Mau Menurunkan Kadar Gula Darah? Konsumsi Makanan Ini

0
83

Intanblog.com – Kebiasaan mengkonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi serta makanan manis tentu akan mengakibatkan kadar gula darah tinggi. Terutama bagi penderita diabetes, kadar gula darah yang melebihi normal tentu akan sulit dijaga jika tetap mengkonsumsi makanan tersebut. Jika anda mau menurunkan kadar gula darah, bisa mengkonsumsi jenis makanan berikut ini.

Menurunkan kadar gula darah - Mau Menurunkan Kadar Gula Darah? Konsumsi Makanan Ini

Sebelumnya perlu anda ketahui, kadar gula darah normal adalah antara 70-130 mg/dL sebelum makan dan 180 mg/dL setelah 2 jam makan. Anda akan mengalami  gula darah rendah (hipoglikemia) jika kadar gula darah dalam tubuh berkisar di bawah 70 mg/dL dan mengalami gula darah tinggi (hiperglikemia) jika gula darah berada di atas 200 mg/dL.

Baca juga : Manfaat Gula Aren Untuk Diabetes, Seberapa Besar Khasiatnya?

Mau Menurunkan Kadar Gula Darah? Konsumsi Makanan Ini

Dengan mengkonsumsi jenis makanan yang bisa menurunkan kadar gula darah tentu akan membantu menjaga kadar gula darah bagi penderita diabetes tetap stabil. Makanan yang mampu menurunkan kadar gula darah biasanya bekerja dengan cara memperlambat pelepasan karbohidrat dan meningkatkan sensitivitas zat insulin.

Agar kesehatan tetap stabil, pola makan penderita diabetes memang harus dijaga dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang yang terdiri dari karbohidrat, lemak sehat, dan protein. Penting juga untuk mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang dinilai baik untuk menurunkan kadar gula darah, contohnya seperti berikut ini :

1. Almond

Almond termasuk kedalam golongan jenis kacang-kacangan dengan kandungan nutrisi yang baik untuk mengatur dan membantu mengurangi kenaikan gula darah. Almond juga mengandung indeks glikemik yang rendah sehingga mampu menstabilkan kadar gula darah.

Bukan hanya Almond, jenis kacang-kacangan lainnya juga baik untuk penderita diabetes. Pada sebuah studi mengungkapkan bahwa orang yang mengkonsumsi 30 gram Almond atau jenis kacang-kacangan lainnya memiliki kadar gula darah lebih rendah dan stabil.

Baca juga : Kenali Adanya Tanda-Tanda Kolesterol Tinggi

2. Tomat

Buah yang memiliki warna orange kemerah-merahan serta banyak dijumpai ini memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Selain kaya akan kandungan vitaminnya, buah tomat juga memiliki kandungan zat yang mampu menurunkan kadar gula darah.

Zat yang terkandung di dalam buah tomat salah satunya adalah anthocyan dan likopen. Zat tersebut tergolong sebagai zat antioksidan untuk mencegah proses oksidasi. Bahkan zat tersebut juga memiliki efek hampir serupa dengan obat antidiabetes yaitu untuk memperlambat dan mengurangi pelepasan glukosa ke dalam darah.

3. Alpukat

Anda tentu tidak asing dengan buah ini bukan? banyak artikel menulis tentang khasiat buah alpukat yang sangat baik bagi kesehatan berkat kandungan lemak sehat serta mineralnya. Buah ini cocok dijadikan minuman atau jus (tanpa pemanis) bagi penderita diabetes, kenapa?

Pada suatu penelitian membuktikan bahwa buah alpukat mampu menurunkan resiko diabetes karena terdapat kandungan lemak sehat dan mineralnya. Nutrisi tersebut bekerja dengan cara meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin sehingga kadar gula darah lebih mudah mengalami penurunan.

Baca juga : Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan Yang Harus Anda Ketahui

4. Ceri

Seperti yang kita ketahui, buah ceri yang bentuknya kecil-kecil ini mengandung berbagai nutrisi penting untuk tubuh antara lain antioksidan, vitamin A, vitamin C, mineral, anthocyanin, dan lainnya. Kandungan anthocyanin yang ada di dalamnya sama dengan yang ada pada buah tomat. Dimana khasiatnya yang baik untuk menurunkan kadar gula darah.

Buah ceri yang dikonsumsi rutin setiap hari dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Sebagai catatan, ketika sensitivitas tubuh terhadap insulin menurun maka kinerjanya dalam mengontrol gula darah juga akan menurun. Akibatnya kadar gula darah akan mengalami peningkatan dan susah untuk dikendalikan. Begitu juga sebaliknya, jika sensitivitas tubuh terhadap insulin meningkat maka gula darah akan mudah dikontrol dengan baik.

5. Telur dan Ikan

Telur dan ikan merupakan jenis makanan yang tinggi protein. Oleh karena itu makanan ini sangat baik bagi penderita diabetes khususnya untuk menurunkan kadar gula darah. Pada sebuah penelitian yang dilakukan peneliti dari Universitas Missouri (MU) menemukan bahwa mengkonsumsi protein saat sarapan mampu mengurangi lonjakan gula darah naik mulai dari ketika sarapan hingga makan siang. Dijelaskan pula walaupun protein mampu menurunkan kadar gula darah, namun penderita diabetes tidak perlu mengkonsumsi protein dalam jumlah yang berlebihan.

Telur dan ikan selain mengandung protein tinggi juga mengandung lemak sehat omega-3. Zat ini juga membantu menstabilkan kadar gula darah dan juga baik untuk pencegahan penyakit jantung.

Baca juga : Cara Menggunakan Putih Telur Sebagai Masker Wajah

6. Menjaga Pola Hidup Sehat

Selain mengkonsumsi makanan yang berkhasiat menurunkan kadar gula darah, penderita diabetes juga wajib menjaga pola hidup dengan rajin berolah raga, menghindari stres berkepanjangan, menjauhi alkohol, dan hindari kebiasaan merokok.

Pola hidup sehat dengan diimbangi dengan pola makan sehat akan membantu menjaga kadar gula darah bagi penderita diabetes. Apapun jenis penyakitnya, jika kedua hal tersebut dijalankan maka akan mempercepat proses penyembuhan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama Anda di sini