Menggunakan GPS Mampu Melumpuhkan Kinerja Dua Bagian Otak Manusia

0
390

Teknologi GPS ( Global Positioning System ) atau biasa dikenal dengan navigasi satelit memang sangat berguna bagi kita untuk keperluan penunjukkan arah jalan.

Tapi tahukah kalian bahwa disamping manfaatnya yang besar, ada juga akibat yang ditimbulkan dari signal saat penggunaan GPS bagi otak manusia.

Efek Penggunaan Teknologi GPS Bagi Otak

Otak manusia ada bagian yang bekerja sebagai memori dan navigasi atau biasa disebut hippocampus. Bagian inilah yang nantinya akan terganggu akibat dari penggunaan GPS.

Hal ini dikuatkan dengan hasil penelitian oleh University College London yang melakukan penelitian terhadap otak 24 orang relawan. Penelitian ini dilakukan menggunakan arahan GPS di wilayah soho pusat kota London.

Baca Juga :   Memiliki Mobil Bisa Lebih Mudah Lewat Dealer Toyota Digital Baru “Digiroom”

Para peneliti berfokus kepada dua bagian otak yaitu hippocampus ( bagian otak yang digunakan untuk memori dan navigasi ) dan prefrontal cortex ( bagian otak yang digunakan untuk perencanaan dan pengambilan keputusan ).

Proses penelitian menggunakan dua cara yaitu menelusuri jalan dengan arahan GPS dan tanpa arahan GPS.

Dari hasil penelitian saat menelusuri jalan soho tanpa arahan GPS, dalam pemindaian otak ditemukan lonjakan aktifitas di kedua bagian otak tersebut. Sebaliknya dari hasil yang menggunakan arahan GPS kedua bagian otak tersebut terdiam.

Ilmuwan percaya bahwa otak manusia mampu membayangkan secara real time ketika seseorang sedang melakukan navigasi. Bagian otak hippocampus yang menyimulasikan rute jalan yang akan ditempuh sedangkan prefrontal cortex membantu memutuskan arah jalan mana yang akan ditempuh untuk mencapai tujuan.

Baca Juga :   6 Kelebihan dan Harga Redmi Note 8 Pro

Dari hasil penelitian tersebut, ilmuwan mengambil kesimpulan bahwa penggunaan teknologi GPS membuat kedua bagian otak tersebut tidak merespon jalan.

Artinya bagian otak hippocampus ( bagian otak yang digunakan untuk memori dan navigasi ) dan prefrontal cortex ( bagian otak yang digunakan untuk perencanaan dan pengambilan keputusan ) tidak bekerja ketika menggunakan teknologi GPS di jalan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here