Pengalaman Pasang Indihome, Mulai Pendaftaran Hingga Pemasangan

0
84

Intanblog.com – Untuk memenuhi aktifitas sehari-hari yang tak lepas dari dunia online, kuota internet yang saya perlukan cukup tinggi. Jika saya menggunakan layanan internet dari Telkomsel, dalam sebulan menghabiskan kuota 50-100 GB. Untuk menebus kuota sebesar itu saya harus mengeluarkan biaya yang cukup tinggi. Kalian juga pasti tahu sendiri harga paket internet yang ditawarkan oleh provider yang identik dengan warna merah tersebut. Karena kebutuhan kuota internet terus meningkat, akhirnya saya memutuskan beralih ke indihome. Seperti apa pengalaman pasang indihome yang saya alami?

Pengalaman pasang indihome 1 - Pengalaman Pasang Indihome, Mulai Pendaftaran Hingga Pemasangan
Hands using a mockup tablet with feet up in the background

Layanan internet yang ditawarkan indihome memang telah berhasil memikat saya untuk meminangnya. Kebutuhan internet yang tinggi merupakan alasan pertama saya untuk memilih indihome. Hal ini karena indihome menawarkan kuota internet kabel unlimited dengan biaya lebih murah dan kecepatannya lebih stabil. Sebagai gambaran saja, lokasi tempat tinggal saya saat ini hanya Telkomsel yang paling perkasa kualitas jaringannya dibandingkan operator lainnya. Itupun masih jauh dari kata memuaskan bagi saya, karena jaringan yang stabil sebatas HSDPA+.

Baca juga : Simulasi Paket Data Tri Bulanan Sistem Cicilan Per Minggu

Pengalaman Pasang Indihome, Mulai Pendaftaran Hingga Pemasangan

Saya sendiri sebenarnya sudah tertarik sejak lama untuk memasang indihome, hanya saja karena beberapa alasan tertentu sehingga menunda keinginan tersebut. Namun semakin tinggi kebutuhan internet dan semakin tinggi pula biaya yang dikeluarkan, maka semakin meyakinkan saya untuk memasang indihome.

Tanggal 16 Juli saya mengajukan pemasangan indihome dengan persyaratan Nama, No. HP, dan NIK e-KTP. Oia, pengajuan saya lewat sales bukan melalui aplikasi maupun plasa Telkom. Sehari kemudian ada teknisi datang ke rumah, katanya untuk survey lokasi dan tes jaringan dll. Namun hasilnya tidak memuaskan bagi saya karena ternyata pengajuan saya belum bisa di ACC. Hal ini dikarenakan lokasi tempat tinggal saya belum ada jaringan fiber optik indihome. Solusinya, saya disuruh mencari 4 orang lagi yang berniat memasang indihome sebagai persyaratan buka jaringan baru.

Malam harinya saya datangi rumah-rumah tetangga dan juga sambil broadcast whatsapp. Tujuan saya jelas menawarkan seperti sales agar ada yang mau pasang indihome untuk memenuhi persyaratan yang diminta teknisi. Akhirnya malam itu juga saya mendapatkan empat orang, dan saat itu juga saya mintai persyaratan untuk pendaftarannya. Tanggal 18 Juli, semua persyaratan saya kirimkan ke salesnya. Jadi saat itu sudah ada 5 pendaftar termasuk saya yang mengajukan pemasangan indihome.

Satu persatu dari empat peminat tersebut di datangi teknisi yang tujuannya sama yaitu untuk cek lokasi dan lain-lain. Saya waktu itu sempat tanya ke salesnya, kapan kira-kira pemasangan dilakukan. Kata salesnya data sudah diinput untuk diajukan, jadi tinggal menunggu pemasangan saja. Untuk waktunya tidak bisa diperkirakan tergantung antrian, karena yang mengajukan juga banyak. Oke, saat itu saya anggap mengerti dan siap untuk menunggu.

Satu minggu berlalu belum ada informasi apapun, saya waktu itu mau tanyakan ke salesnya tapi takut dibilang rewel dan sebagainya akhirnya saya tetap menunggu. Mungkin memang sedang padat yang mengajukan pemasangan jadi prosesnya lama. Tepat di hari ke-20 sejak pengajuan, saya nekat tanyakan ke salesnya karena belum juga ada info apapun.

Saya : Mba, (kebetulan salesnya cewek) sudah ada info atau belum mengenai pengajuan saya dan yang lainnya?
Sales : Maaf mas, belum ada ACC dari atasan. Tapi tetap saya usahakan dan saya perjuangkan untuk bisa secepatnya diproses.
Saya : Ok mba, saya tunggu. Maaf ya mba saya tanyakan karena sudah hampir satu bulan belum ada jawaban apa-apa.
Sales : Gpp mas, iya mas untuk pengajuan pemasangan baru yang belum ada jaringan fiber optiknya memang prosesnya agak lama. Kalau sudah ada jaringannya biasanya gak lebih dari 3 hari sudah dipasang. Cuma ini di daerah njenengan kan belum ada jaringannya.
Saya : OK mba saya tunggu.

