Pengertian BPJS Kesehatan : Manfaat dan Cara Pendaftarannya

0
1323

Disini saya sudah banyak membahas mengenai BPJS Kesehatan, namun ternyata masih banyak masyarakat yang belum paham mengenai pengertian BPJS Kesehatan itu sendiri. Untuk membantu masyarakat yang belum paham tentang pengertian BPJS Kesehatan, kali ini saya meluangkan waktu untuk menulis beberapa poin penting tentang BPJS Kesehatan.

pengertian bpjs kesehatan - Pengertian BPJS Kesehatan : Manfaat dan Cara Pendaftarannya

Saya dan keluarga kecil saya termasuk peserta BPJS Kesehatan yang sudah terdaftar sejak tahun 2014, selama kurang lebih tiga tahun menjadi peserta BPJS Kesehatan sampai saat ini belum sekalipun merasa dikecewakan terkait pelayanan yang saya terima. Artinya, BPJS Kesehatan selalu memberikan pelayanan yang terbaik terhadap pesertanya.

Pengertian BPJS Kesehatan

Pengertian BPJS Kesehatan ( Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan ) adalah badan hukum publik yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden dan bertugas sebagai penyelenggara Jaminan Kesehatan Nasional ( JKN ) bagi seluruh rakyat Indonesia.

BPJS Kesehatan sendiri sebelumnya bernama Askes ( Asuransi Kesehatan ) yang dikelola oleh PT Askes Indonesia ( Persero ). Perubahan nama ini sejak tanggal 1 januari 2014 sesuai dengan UU No. 24 Tahun 2011 Tentang BPJS.

Yang wajib menjadi peserta BPJS Kesehatan adalah setiap warga negara Indonesia dan warga asing yang bekerja di Indonesia minimal selama 6 bulan. Aturan ini tertuang dalam pasal 14 UU tentang BPJS.



Bagi Perusahaan wajib mendaftarkan pekerja atau karyawannya sebagai peserta BPJS Kesehatan. Sedangkan masyarakat yang bukan pekerja atau karyawan sebuah Perusahaan wajib mendaftarkan diri beserta anggota keluarganya menjadi peserta BPJS Kesehatan.

BPJS kesehatan juga memiliki landasan hukum yang mengaturnya antara lain UUD 1945, UU No. 24 Tahun 2011 Tentang BPJS, dan UU No. 40 Tahun 2004 Tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional pasal 5 ( Ayat 1 ) dan Pasal 52.

Baca Juga : Bagaimana Prosedur dan Jenis Operasi Yang Ditanggung BPJS Kesehatan

Siapa Peserta BPJS kesehatan

pengertian bpjs kesehatan 1 - Pengertian BPJS Kesehatan : Manfaat dan Cara Pendaftarannya

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, bahwa yang wajib menjadi peserta BPJS Kesehatan adalah seluruh masyarakat Indonesia termasuk orang asing yang bekerja sekurang-kurangnya selama 6 bulan di Indonesia.

Namun secara kelompok, peserta BPJS kesehatan dibagi menjadi 2 ( dua ) yaitu :

1. Peserta PBI ( Penerima Bantuan Iuran )

Peserta PBI adalah Peserta BPJS Kesehatan yang dikhususkan bagi masyarakat Fakir miskin dan tidak mampu sebagaimana diatur pada UU SJSN ( Sistem Jaminan Sosial Nasional ).

Iuran bulanan peserta PBI ini akan ditanggung seluruhnya oleh Pemerintah dan berhak menerima fasilitas BPJS Kesehatan kelas III.

2. Peserta Non PBI ( Bukan Penerima Bantuan Iuran )

Peserta Non PBI adalah peserta BPJS kesehatan bagi golongan mampu yang terdiri dari :

  • Pekerja penerima upah ( PPU ) dan anggota keluarganya
  • Pekerja bukan penerima upah ( PBPU ) dan anggota keluarganya
  • Bukan pekerja ( BP ) dan anggota keluarganya

Anda bingung dengan istilah di atas? oke, jangan khawatir semuanya akan saya jelaskan sedetail mungkin agar tidak muncul pertanyaan-pertanyaan lanjutan.

Baca Juga : Menggunakan BPJS Kesehatan Di Luar Kota, Pengalaman pribadi
a. Pekerja Penerima Upah ( PPU ) adalah seorang pekerja atau karyawan yang menerima upah karena bekerja pada sebuah Perusahaan swasta maupun menjadi Pegawai Pemerintahan.

Contoh : PNS, Anggota TNI dan POLRI, Pegawai Pemerintah non PNS, Pegawai swasta, dan Pegawai lain yang menerima upah.

b. Pekerja Bukan Penerima Upah ( PBPU ) adalah seorang pekerja di luar hubungan kerja yang tidak menerima upah atau Pekerja Mandiri.
Contoh : Pedagang, Petani, Pengusaha, dan usaha lain yang dijalankan mandiri tanpa menerima upah.
c. Bukan Pekerja ( BP ) adalah seseorang yang bukan termasuk sebagai pekerja.

Contoh : Investor, Pemberi Kerja, Penerima dana pensiun, Veteran, Perintis kemerdekaan, dan bukan pekerja yang mampu membayar iuran.

