Pengertian Endorse atau Endorsement Dan Cara kerjanya

0
2278

Anda pasti sering membaca kata Endorse atau Endorsement entah itu pada social media maupun mendengar perbincangan orang di sekitar. Namun, tahukah anda tentang pengertian Endorse atau Endorsement?

pengertian endorse atau endorsement - Pengertian Endorse atau Endorsement Dan Cara kerjanya

Pada Instagram misalnya, Endorse sendiri semakin banyak diperbincangkan karena menyasar pada akun para selebritis. Mungkin bagi sebagian orang sudah tidak asing lagi mengenai kata Endorse atau Endorsement tersebut, khususnya bagi pengguna Instagram. Akan tetapi, saya yakin masih banyak yang belum paham tentang istilah tersebut.

Baca Juga : Pengertian Bisnis Startup Yang Makin Populer di Indonesia

Pengertian Endorse atau Endorsement

Endorse sendiri adalah istilah yang berasal dari kata Endorsement yang artinya mendukung atau memberi saran.



Namun jika diartikan secara luas, Endorsement merupakan sebuah bentuk dukungan dari seseorang terhadap suatu produk/jasa dan menyarankan kepada orang lain untuk menggunakan produk/jasa tersebut. Biasanya Endorsement hasil kerja sama antara dua belah pihak yaitu pemilik produk dan orang yang menjalankan Endorse.

penegertian endorsement - Pengertian Endorse atau Endorsement Dan Cara kerjanya
Contoh Endorsement artis yang sedang berpose dengan sebuah produk minuman di akun Instagram

Pemilik produk adalah orang yang menawarkan sebuah produk kepada penerima Endorse untuk memakai produknya dan memberikan kesan-kesan positif tentang produk tersebut sekaligus menyarankan kepada orang lain untuk menggunakan produk tersebut.

Endorsement ini lebih banyak dijalankan secara online, dan yang paling banyak adalah melalui social media Instagram. System Endorsement saat ini memang menjadi salah satu strategy marketing online yang terbukti mampu meningkatkan penjualan suatu produk.

Baca Juga : Pengertian Apa Itu Internet Marketing Dan Hasil Yang Diperoleh

Bagaimana Cara Kerja Endorse atau Endorsement

Strategy marketing produsen produk, pemilik toko online maupun pelaku bisnis lainnya saat ini mulai banyak yang menggunakan system Endorsement. Selain lebih murah, cara ini juga mampu menjangkau konsumen lebih luas lagi.

Target dari para pelaku bisnis adalah akun Instagram maupun media social lainnya yang memiliki follower hingga jutaan, oleh karena itu yang paling banyak menjadi Endorsement adalah akun Instagram seorang artis atau selebritis. Tapi banyak juga dari kalangan bukan artis dengan follower jutaan dan viral yang menjadi Endorsement.



Pelaku bisnis sebagai pemilik produk akan menghubungi pemilik akun social media untuk menjalin kerja sama dengan menjadikannya seorang Endorsement untuk produknya. Mereka juga akan menawarkan bayaran dengan nilai tertentu dan untuk jangka waktu yang disepakati.

Jika antara kedua belah pihak terjadi kesepakatan, maka seorang pemilik akun social media tersebut akan memposting gambar dirinya beserta produk dari pelaku bisnis dan menuliskan kalimat promosi. Biasanya menuliskan kesan-kesan setelah menggunakan produk tersebut, kemudian ada kata-kata untuk menyarankan menggunakan produk tersebut.

Baca Juga : Apa Itu Obligasi? Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Berikut ini contoh akun media social yang menjadi Endorsement

pengertian endorse atau endorsement artis - Pengertian Endorse atau Endorsement Dan Cara kerjanya

pengertian endorse atau endorsement - Pengertian Endorse atau Endorsement Dan Cara kerjanya

Dengan melihat contoh gambar di atas saya yakin anda semakin paham mengenai pengertian Endorse atau Endorsement. Karena anda pasti sebagai pengguna social media juga sering menjumpai seperti contoh gambar di atas. Entah itu melalui social media seperti Instagram, Twitter maupun Facebook.

Bayaran Yang Diterima Endorsement

Bagi seorang Endorsement, mereka akan menerima bayaran dari pemberi Endorse atau pelaku bisnis sesuai denga kesepakatan kerja sama. Biasanya kisaran bayarannya mulai dari 50ribu Rupiah, Ratusan ribu Rupiah, Jutaan Rupiah hingga puluhan juta untuk sekali posting.

Semakin terkenal dari figur seorang Endorsement tersebut, biasanya bayarannya akan semakin tinggi. Bahkan ada yang sudah mematok harga karena sudah tenarnya orang tersebut sebagai seorang Endorsement.

Baca Juga : Apa itu Paypal?

Keuntungan Endorse atau Endorsement

Endorse atau Endorsement ternyata memiliki keuntungan yang diperoleh bagi kedua belah pihak antara lain :

1. Bagi Pelaku Bisnis atau Pemberi Endorse

  • Bisnis/produk/jasa mereka semakin dikenal oleh banyak kalangan secara online atau meningkatkan Brand Awareness.
  • Meningkatkan penjualan produk
  • Meningkatkan Pendapatan perusahaan
  • Meningkatkan produksi dari produk mereka

2. Bagi Pelaku Endorsement atau Pemilik Akun Social media

  • Memperoleh bayaran dari pelaku bisnis
  • Semakin bertambah banyak Followernya karena banyak yang share postingannya
  • Semakin banyak pelaku bisnis lain yang menawarkan kerja sama
  • Semakin sejahtera secara financial

Penutup

Itulah penjelasan saya mengenai pengertian Endorse atau Endorsement yang semakin banyak diperbincangkan di dunia maya, khususnya bagi para pebisnis.

Bagi anda yang ingin terjun di dalam bisnis Endorsement, perbanyak follower social media anda khususnya Instagram agar banyak pelaku bisnis yang menawarkan kerja sama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here