Pengertian ICO atau Initial Coin Offering Dalam Dunia Cryptocurrency

0
916

Dunia bisnis cryptocurrency semakin hari semakin banyak saja peminatnya, hal ini terbukti dengan semakin banyaknya penawaran-penawaran coin baru. Jika kita perhatikan perkembangannya, saat ini banyak muncul coin-coin baru yang menggunakan system ICO. Lalu apa sih pengertian ICO atau Initial Coin Offering?

pengertian ico atau initial coin offering - Pengertian ICO atau Initial Coin Offering Dalam Dunia Cryptocurrency

Untuk membantu anda dalam memahami lebih dalam tentang ICO, kali ini saya akan memberikan penjelasan lengkap mengenai ICO dalam dunia cryptocurrency. ICO sebenarnya bukan hal baru, karena ICO sudah ada sejak tahun 2013. Namun saat ini baru ramai diperbincangkan dan dijalankan para pelaku bisnis cryptocurrency.

Baca Juga : Investasi Cryptocurrency Semakin Banyak Diminati Karena Menguntungkan

Pengertian ICO atau Initial Coin Offering



ICO yang merupakan singkatan dari Initial Coin Offering adalah sebuah metode penawaran coin baru yang dilakukan oleh developer sebagai bentuk penggalangan dana sebelum coin tersebut diluncurkan.

Penawaran coin tersebut nantinya masih dalam bentuk token yang dijual dengan harga murah. Pemberian harga murah dilakukan developer sebagai upaya menarik minat para investor untuk membeli token. Sebelum diluncurkan, token tersebut tidak bisa digunakan untuk apapun.

Ketika sampai pada masa peluncuran, token yang sudah dibeli investor akan diubah mejadi sebuah coin yang bisa dijual belikan secara bebas pada market cryptocurrency. Dan tentunya sudah bisa digunakan untuk transaksi kirim dan terima coin sepenuhnya, atau juga bisa digunakan untuk membeli produk melalui merchant.

Baca Juga : Keuntungan Dan Kerugian ICO Cryptocurrency

Tujuan ICO Bagi Developer

Dengan memilih metode ICO yang dilakukan oleh developer bukan berarti tanpa tujuan, justru ini adalah momen penting bagi developer untuk melakukan pengembangan lebih lanjut terhadap coin yang diciptakannya. Berikut ini tujuan-tujuan ICO yang perlu anda ketahui :

1. Sebagai Bentuk Penggalangan Dana

Token yang dijual oleh sang developer tersebut adalah cara untuk mengumpulkan dana dari para pembeli atau investor. Developer sendiri pasti memiliki target tentang berapa besar dana yang mereka butuhkan untuk proyeknya tersebut.

Sebagai contoh, seorang developer membutuhkan dana hingga $1 juta untuk mensukseskan proyek coin barunya. Maka developer coin tersebut memberikan penawaran token sebanyak 2 juta token dengan harga per tokennya $0.5.

2. Untuk Pengembangan Internal dan Eksternal

loading...

Dana yang sudah terkumpul digunakan oleh developer untuk pengembangan lebih lanjut baik internal maupun eksternal. Pengembangan internal biasanya lebih ke infrastruktur seperti kebutuhan website yang mencakup domain dan hosting, kenyamanan transaksi kirim dan terima coin, dan penggunaan teknologi system transaksi seperti blockchain dan lainnya.

Sedangkan pengembangan eksternal seperti iklan online maupun offline untuk penyebaran informasi lebih luas, presentasi, biaya operasional, biaya kontrak dengan exchanger eksternal dan lainnya.

3. Untuk Menggaet Pengguna Lebih Banyak

Metode ICO juga bertujuan untuk menggaet pengguna lebih banyak. Hal ini memang terbukti, dengan adanya ICO maka coin baru sudah dikenal orang sebelum diluncurkan. Sehingga ketika coin masuk market, volume transaksi akan tinggi. Ini jelas menguntungkan untuk meningkatkan peringkat atau rangking pada Coinmarketcap.

Sebagai catatan, Coinmarketcap adalah situs yang memberikan informasi detail mengenai sebuah coin cryptocurrency. Jadi coin yang terdaftar pada situs ini sudah dipastikan coin tersebut asli.

Itulah penjelasan mengenai pengertian ICO atau Initial Coin Offering yang sudah saya berikan secara detail. Semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mempelajari lebih dalam mengenai ICO.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here