Pengertian BPJS Kesehatan peserta PBI dan Non PBI - Pengertian BPJS Kesehatan : Manfaat dan Cara Pendaftarannya

Iuran, Kelas dan Pembayaran BPJS Kesehatan

Peserta BPJS Kesehatan yang telah terdaftar diwajibkan membayar iuran sesuai dengan kelas yang dipilih paling lambat tanggal 10 setiap bulannya. Iuran hanya diberikan bagi peserta non PBI, sedangkan peserta PBI iurannya dibayarkan oleh Pemerintah.

Iuran bagi kelas I sebesar Rp 25.500, kelas II RP 51.000 dan kelas III Rp 80.000. Untuk sistem pembayaran antara peserta PPU, PBPU dan BP akan berbeda.

Untuk lebih jelasnya mengenai iuran, kelas dan pembayaran bisa baca disini : Iuran BPJS Kesehatan Dan Sistem Pembayarannya

Manfaat BPJS Kesehatan

pengertian bpjs kesehatan manfaat bpjs kesehatan - Pengertian BPJS Kesehatan : Manfaat dan Cara Pendaftarannya

BPJS Kesehatan sebagai Jaminan Kesehatan Nasional ( JKN ) terbukti memberikan banyak manfaat bagi pesertanya. Seperti yang saya rasakan sendiri bahwa dengan menjadi peserta BPJS Kesehatan seluruh biaya kesehatan ditanggung oleh BPJS.

Dengan begitu jelas akan mengurangi beban biaya pengeluaran kebutuhan keluarga. Apalagi seperti saat ini, biaya rawat inap Rumah sakit semakin mahal. Itu baru sekedar untuk biaya rawat inap, belum lagi untuk biaya tebus obat dan biaya-biaya lain yang memerlukan dana besar.



Secara logika semua orang pasti menginginkan selalu dalam kondisi sehat.Namun yang namanya sakit, kecelakaan, dan musibah lain bisa datang kapan saja. Oleh karena itu kita juga harus siap sejak dini untuk menghadapi segala resiko dalam hidup.

Baca Juga :
Syarat Pendaftaran BPJS Kesehatan Yang Perlu Anda Ketahui

Disitulah peran BPJS Kesehatan yang akan menanggung seluruh biaya kesehatan, meringankan beban pesertanya. Jadi bagi anda yang belum menjadi peserta, sekarang belum terlambat.

sebagai pedoman anda untuk lebih memahami manfaat BPJS kesehatan, berikut ini bentuk nyata Layanan yang seluruhnya ditanggung BPJS Kesehatan meliputi :

1. Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama

Pelayanan ini termasuk pelayanan kesehatan non spesialistik meliputi :

  • Administrasi pelayanan
  • Pelayanan promotif dan preventif
  • Pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi medis
  • Tindakan medis non spesialistik, baik operatif maupun non operatif
  • Pelayanan obat dan bahan medis habis pakai
  • Transfusi darah sesuai kebutuhan medis
  • Pemeriksaan penunjang diagnosis laboratorium tingkat pertama
  • Rawat inap tingkat pertama sesuai indikasi

2. Pelayanan Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan

Pelayanan kesehatan yang mencakup:

A. Rawat jalan yang meliputi:
  • Administrasi pelayanan
  • Pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi spesialistik oleh dokter spesialis dan sub spesialis
  • Tindakan medis spesialistik sesuai dengan indikasi medis
  • Pelayanan obat dan bahan medis habis pakai
  • Pelayanan alat kesehatan implant
  • Pelayanan penunjang diagnostic lanjutan sesuai dengan indikasi medis
  • Rehabilitasi medis
  • Pelayanan darah
  • Peayanan kedokteran forensik
  • Pelayanan jenazah di fasilitas kesehatan
B. Rawat Inap yang meliputi:
  • Perawatan inap non intensif
  • Perawatan inap di ruang intensif
  • Pelayanan kesehatan lain yang ditetapkan oleh Menteri
Baca Juga : Manfaat BPJS Kesehatan Bagi Ibu Hamil

Cara Mendaftar BPJS Kesehatan

Pendaftaran BPJS Kesehatan ini dikhususkan bagi anda yang bukan termasuk golongan PPU ( Pekerja Penerima Upah ), karena golongan PPU akan didaftarkan langsung oleh Perusahaan tempat mereka bekerja.

Sedangkan anda yang termasuk golongan PBPU ( Pekerja Bukan Penerima Upah ) dan Bukan Pekerja ( BP ) untuk proses pendaftaran bisa baca disini : Panduan Cara Daftar BPJS Kesehatan Online

Saya lebih menyarankan via online karena cara tersebut lebih cepat dan proses pendaftarannya tidak membutuhkan waktu yang lama .

Kesimpulan

BPJS kesehatan bukan hanya memberikan kemudahan anda dalam hal jaminan kesehatan, namun dengan adanya BPJS Kesehatan beban keuangan anda akan sedikit lebih berkurang. Jadi tunggu apalagi? Jangan menunda waktu untuk mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Itulah penjelasan saya mengenai pengertian BPJS Kesehatan, semoga menjadi bekal informasi untuk anda yang sedang bimbang memilih Asuransi Kesehatan yang tepat.

LEAVE A REPLY

Silahkan tulis komentar anda!
Masukkan nama anda disini