Home Bisnis Pengertian Deposito : Keuntungan, Mekanisme Dan Cara Menghitung Bunga

Pengertian Deposito : Keuntungan, Mekanisme Dan Cara Menghitung Bunga

139
0
SHARE

Dalam menjalankan investasi, anda sebenarnya dihadapkan pada banyak pilihan yaitu mulai dari Reksadana, Emas, Tabungan, Properti, Saham, dan Deposito. Dari semua pilihan investasi yang ada, tentu memiliki tingkat keuntungan dan risiko masing-masing. Seperti halnya investasi pada Deposito yang memiliki tingkat risiko yang kecil. Kali ini saya akan bahas lebih jauh tentang pengertian Deposito.

Pengertian Deposito

pengertian deposito - Pengertian Deposito : Keuntungan, Mekanisme Dan Cara Menghitung Bunga

Deposito adalah produk perbankan yang menawarkan bunga lebih tinggi dari tabungan namun hanya bisa diambil dalam jangka waktu tertentu.

Biasanya pada saat penyetoran, anda akan diminta memilih penyimpanan untuk jangka waktu berapa lama. Pihak Bank umumnya menawarkan periode jangka waktu mulai dari 1, 3, 6, 12, dan 24 bulan. Semakin lama waktu penyimpanannya, maka semakin tinggi bunga yang akan anda peroleh.

Baca Juga :
 Apa Itu Investasi Syariah? Apa Saja Prinsip, Akad Dan Keuntungannya?

 

Dari informasi yang saya kutip dari berbagai sumber bahwa produk investasi Deposito termasuk produk yang memiliki rata-rata keuntungan yang paling stabil jika dibandingkan dengan produk investasi lainnya. Oleh karena itu, bukan hal yang mengherankan jika banyak masyarakat yang lebih memilih berinvestasi pada deposito.



Deposito juga merupakan produk perbankan yang dikenai pajak, jadi bunga yang anda terima nantinya akan dipotong pajak sebelum diterima. Biasanya persentase pajaknya berkisar 20%, jadi anda akan menerima bunga keuntungan utuh sekitar 80% setelah dipotong pajak.

Mekanisme atau Cara Kerja Deposito

pengertian deposito keuntungan mekanisme dan cara menghitung bunga 1 1 - Pengertian Deposito : Keuntungan, Mekanisme Dan Cara Menghitung Bunga

Mekanisme deposito sebenarnya sederhana, anda menyerahkan dana yang akan dijadikan deposito kepada pihak Bank dengan jangka waktu dan suku bunga yang telah disepakati. Kemudian pihak Bank mengelola dana anda sebagai investasi untuk menghasilkan keuntungan.

Sebagai imbal balik karena anda sudah menyimpan dananya pada Bank, maka anda akan menerima persentase bunga dari pihak Bank. Jika dijelaskan secara pendeknya, anda diibaratkan meminjamkan uang kepada Bank dalam jangka waktu tertentu.

Baca Juga : 
Pengertian Investasi Saham : Jenis dan Keuntungannya

 

Sebelum waktu jatuh tempo, maka anda sebenarnya tidak diperbolehkan untuk mengambil dana tersebut di tengah jalan. Karena deposito jelas berbeda dengan tabungan biasa yang bisa diambil kapanpun. Namun, jika anda terpaksa mengambil dana di tengah jalan karena sesuatu hal maka akan dikenakan denda penalti.

Denda tersebut justru akan merugikan anda, karena bukannya untung malah dana akan berkurang untuk membayar denda. jadi sebelum memutuskan menyimpan dana pada deposito, pastikan bahwa dana tersebut bukan merupakan dana terakhir anda.

Cara Menghitung Keuntungan Deposito

pengertian deposito keuntungan mekanisme dan cara menghitung bunga - Pengertian Deposito : Keuntungan, Mekanisme Dan Cara Menghitung Bunga

Sebagai pedoman sebelum anda memutuskan memilih produk investasi dari deposito, sebaiknya anda harus mengetahui cara menghitung bunga yang akan diperoleh dalam jangka waktu tertentu.

Baca Juga :
 Cara Membuka Rekening Reksadana Online Di Bareksa

 

Untuk menghitung keuntungan yang akan anda peroleh cukup mudah, begini cara menghitungnya :

Keuntungan deposito = Suku bunga x nominal deposito x jangka waktu (hari)/365

Pajak deposito = Persentase x keuntungan deposito

Pengembalian = nominal deposito + (keuntungan deposito – pajak)

Contoh dalam kasus nyata :

Anda investasi deposito sebesar 50 juta untuk jangka waktu 12 bulan, dengan besar suku bunga 5% dan potongan pajak 20%. Berapa pengembalian dana anda setelah jatuh tempo?

Keuntungan deposito = 5% x Rp 100 juta x 360/365 = Rp 4.931.506

Pajak deposito = 20% x Rp 416.667 = Rp 1.000.000

Pengembalian = 50 juta + (Rp 4.931.506 – Rp 1.000.000) = Rp 3.931.506

Jadi anda akan menerima keuntungan sebesar Rp 3.931.506 dalam tempo 12 bulan.

Deposito Pilihan Investasi Yang Tepat Bagi Anda

Jika anda termasuk tipikal orang yang takut dengan risiko yang tinggi, maka investasi pada deposito merupakan pilihan yang tepat. Selain risikonya yang kecil, deposito juga memiliki bunga yang lebih tinggi ketimbang tabungan biasa.

Baca Juga :
 Perbedaan Deposito dan Tabungan Yang Perlu Anda Ketahui

 

Namun yang perlu diperhatikan bahwa deposito tidak seperti bank biasa yang bisa diambil kapanpun. Tapi deposito bisa diambil jika telah mencapai waktu jatuh tempo agar anda tidak dikenakan denda penalti.

Itulah penjelasan mengenai pengertian deposito, keuntungannya, mekanismenya, dan bagaimana cara menghitung bunga yang anda terima.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here