Penderita Kolesterol Tinggi Wajib Konsumsi Makanan Ini Untuk Turunkan Kolesterol

0
290

Intanblog.com – Kolesterol tinggi merupakan salah satu masalah serius yang bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke. Masalah ini kebanyakan disebabkan oleh pola hidup yang kurang sehat, termasuk sering mengkonsumsi makanan serba instan sebagai penyumbang terbesar peningkatan kadar kolesterol. Untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah, sudah seharusnya penderita kolesterol tinggi wajib konsumsi makanan sehat.

Penderita compressed - Penderita Kolesterol Tinggi Wajib Konsumsi Makanan Ini Untuk Turunkan Kolesterol

Kolesterol tinggi adalah kondisi dimana tingkat kadar kolesterol dalam darah lebih tinggi dari kadar normal. Kolesterol sendiri memiliki fungsi turut memproduksi sel-sel sehat, hormon, dan Vitamin D. Namun disisi lain, jika kadar kolesterol terlampau tinggi maka akan tertimbun di sepanjang dinding pembuluh darah arteri dan menjadi plak yang dapat menyumbat aliran darah. Gejala inilah yang dapat mengakibatkan serangan jantung dan stroke.

Baca Juga : Kadar Kolesterol Normal Yang Dianjurkan

Penderita Kolesterol Tinggi Wajib Konsumsi Makanan Ini

Bagi anda yang sudah terlanjur menderita kolesterol tinggi maka mulai saat ini wajib mengontrol pola makan dengan mengkonsumsi makanan sehat. Sebagai pedoman anda agar tepat dalam memilih makanan sehat dengan kandungan dan manfaat yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol tinggi, berikut ini saya rekomendasikan beberapa makanan sehat etrsebut.

1. Sayuran dan Buah-buahan

Sayuran dan buah-buahan dengan kandungan serat tinggi dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah seperti sayur brokoli, buah apel, pir, ubi, strawbery, dan terung. Selain itu sayur dan buah juga termasuk makanan dengan kandungan lemak jenuh yang rendah sehingga cocok untuk menurunkan kolesterol tinggi.

Buah Alpukat bahkan sangat disarankan untuk dikonsumsi bagi penderita kolesterol tinggi. Pasalnya, alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh yang tinggi. Namun disarankan konsumsilah buah alpukatnya, jangan dijadikan jus dengan tambahan gula dan susu. Perbanyak mengkonsumsi sayur dan buah juga merupakan sebuah upaya untuk menjalankan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi jenis-jenis makanan sehat.

2. Makanan Dengan Bahan Dasar Kacang Kedelai

Kedelai yang digunakan sebagai bahan dasar untuk dijadikan berbagai macam olahan makanan juga dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi. Misal susu kedelai, tahu, dan puding kedelai tanpa gula. Jenis makanan ini pasti sering kita jumpai di berbagai warung, toko makanan, maupun supermarket. Sehingga untuk mendapatkannya tidak terlalu sulit, bahkan labih baik lagi jika olahan makanan tersebut ana buat sendiri di rumah.

Baca Juga : Kenali Adanya Tanda-Tanda Kolesterol Tinggi

3. Kacang-Kacangan

Selanjutnya anda bisa mengkonsumsi secara rutin jenis makanan kacang-kacangan karena mengandung zat protein tinggi dan kandungan Vitamin E. Disamping itu, makanan jenis kacang-kacangan juga kaya akan kandungan lemak tak jenuh, magnesium, serat, dan kalium. Usahakan konsumsi kacang-kacangan setiap hari minimal 1 sampai 2 ons agar memberikan efek lebih baik dalam menurunkan kolesterol.

4. Makanan Dengan Kandungan Lemak Tak jenuh

Makanan dengan kandungan lemak jenuh memang memberikan peran yang cukup signifikan sebagai sumber penghasil kolesterol. Oleh karena itu sangat penting bagi penderita kolesterol tinggi untuk mulai mengkonsumsi jenis makanan dengan kandungan lemak tak jenuh yang tinggi.

Seperti contoh minyak zaitun, bunga matahari, jagung, minyak sayur, kacang, dan biji-bijian. Namun perlu diperhatikan bahwa anda perlu menjauhi minyak kelap dan minyak kelapa sawit karena mengandung banyak lemak jenuh.

5. Ikan Yang mengandung Omega 3

Anda pasti sudah tahu beberapa jenis ikan yang mengandung Omega 3 seperti ikan salmon, tongkol, tuna, dan sarden. Omega 3 dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menurunkan risiko terbentuknya bekuan darah. Konsumsi secara rutin minimal tiga kali dalam seminggu.

6. Beras Coklat

Beras coklat memiliki lebih banyak nutrisi dan kaya akan kandungan seratnya dibandingkan dengan beras putih. Makanan dengan kandungan serat yang tinggi dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, dan kandungan ini terdapat di dalam beras coklat.

Baca Juga : Cara Mempertahankan Kadar Gula Darah Normal Dalam Tubuh

Ubah Gaya Hidup Anda

Selain dengan mengkonsumsi jenis makanan di atas, anda juga harus mulai mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Salah satu yang paling penting, biasakan melakukan rutinitas olahraga, jauhi alkohol, dan hindari merokok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here