Pengertian Deposito Syariah : Halal, Bermanfaat Dan Menguntungkan

0
601

Produk investasi perbankan yang memiliki tingkat risiko rendah dan memberikan keuntungan di atas bunga tabungan, tentu menjadi daya tari tersendiri bagi deposito. Seperti halnya dengan instrumen investasi lain, deposito juga memiliki produk syariah. Bagaimana penjelasan tentang Pengertian deposito syariah?

Pengertian Deposito Syariah

Deposito syariah adalah produk deposito atau tabungan berjangka yang dijalankan berdasarkan hukum islam, dimana transaksinya menggunakan prinsip syariah.

Pengertian deposito syariah - Pengertian Deposito Syariah : Halal, Bermanfaat Dan Menguntungkan

Deposito syariah juga termasuk dalam investasi syariah yang dinilai halal dan menguntungkan, khususnya bagi umat muslim yang mengedepankan prinsip syariah dalam pengelolaan keuangannya. Deposito syariah memiliki perbedaan yang menonjol jika dibandingkan dengan deposito konvensional, yaitu dalam pemberian keuntungan.



Jika dalam deposito konvensional, keuntungan yang diperoleh berdasarkan bunga tetap. Sedangkan deposito syariah menggunakan sistem bagi hasil yang ditentukan oleh nisbah/porsi yang telah disepakati sebelumnya.

Baca Juga :
Pengertian Deposito : Keuntungan, Mekanisme Dan Cara Menghitung Bunga

Pihak Bank sebagai pengelola dana, dalam melakukan usahanya harus sejalan dengan prinsip-prinsip syariah. Sehingga perekonomian yang berjalan akan tetap terjaga kehalalannya dan tetap pada jalur yang benar.

Dalam hal periode waktu penyimpanan, deposito syariah sama dengan deposito konvensional yaitu mulai dari 1, 3, 6, 12 dan 24 bulan. Sebagai investor, anda akan diberikan kebebasan dalam memilih periode waktunya.

Ada banyak Bank yang telah menyediakan produk deposito syariah saat ini, sehingga anda bisa memilihnya sesuai keinginan. Namun tetap dipelajari sistem seperti apakah yang dijalankan pada setiap Bank syariah tersebut.

Apa Saja Keuntungan Deposito Syariah?

Deposito syariah sebagai bentuk investasi yang mengedepankan prinsip syariah tentu memiliki beberapa keuntungan yang akan anda peroleh, antara lain :

1. Aman Serta Terjamin

Dana investor yang dimasukkan ke dalam Bank sebagai deposito syariah akan aman, hal ini dikarenakan dana anda dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Jaminan ini sebenarnya sama dengan deposito konvensional yang juga dijamin LPS, artinya walaupun nantinya ditengah jalan Bank yang bersangkutan dinyatakan pailit atau bangkrut dana anda aman dan masih bisa ditarik kembali.

2. Persentase Keuntungan Lebih Tinggi

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa deposito syariah dalam pembagian keuntungan menggunakan sistem nisbah atau bagi hasil, berbeda dengan deposito konvensional yang menggunakan suku bunga  tetap.

Baca Juga :
Perbedaan Deposito dan Tabungan Yang Perlu Anda Ketahui

Artinya, anda akan memperoleh keuntungan lebih besar jika Bank sedang dalam performa yang baik. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa Bank akan mengalami penurunan, anda juga harus siap dengan hal itu.

Namun anda sendiri dapat menentukan besaran keuntungan yang akan anda terima pada saat pembukaan deposito, jadi perhitungannya akan lebih jelas dan diatur sesuai keinginan.

3. Hukumnya Halal

Sesuai dengan ketentuannya, Bank syariah selaku pengelola dananya akan menjalankan usaha dari dana investor sesuai dengan hukum dan prinsip syariah. Jadi anda tidak perlu khawatir dengan hasil yang anda peroleh.

Tentunya pihak Bank lebih paham dengan berbagai aturan yang berlaku sebagai Bank yang berlabel syariah. Artinya, hukum dari hasil keuntungan yang anda peroleh terjamin kehalalannya.

4. Deposito Syariah Bisa Dijadikan Jaminan

Layaknya deposito konvensional, deposito syariah juga bisa dijadikan sebagai jaminan pembiayaan jika anda sedang memerlukan dana untuk kebutuhan mendadak.

Baca Juga :
Mengenal Reksadana Syariah dan Keuntungannya

Untuk ketentuan, jenis pembiayaan, dan persyaratannya tentu masing-masing Bank syariah berbeda-beda. Jadi anda akan lebih paham jika berkonsultasi langsung dengan petugas Bank syariah tersebut.

Deposito Syariah Pilihan Investasi Syariah Yang Tepat

Bagi anda yang sedang mencari jenis investasi syariah apa yang cocok, maka deposito syariah termasuk salah satu investasi syariah yang terbaik. Disamping aman, hasil yang anda peroleh juga hukumnya Halal.

Itulah penjelasan mengenai pengertian deposito syariah serta manfaat dan keuntungan yang akan anda peroleh.

LEAVE A REPLY

Silahkan tulis komentar anda!
Masukkan nama anda disini