Pengaduan Gangguan PLN 123 Cepat Ditanggapi, Terima Kasih PLN

0
454

Intanblog.com – Listrik memang menjadi kebutuhan wajib setiap hari untuk berbagai keperluan di rumah maupun di tempat-tempat lain. Maka bukan hal yang aneh jika kita merasa kesal ketika terjadi gangguan jaringan listrik seperti pemadaman, arus tidak stabil atau lampu redup, bahkan hingga listrik padam lokal. Seperti yang saya alami hari ini, tiba-tiba listrik padam yang sebelumnya ditandai dengan lampu redup. Anehnya, ini terjadi hanya di rumah saya karena saya cek di rumah tetangga semuanya baik-baik saja. Tanpa pikir panjang saya langsung menghubungi layanan pengaduan gangguan PLN 123 agar masalah cepat terselesaikan.

Pengaduan Gangguan PLN 123 Cepat Ditanggapi, Terima Kasih PLN

Perlu anda ketahui, PLN memiliki nomor layanan 123 yang bisa kita hubungi ketika mengalami gangguan. Layanan ini beroperasi 24 jam setiap harinya tanpa hari libur. Jika kita menggunakan ponsel, untuk menghubungi layanan 123 harus diawali dengan kode area terlebih dahulu. Sebagai contoh, kode area jakarta adalah (021) maka ketik 021 123 pada menu dial pada ponsel anda.

Sekitar pukul 06:30 pagi saya menghubungi 123 dan memberikan detail mengenai gangguan listrik yang saya alami di rumah. Petugas melayaninya dengan bahasa yang sopan, lembut, dan meminta informasi sedetail-detailnya seperti nama, nomor rekening listrik, alamat rumah beserta patokannya. Hal ini untuk mempercepat petugas lapangan agar lebih cepat menemukan lokasi rumah kita. Pada sesi telepon saya dengan petugas customer service diakhiri dengan ucapan, “ditunggu ya pak, petugas akan segera datang ke lokasi”.

Baca Juga : Asus Rog Phone II dijual Rp 8,5 Juta di Indonesia, Ini Spesifikasinya

Mendengar kalimat tersebut saya menjadi sedikit lega karena petugas PLN akan segera datang tanpa menunggu lama. Tadinya saya pikir proses laporan hingga diperbaiki bisa memakan waktu lebih dari 24 jam. Akhirnya pada pukul 08:45 wib ada mobil PLN parkir di depan rumah dan ada dua orang turun dari mobil tersebut. Tanpa panjang lebar, saya langsung utarakan gangguan listrik yang saya alami kepada petugas tersebut.

“Baru pagi tadi sekitar pukul enam lebih lampu redup beberapa saat, kemudian akhirnya mati. Saya cek ke tetangga, kok.. listriknya nyala sedangkan listrik di rumah saya mati?” kurang lebih seperti itu yang saya utarakan ke petugas PLN pada saat itu.

Mendengar keluhan saya, petugas langsung keluarkan alat-alat yang dibutuhkan lalu cek sana, cek sini. Tekan-tekan tombol yang ada di meteran depan dan mereka bilang semuanya normal. Lalu petugas masuk rumah untuk cek sekring dan membuka kotaknya lalu mengutak-atik isinya. Terlihat petugas sibuk memperbaiki isi di dalamnya, kebetulan saya memang melihat proses perbaikannya karena penasaran. Tak butuh waktu lama, saya disuruh untuk mencoba menyalakan saklar lampu, Jreng…. Listrik sudah bisa menyala kembali.

Petugas PLN bilang, ada sedikit kerusakan pada switch yang ada di dalam kotak sekring. Kurang lebih proses perbaikan tidak lebih dari 10 menitan sudah selesai. Sebelum petugas pergi, saya persilakan untuk mencicipi hidangan yang memang sudah dipersiapkan istri saya sebelumnya. Saya juga dikasih masukan, jika terjadi listrik tiba-tiba redup atau tidak stabil sebaiknya matikan semua alat elektronik yang terhubung untuk menghindari kerusakan. Kemudian langsung menghubungi layanan pelanggan PLN 123 atau bisa langsung menghubungi nomor telepon kantor PLN di kota anda agar segera diperbaiki.

Baca juga : Pengertian Prabayar dan Pascabayar, Listrik PLN dan Provider Telekomunikasi

Secara keseluruhan, layanan yang diberikan PLN terhadap pelanggannya memang patut diacungi jempol. Proses pengaduan hingga petugas datang ke rumah tidak membutuhkan waktu terlalu lama. Memang untuk kecepatan waktu sampai ke lokasi gangguan dibutuhkan waktu berbeda-beda tergantung jarak dari kantor PLN di kota anda. Tetapi respon yang diberikan langsung oleh petugas itu tidak butuh waktu berjam-jam. Begitu ada laporan gangguan, petugas langsung persiapkan armada dan langsung meluncur ke lokasi gangguan.

Sebagai catatan, layanan pelanggan ini tidak dipungut biaya apapun alias gratis. Pelanggan juga tidak disarankan memberikan uang tip kepada petugas karena itu tidak dibenarkan. Selain itu, petugas juga dilarang menerima uang tip dari pelanggan apapun alasannya.

Pengaduan gangguan PLN 123 memang cepat tanggap. Terima kasih PLN..

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama Anda di sini