Yuk, Nikmati Fasilitas PLN Online Untuk Layanan Lebih Praktis dan Nyaman!

0
341

Perusahaan Listrik Negara alias PLN merupakan satu-satunya pihak yang menyelenggarakan mengurus seluruh aspek kelistrikan di Indonesia. Dengan seluruh pihak di satu negara bertumpu pada satu perusahaan ini, terbayang bukan, bagaimana besarnya peranan dan tanggung jawab PLN?

Dalam rangka meningkatkan pelayanannya, PLN pun meluncurkan layanan PLN online yang dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia. Melalui PLN Mobile, pelanggan kini dapat lebih mudah untuk berkomunikasi dengan pihak PLN untuk mengetahui tagihan listrik, melakukan permohonan pasang baru, melakukan pengaduan, dan lain-lain.

Dengan peluncuran layanan PLN online tersebut tentunya mempermudah Anda untuk bisa mengakses secara online juga. Seperti halnya, Anda bisa mengakses info mengenai PLN online melalui situs Traveloka.com. Di situs tersebut, Anda juga bisa membeli pulsa elektrik dengan mudah. Untuk penjelasan lebih detailnya, Anda bisa menyimak informasi di bawah ini.

Mengakomodasi Layanan dengan Lebih Mudah

Kehadiran aplikasi mobile ini tidak lepas dari gaya hidup masyarakat tech-savvy. Melalui perangkat ponsel di genggaman, beragam informasi dan transaksi dapat dilakukan tanpa batasan ruang dan waktu. Dengan demikian, masyarakat diharapkan menjadi lebih nyaman dan mudah untuk mengurus hal-hal yang berkaitan dengan layanan listrik.

PT. PLN menggandeng PT. Indonesia Comnet Plus dalam menghadirkan PLN Mobile. Berbasis Android, mobile app ini dapat diunduh secara gratis di Google Play Store. Tak lama setelah peluncuran tersebut, pelanggan yang memiliki perangkat berbasis iOS pun dapat diakomodasi dengan aplikasi serupa.

Permohonan Pasang Baru yang Lebih Praktis

Yuk Nikmati Fasilitas PLN Online untuk Layanan Lebih Praktis dan Nyaman - Yuk, Nikmati Fasilitas PLN Online Untuk Layanan Lebih Praktis dan Nyaman!
Pln online – anakelektro.blogspot.com

Bila lokasi calon pelanggan dengan kantor PLN jauh, kini calon pelanggan tidak perlu repot-repot berkunjung untuk melakukan permohonan pasang baru. Langsung melalui salah satu fitur andalan PLN Mobile, pelanggan bisa mengajukan permohonan sambungan tenaga listrik baru.



Pelanggan akan dihadapkan pada sebuah formulir digital yang memuat data-data seperti nama, alamat, nomor identitas, email, produk yang diinginkan, dan sebagainya. Untuk mendapatkan hasil yang akurat, pastikan GPS pada ponsel pelanggan menyala. Sistem akan melakukan tracking hingga posisi latitude dan longitude.

Setelah data-data tersebut diisi dan diterima, PLN akan segera memprosesnya. Bila telah terjadi kesepakatan, Pelanggan wajib memenuhi sejumlah biaya sesuai dengan besar kecilnya daya listrik yang akan dipasang. Bila pembayaran telah selesai, pihak PLN akan datang untuk mulai melakukan instalasi pada alamat yang didaftarkan.

Namun, selesainya proses instalasi belum berarti listrik sudah dapat digunakan. Pelanggan harus menunggu sampai status pasang baru PLN aktif. Jika tahap ini sudah selesai, barulah arus listrik dapat menyala dan mulai dimanfaatkan.

Meski demikian, pelanggan tidak perlu khawatir. Proses instalasi hingga aktivasi tidak memerlukan waktu yang lama. Selain itu, melalui PLN Mobile pula, pelanggan bisa melakukan pengecekan status berikut riwayat dan progress permohonan.

Dukungan Fitur Self Service yang Terintegrasi Lainnya

Yuk Nikmati Fasilitas PLN Online untuk Layanan Lebih Praktis dan Nyaman 1 - Yuk, Nikmati Fasilitas PLN Online Untuk Layanan Lebih Praktis dan Nyaman!
Fitur Self Service – gedgettren.com

Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 100.000 kali. Selain permohonan pemasangan baru, layanan PLN online ini juga memiliki beberapa fitur lainnya yang juga terus dikembangkan. Salah satunya adalah kemudahan pelanggan untuk menghubungi customer service tanpa menggunakan telepon rumah atau memotong pulsa telepon seluler. Mengusung konsep teknologi VOIP (Voice Over Internet Protocol), pelanggan dapat menelepon contact center PLN 123 menggunakan paket data yang dimiliki.

Pelanggan juga bisa melakukan pengecekan tagihan dan riwayat token, pengajuan permohonan penyambungan sementara, pengajuan permohonan mutasi daya, dan mendapatkan informasi tarif terkini. Beberapa simulasi untuk permohonan (pasang baru, mutasi daya, dan penyambungan sementara) juga bisa langsung dicoba melalui PLN Mobile.

Sebuah akun PLN Mobile dapat digunakan untuk empat IPDEL sekaligus. Dengan begitu, pelanggan seluruh golongan tarif dapat mendaftarkan IPDELnya untuk mendapatkan kemudahan kontrol dan maintenance tagihan listriknya.

Cara Pembayaran Lebih Variatif

Yuk Nikmati Fasilitas PLN Online untuk Layanan Lebih Praktis dan Nyaman 2 - Yuk, Nikmati Fasilitas PLN Online Untuk Layanan Lebih Praktis dan Nyaman!
Cara Pembayaran www.baliekbis.com

Servis PLN online dalam aplikasi resmi PLN ini memang belum mengakomodasi fitur pembayaran. Meski begitu, PLN telah bekerja sama dengan berbagai mitra untuk memfasilitasi pembayaran tagihan pascabayar maupun pembelian token prabayar seperti Traveloka.



Melalui akun Traveloka (baik dengan platform aplikasi pada ponsel maupun situs web), pelanggan dimudahkan membayar tagihan dengan efisien. Cukup dengan mengisikan IDPEL, pelanggan akan mendapatkan detail rincian identitas, penggunaan daya, dan biaya total yang harus dibayarkan (termasuk denda bila ada). Di samping itu, beragam informasi layanan PLN di Traveloka juga cukup lengkap dan sesuai perkembangan terkini.
Keuntungan lain dari kerja sama ini adalah tidak adanya biaya administrasi yang dikenakan. Tidak seperti beberapa jenis pembayaran PLN online lainnya, jumlah yang harus dibayarkan sesuai dengan tagihan pada setruk digital.

Kehadiran variasi metode pembayaran seperti ini juga diharapkan mampu mengurangi risiko keterlambatan dan tunggakan tagihan. Pasalnya, pelanggan tidak perlu lagi pergi ke loket pembayaran PLN, ATM, atau beberapa agen offline yang cenderung menghabiskan lebih banyak waktu dan tenaga sehingga membuat enggan untuk pergi. Dengan semakin tertibnya pembayaran tagihan ini, maka keberlangsungan pelayanan PLN pun menjadi lebih lancar.

PLN terus berusaha untuk memberikan servis semaksimal mungkin kepada seluruh pelanggannya di seluruh titik di Indonesia. Dengan kemudahan pengaduan, permohonan, dan pembayaran PLN online ini, masyarakat juga dapat melakukan partisipasi lebih aktif sebagai feedback pelayanan PLN.

LEAVE A REPLY

Silahkan tulis komentar anda!
Masukkan nama anda disini