Apa Itu Startup? Bagaimana Model Bisnisnya dan Peluangnya di Indonesia

0
196

Intanblog.com – Perkembangan dunia bisnis dari tahun ke tahun memang semakin mengalami banyak peningkatan kualitas. Faktanya adalah dunia bisnis selalu mengikuti arah kemajuan teknologi, sehingga banyak memunculkan inovasi bisnis baru dengan memanfaatkan teknologi modern. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir dunia bisnis global banyak dihebohkan dengan istilah startup, termasuk di Indonesia. Lalu apa itu startup? Kenapa di berbagai media wira wiri muncul istilah startup?

Apa itu startup - Apa Itu Startup? Bagaimana Model Bisnisnya dan Peluangnya di Indonesia

Jika anda termasuk orang yang sedang mencari pengetahuan lebih mengenai pengertian apa itu startup, dan tanpa disengaja masuk ke situs ini maka anda beruntung sekali karena melalui tulisan ini anda akan memperoleh banyak wawasan baru.

Apa Itu Startup? Seperti Apa Model Bisnisnya?

Pengertian startup dalam dunia bisnis adalah sebuah Perusahaan baru yang sedang dikembangkan. Secara arti luasnya istilah startup adalah ditujukan bagi Perusahaan yang baru merintis dan masih dalam tahap pengembangan.



Perusahaan-perusahaan startup biasanya pada masa pengembangan tersebut terus menciptakan inovasi baru untuk menggaet lebih banyak minat pasar terhadap produknya. Selain itu, mereka juga terus membangun relasi bisnis dan meyakinkan investor untuk bersedia berinvestasi di Perusahaannya. Pasalnya dengan masuknya investor baru maka proses perkembangan bisnisnya akan lebih cepat maju.

Pada kenyataannya istilah startup juga sering dikaitkan dengan bisnis yang merujuk pada bidang internet dan teknologi digital. Maka tidak heran jika bisnis startup saat ini semakin tumbuh pesat terutama yang bergerak di bidang bisnis digital. Sebagai contoh adalah toko online (e-commerce), aplikasi online, ojek online, situs berita online, dan model bisnis lainnya yang berbau transaksi online.

Dan menariknya, pelaku bisnis startup justru kebanyakan digeluti oleh para milenial yang masih memiliki sedikit jam terbang dalam berbisnis. Walaupun masih minim pengalaman, mereka justru mampu menjalankan perannya dengan baik dan mampu meyakinkan banyak investor lokal bahkan investor asing. Sebut saja startup Indonesia yang saat ini sudah berkembang menjadi startup Unicorn seperti Tokopedia, Bukalapak, Gojek, dan Traveloka.

Baca Juga : Latar Belakang Berdirinya Bukalapak Sebagai 4 Besar Unicorn di Indonesia

Sebagai catatan, startup unicorn adalah sebuah sebutan bagi Perusahaan yang memiliki valuasi di atas USD$1 Miliar. Ke-empat Startup tersebut diprakarsai oleh pemuda-pemuda bangsa yang usianya terbilang masih cukup muda, amun mampu membawa bisnis startup-nya menjadi Perusahaan yang paling diperhitungkan saat ini.

Pemuda-pemuda tersebut adalah Ferry Unardi (30th) bos Traveloka, William Tanuwijaya (36th) bos Tokopedia, Achmad Zaky (31th) bos Bukalapak, dan Nadiem Makarim (33th) bos Gojek.

Seperti Apa Karakteristik Bisnis Startup?

Bisnis startup sebagai bisnis yang baru dirintis tentu memiliki beberapa karakteristik khusus. Ini juga sebagai poin yang menentukan perjalanan Perusahaan startup kedepannya. Berikut ini penjelasannya :

1Umur Perusahaan dan Inovasi

Perusahaan startup merupakan Perusahaan yang baru didirikan dan harus berinovasi untuk menciptakan sebuah ide serta gagasan berbeda, berkelas juga unik dibandingkan dengan kompetitor.

2Pertumbuhan Bisnis dan Produk

Perusahaan startup juga membutuhkan pertumbuhan yang cepat untuk dapat bersaing namun dalam hal ini bukan secara instan. Perusahaan biasanya fokus pada satu atau beberapa produk/jasa.

3Perbanyak Kerja Sama

Perusahaan startup juga membutuhkan relasi atau partner kerja sama dari pihak ketiga untuk menunjang bisnisnya agar dapat berkembang dengan pesat. Sebagai perusahaan baru tentu startup membutuhkan suntikan modal untuk bisa melakukan pemasaran secara besar-besaran sebagai upaya untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

4Kualitas Produk

Selain melakukan pemasaran secara tepat, yang perlu diperhatikan adalah produk yang dibuat harus memiliki kualitas baik. Selain itu juga dapat mengikuti perkembangan teknologi dan sesuai dengan permintaan pasar.

Baca Juga : 6 Peluang Bisnis UKM Yang Paling Menguntungkan, Perlu Anda Coba

Peluang Bisnis Startup di Indonesia

Beberapa Perusahaan startup di atas adalah hanya segelintir contoh sebagai pengetahuan anda karena masih banyak pelaku bisnis startup lainnya di Indonesia. Bahkan jika diibaratkan dengan bahasa kiasan, startup di Indonesia semakin menjamur dan bervariasi. Hal ini justru sangat baik bagi perkembangan ekonomi masyarakat karena mereka mampu menyalurkan ide mereka ke dalam sebuah proyek yang menghasilkan.

Peluang bisnis startup di Indonesia yang paling banyak diincar adalah yang bergerak pada produk aplikasi game ponsel, aplikasi edukasi, dan platform toko online. Ketiga produk tersebut memiliki pasar yang cukup tinggi dengan alasan semakin pesatnya perkembangan dunia internet dan teknologi digital di Indonesia. Selain itu pengguna smartphone juga semakin hari semakin meningkat sehingga peluang pasarnya cukup besar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here