya penyakit demam bagi anak-anak.

Anak Saya Mengalami Demam Tinggi

Tepat satu hari sejak kedatangan saya di ke rumah orang tua, anak perempuan saya mengalami demam tinggi. Seperti biasa, istri saya memberikan obat penurun panas yang selalu dibawa kemanapun untuk keperluan anak. Namun, sampai dengan hari ke 3 demam anak tidak kunjung turun bahkan kondisi anak justru semakin lemah karena selama itu juga tidak mau makan.

Akhirnya saya memutuskan membawanya ke dokter spesialis anak terdekat guna untuk menerima tindakan medis yang lebih baik. Kali ini saya memeriksakan anak saya tidak menggunakan BPJS kesehatan karena memang dokter tersebut tidak bekerja sama dengan pihak BPJS kesehatan.

Kata dokter, anak saya mengalami radang tenggorokan sehingga anak tidak mau makan. Sedangkan untuk panasnya masih tergolong normal, artinya belum dinyatakan dalam kondisi panas terlalu tinggi. Singkat cerita, saya diberikan obat dan kamipun menuju rumah orang tua kembali.

Malam harinya, saya lihat kondisi anak semakin lemas dan panas semakin tinggi akhirnya istri saya memberikan obat dari dokter kembali. Namun pada pagi harinya, kondisinya tidak ada perubahan. Tanpa pikir panjang, saya memutuskan membawa anak saya ke Rumah Sakit swasta terdekat karena takut kondisinya semakin memburuk.

Baca Juga : Begini Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Secara Online

Pengobatan Di Rumah Sakit Swasta

Sampai di Rumah sakit saya masuk ke ruang IGD menemui dokter dan perawat yang jaga saat itu. Saya jelaskan kondisi anak saya tersebut ke petugas Rumah sakit dan saat itu juga langsung diberikan penanganan medis mulai dari pemberian infus dan pengambilan sample darah untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut.

Sampai disini saya sedikit agak tenang karena anak sudah diberikan tindakan medis secara profesional. Selanjutnya saya mengisi formulir guna untuk melengkapi persyaratan administrasi. Saat itu saya mengajukan pengobatan menggunakan BPJS kesehatan dan menjelaskan bahwa saya berasal dari luar kota serta memberikan penjelasan bahwa kartu BPJS Kesehatan tidak dibawa.

Dalam hati saya berpikir pasti pengajuan saya ditolak karena tidak membawa kartu BPJS Kesehatan dan saya berasal dari luar kota, ditambah lagi tidak membawa surat rujukan. Namun, jawaban petugas Rumah sakit menyatakan bahwa bisa menggunakan BPJS kesehatan walaupun berasal dari luar kota, tapi harus melengkapi persyaratan yang dibutuhkan.

Baca Juga : Pilih BPJS Kesehatan atau Asuransi Kesehatan Swasta

Persayaratan Menggunakan BPJS Kesehatan Di Luar Kota

Untuk sementara saya hanya ditanya nomor BPJS Kesehatan anak dan menunjukkan Kartu identitas ( KTP ) saya. Selanjutnya saya diberikan waktu maksimal 3×24 jam untuk melengkapi persyaratan lainnya sebagai berikut :

  1. Fotocopy kartu BPJS kesehatan anak yang sedang sakit
  2. Fotocopy Kartu Keluarga ( KK )

Tanpa menunggu lama, setelah anak saya dimasukkan ke kamar rawat inap saya langsung meluncur pulang untuk mengambil kekurangan persyaratan yang dibutuhkan. Saya menempuh perjalanan selama 3 jam ( Pulang Pergi ) untuk mengambil Kartu keluarga ( KK ) asli dan fotocopy, Kartu BPJS asli dan fotocopy dan akte Kelahiran anak. Semuanya saya bawa walaupun yang dibutuhkan hanya fotocopy BPJS kesehatan dan fotocopy KK saja.

Sampai di Rumah sakit saya menyerahkan persyaratan berupa fotocopy kartu BPJS Kesehatan anak dan fotocopy Kartu keluarga ( KK ). Saya bertanya kepada petugas, apakah ada persyaratan yang lainnya? mungkin surat rujukan dari faskes 1? petugas menjawab, tidak ada, syaratnya hanya itu saja yang dibutuhkan. Dalam hati saya menjawab, Alhamdulillah…

Selama 3 hari anak saya dirawat inap sampai akhirnya dinyatakan sembuh dan boleh pulang. Saya menghampiri petugas kasir Rumah sakit untuk mengambil data-data pengobatan anak saya selama di Rumah sakit tersebut.

Saya bertanya, ada biaya tambahan untuk perawatan anak saya?

Petugas menjawab, tidak ada, semuanya GRATIS pak,…. Terima kasih sudah berkunjung ke Rumah sakit *****.

Kesimpulan

Ternyata menggunakan BPJS kesehatan di luar kota tidaklah seribet yang dibayangkan, artinya BPJS Kesehatan bisa digunakan di seluruh pelosok negeri. Sebagai catatan, sebaiknya selalu bawa kartu BPJS Kesehatan dan fotocopy Kartu keluarga ( KK ) ketika ke luar kota apalagi jika jaraknya jauh. Hal ini untuk mempermudah anda ketika ada anggota keluarga yang sakit ketika masih di luar kota.

Saya pribadi sangat bersyukur, dengan adanya BPJS Kesehatan seluruh biaya pengobatan ditanggung pihak BPJS Kesehatan sepenuhnya asalkan mengikuti prosedur yang benar. Bagi anda yang belum menjadi peserta BPJS kesehatan saat ini belumlah terlambat, silahkan daftarkan diri anda dan keluarga sekarang juga.

Ikuti caranya disini untuk melakukan pendaftaran Panduan Cara Daftar BPJS Kesehatan Online

LEAVE A REPLY

Silahkan tulis komentar anda!
Masukkan nama anda disini