Baca juga : Pilihan Paket Internet Simpati Masa Aktif 30 Hari Harga Lebih Murah

Disini saya jadi paham ternyata pasang indihome tidak sesuai dengan perkiraan sebelumnya yang menurut saya bisa dengan cepat diproses. Ternyata di luar dugaan, bisa lebih dari satu bulan belum juga ada informasi menggembirakan. Saya tanyakan lagi sama salesnya, kata salesnya satu atau dua hari lagi proses pemasangan dilakukan. Dalam hati rasanya agak lega, seperti bisul yang sudah pecah.

Tepat tanggal 3 September datang 5 orang teknisi membawa sekitar enam buah tiang baru beserta kabel dan peralatan tempur lainnya. Sebagai gambaran, lokasi tempat tinggal saya kurang lebih berjarak 500-800 meter dengan jaringan fiber optik indihome yang paling dekat. Hari itu juga para teknisi sibuk dengan tugasnya masing-masing. Ada yang menggali tanah untuk pemasangan tiang, ada yang angkat-angkat tiang, ada juga yang sibuk utak-atik kabel. Melihat para teknisi yang mulai kelelahan sayapun menyiapkan makanan, minuman, camilan, dan rokok agar kerjanya lebih semangat.

Hingga pukul 4 sore, mereka berhasil menancapkan 6 tiang dan kabel sudah tersambung ke tiang ke-5. Lokasi rumah saya ternyata ada di tiang ke-6 atau yang terakhir karena rumahnya paling pojok. Teknisinya bilang, untuk hari ini sepertinya hanya bisa menyalurkan untuk 3 rumah dulu karena waktunya sudah sore. Jadi untuk rumah saya dan tetangga sebelah dipasang keesokan harinya.

Taraaaa….. akhirnya internet indihome menyala di rumah saya pada tanggal 4 September 2019 kurang lebih pukul 11 siang.

indihome - Pengalaman Pasang Indihome, Mulai Pendaftaran Hingga Pemasangan
Modem wifi Indihome dan STB UseeTV

Kabar gembiranya koneksi internet langsung bisa digunakan saat itu juga tanpa menunggu sehari atau dua hari, begitu juga dengan UseeTV-nya. Oia, saya mengajukan pemasangan paket dual play yaitu internet dan UseeTV dengan kecepatan 10 Mbps. Setelah saya testing koneksinya cukup ngebut, siaran UseeTV-nya juga bagus. Kebetulan saat itu sedang ada promo entah apa namanya, indihome sedang membuka semua channel TV-nya. Jadi channel-channel premium seperti HBO, Beinsport, dan channel premium lainnya bisa saya nikmati secara gratis.

Hari ini adalah hari ketiga saya menikmati layanan internet fiber optik indihome. Pengalaman saya, kecepatan internetnya sangat stabil, untuk streaming youtube sangat lancar. Yang jelas dibandingkan koneksi internet yang saya pakai sebelumnya, indihome jauh lebih baik. Tentu saja akan saya review terus seperti apa kualitas internet dari indihome setelah satu bulan, dua bulan, atau tiga bulan pemakaian dan seterusnya.

Pengalaman pasang indihome - Pengalaman Pasang Indihome, Mulai Pendaftaran Hingga Pemasangan
kecepatan internet indihome, testing by speedtest

Berdasarkan informasi yang saya dapat, walaupun unlimited namun indihome mentapkan FUP. Jadi ketika belum sampai satu bulan ternyata kuota internet yang terpakai mencapai FUP, maka kecepatan internetnya akan diturunkan. Kalau tidak salah, dari kecepatan 10 Mbps diturunkan menjadi 5 Mbps hingga mentok di 3 Mbps. Informasi resmi terkait FUP bisa anda baca di pusat bantuan situs indihome.

NB : Penilaian ini khusus untuk lokasi saya yang kesulitan menangkap sinyal provider non kabel, pasti akan berbeda jika di daerah-daerah lain yang jaringan operator non kabelnya lebih baik.

Kesimpulan

Pengajuan pasang indihome akan memerlukan waktu lebih lama jika lokasi anda belum tercover jaringan fiber optik indihome. Itupun harus ada persyaratan tambahan yakni minimal terdapat 5 orang peminat yang mengajukan pemasangan baru bisa diproses. Namun jika lokasi anda sudah tercover, maka proses biasanya hanya membutuhkan 1-3 hari kerja saja.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama Anda di sini