Home Bisnis Peluang Bisnis Rental Playstation, Begini Caranya

Peluang Bisnis Rental Playstation, Begini Caranya

394
1
BAGIKAN

Peluang Bisnis Rental Playstation merupakan peluang bisnis yang menjadi perhatian banyak pelaku bisnis. Bisnis ini termasuk dalam kategori bisnis hobi.

Karena kebanyakan yang menggunakan jasa rental playstation 3 adalah orang-orang yang hobi tentang permainan atau game console.

SPANDUK 2BPS3 2BNEW 2B 25281 2529 - Peluang Bisnis Rental Playstation, Begini Caranya

Penggemar game playstation ini sekarang bukan hanya anak-anak, melainkan remaja, dewasa dan orang tuapun masih ada yang menyukai game playstation.

Hal ini dikarenakan game pada playstation selain menyenangkan juga bermanfaat untuk menghilangkan kejenuhan, namun tidak banyak juga yang menjadikan ajang kompetisi.

Peluang ini bisa anda manfaatkan untuk membuka bisnis rental playstation. Potensi keuntungan yang diperoleh menjalankan bisnis ini diperkirakan semakin bagus, karena penggemar game playstation bukan semakin berkurang bahkan semakin bertambah.

PERKIRAAN MODAL USAHA

Dalam perkiraan modal usaha yang dibutuhkan, saya akan mengambil harga baru dari setiap perangkat yang diperlukan.

Namun, tentunya untuk harga juga tidak semua tempat atau lokasi menjual dengan harga yang sama. Jadi pasti akan ada selisih harga jika dibandingkan dengan lokasi anda saat ini.

1. Membeli Perangkat Playstation dan LCD

IMG02108 20120118 2041 - Peluang Bisnis Rental Playstation, Begini Caranya

Saya disini akan memberikan perkiraan harga untuk perangkat playstation 3 yangsedang ramai saat ini, walaupun memang sudah tersedia playstation 4.

Harga baru untuk perangkat playstation 3 saat ini berada di kisaran Rp 2 juta – 3,5 juta tergantung kapasitas hardisk. Kapasitas hardisk yang ditawarkan ada yang 160 GB dan 500 GB, harga masing-masing berbeda.

Untuk LCD merk coocaa ukuran 32″ harga barunya dikisaran Rp 2 juta – 2,5 juta per unit. Kenapa saya memilih coocaa? Karena harganya lebih terjangkau dan kualitas juga cukup bagus.

2. Membeli Sarana Pendukung

Untuk membuka rental playstation pastinya memerlukan sarana pendukung lainnya seperti meja, karpet dan kipas angin. Saya ambil contoh disini untuk ruangan rental yang sederhana, artinya bukan tempat rental yang full ac.

Untuk sarana pendukung saya perkirakan antara Rp 500 ribu. Detailnya untuk meja dengan harga Rp 200 ribu, kipas angin dinding Rp 100 ribu dan karpet untuk alas duduk Rp 150 ribu.

3. Total Modal yang Dibutuhkan

Modal yang dibutuhkan secara keseluruhan meliputi biaya pembelian perangkat playstation ( kapasitas hardisk 500 GB ), LCD dan sarana pendukung.

uraiannya adalah :

Item Harga Qty Total
Playstation 3 (500 GB) Rp 3 juta
5
Rp 15 juta
LCD coocaa 32″ Rp 2 juta
5
Rp 10 juta
Kipas Angin Rp 100 ribu
3
Rp 300 ribu
Meja Rp 200 ribu
5
Rp 1 juta
Karpet Rp 150 ribu
1
Rp 150 ribu
Total Modal Rp 26,45 juta

Jadi total modal yang dibutuhkan dengan lima perangkat playstation dan LCD adalah Rp 26,45 juta

PERKIRAAN KEUNTUNGAN

Jika anda menjalankan sebuah bisnis pasti yang diinginkan adalah keuntungan bukan? Nah, untuk bisnis rental playstation akan saya uraikan secara detail perkiraan keuntungan yang diperoleh.

Harga sewa rental katakanlah Rp 5 ribu per jam, jika anda mempunyai 5 perangkat playstation maka totalnya menjadi Rp 25 ribu per jam.

Jika dalam satu hari rata-rata setiap perangkat terpakai 10 jam, maka untuk 5 perangkat playstation totalnya menjadi Rp 250 ribu per hari.

Jika di total selama satu bulan atau tiga puluh hari menjadi Rp 250 ribu x 30 hari = Rp 7,5 juta ( pendapatan kotor )

Biaya operasional dalam satu bulan seperti biaya listrik dan perawatan kira-kira sekitar Rp 1 juta.

Maka keuntungan bersih yang diperoleh dalam satu bulan mencapai :

Rp 7,5 juta (Pendapatan kotor) –  Rp 1 juta (Biaya operasional) = Rp 6,5 juta ( keuntungan bersih )

Itulah perkiraan keuntungan dalam jangka waktu satu bulan dengan rincian diatas.

Pastinya untuk angka-angka di atas hanyalah sebuah perkiraan, tapi tidak akan berbeda jauh dengan kenyataannya.

1 KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komentar anda
Silahkan masukkan nama anda disini