Pengertian Apa Itu Internet Marketing Dan Hasil Yang Diperoleh

0
796

Ketika berbicara mengenai apa itu internet marketing, dalam pikiran kita tentu tertuju pada satu hal yaitu bisnis. Internet marketing memang salah satu upaya yang dilakukan untuk memperkenalkan suatu bisnis secara online melalui media internet agar dikenal secara luas.

Apa itu internet marketing

Apa Itu Internet Marketing

Secara garis besar tentang apa itu internet marketing adalah upaya pemasaran online melalui internet. Definisi dari pemasaran online itu sendiri bukan hanya mengenai penjualan produk saja tetapi juga mempunyai arti yang lebih luas.

Termasuk di dalamnya mengenai pemasaran sebuah bisnis melalui teknik promosi, branding dan pelayanan. Tujuan utama pelaku internet marketing itu sendiri adalah untuk meningkatkan brand awareness dan mencari keuntungan secara financial.

Kenapa internet marketing saat ini lebih digemari?

Pengguna internet itu mencakup seluruh penjuru dunia, sehingga internet merupakan media terbaik dalam melakukan pemasaran secara online. Brand akan lebih mudah dikenal secara luas melalui internet dalam waktu yang relatif singkat.

Keuntungan Internet Marketing

Dengan internet marketing, pelaku bisnis akan memperoleh beberapa keuntungan antara lain :

1. Modal Kecil dan Lebih Hemat

Modal awal dalam teknik internet marketing terbilang kecil sehingga bisa untuk menekan biaya pengeluaran. Biaya yang diperlukan hanya untuk perangkat pc atau laptop, jaringan internet dan pemahaman tentang website ataupun social media.

2. Jangkauan Luas

Seperti yang kita ketahui bahwa pengguna internet itu mencakup ke seluruh penjuru dunia, sehingga jika menggunakan internet marketing jangkauannya sangat luas. Promosi atau penawaran akan tersebar secara online ke penjuru dunia dalam waktu yang singkat.

Baca Juga :   Belanja Online di Shopee Kena Pajak 10%, Ini Jenis Produknya

 3. Bersifat Jangka Panjang

Internet marketing mempunyai keunggulan salah satunya adalah bersifat jangka panjang, artinya pemasaran yang dilakukan melalui internet bisa dinikmati orang banyak dalam waktu yang lama.

Selama website masih aktif dan masih adanya jaringan internet, maka informasi mengenai promosi online tersebut masih bisa diakses secara bebas.

 4. Informasi Lengkap

Informasi mengenai produk atau bisnis yang ditawarkan melalui internet marketing lebih lengkap dan mudah diakses.

 5. Mempunyai Data Pelanggan

Sebagai internet marketer tentunya anda akan mempunyai data pelanggan melalui database website. Hal ini akan memudahkan dalam hal penyampaian promosi kepada pelanggan via email.

Jika melihat dari keuntungan di atas jelas sekali banyak orang lebih tertarik melakukan teknik internet marketing karena mudah, murah dan hemat.

Media Internet Marketing

Internet marketing dapat diterapkan melalui media online seperti :

1. Website

Dalam teknik ini, internet marketing dilakukan dengan menggunakan website sebagai media marketingnya. Ini akan lebih efisien dan lebih fokus dalam penyampaian informasinya, misal mengenai produk yang dijual atau mengenai bisnis yang ditawarkan.

Media website lebih banyak digunakan untuk mempermudah pelanggan dalam mencari informasi yang lebih lengkap. Seperti contoh situs affiliate marketing atau situs penjualan produk, mereka lebih suka menggunakan website karena caranya yang mudah dan simple serta memudahkan pelanggan.

Baca Juga :   Tips Belanja Online di Shopee GRATIS ONGKIR

2. Email

Jika menggunakan media email, sebelumnya pasti harus sudah memiliki database pelanggan yang tersimpan di website. Dengan cara ini akan lebih tertuju ke masing-masing pelanggan karena lebih bersifat personal.

3. Social Media

Nah untuk teknik menggunakan social media saat ini memang marak sekali digunakan, karena pengguna social media saat ini semakin meningkat. Contoh saja social media seperti facebook, disini bisa dimanfaatkan untuk internet marketing secara gratis maupun berbayar.

Internet marketing sendiri sebenarnya terbagi menjadi 2 kategori saja antara lain internet marketing sebagai promosi online dan internet marketing sebagai cara menghasilkan uang secara online.

Internet Marketing Sebagai Penghasil Uang

Dalam dunia internet banyak sekali program yang bisa dijalankan sebagai penghasil uang secara online. Semakin mudahnya akses internet saat ini sehingga dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk menghasilkan uang. Berikut ini beberapa contoh diantaranya :

PPC ( Pay Per Click )

Program bisnis ini memang banyak yang sudah terjun di dalamnya karena memang terbukti bisa menghasilkan uang. PPC menghasilkan uang ketika pemilik blog menjadi publisher dan terjadi klik oleh pengunjung blog terhadap iklan yang dipasang, maka publisher akan diberikan imbalan oleh pemilik program PPC tersebut.

Baca Juga :   Apa Itu Bursa Efek Indonesia?

Contoh program PPC yang sangat digemari oleh para pelaku internet marketer indonesia dan luar negeri adalah Google Adsense.

PPS ( Pay Per Sale )

Jika program yang satu ini publisher akan diberikan imbalan ketika ada pengunjung yang membeli produk melalui link affiliasi yang dipasang pada blog publisher tersebut. Untuk besaran imbalannya tergantung dari pemilik produk tersebut.

Contoh dari program PPS ini antara lain Amazon.com dan Lazada.co.id

PPL ( Pay Per Lead )

Program PPL cara kerjanya adalah publisher akan diberikan imbalan ketika ada pelanggan yang mendaftarkan emailnya melalui link affiliasi milik publisher tersebut.

Contoh program tersebut maxbounty.com

Pelelangan Online ( Online Auction )

Dengan pelelangan online anda bisa menghasilkan uang dari hasil lelang barang yang anda miliki atau barang orang lain secara online. Contoh situs pelelangan online yang terkenal adalah ebay.com dan flippa.com

Menjual Produk Sendiri

Jika anda mempunyai produk sendiri berupa produk fisik maupun produk digital, bisa anda jual secara online. Caranya bisa melalui marketplace seperti tokopedia, lazada, bukalapak dan lainnya.

Atau bisa juga dengan membuat website toko online sendiri agar lebih terlihat profesional dan pemajangan produk lebih leluasa.

Itulah penjelasan singkat mengenai internet marketing, semoga informasi yang sudah saya sampaikan melalui artikel ini bermanfaat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here