RajaBackLink.com
Jual Beli Bitcoin dan Aset Digital

Pengertian Micro SD : Jenis, Kecepatan dan Kapasitas Penyimpanannya

0
95

Intanblog.com – Dalam penggunaan sebuah gadget seperti halnya smartphone, kamera digital maupun gadget lainnya tentu membutuhkan memori card untuk ruang penyimpanan. Memori tersebut biasanya digunakan untuk menampung berbagai file digital seperti gambar, musik, video, dokumen, dan lain sebagainya. Anda juga pasti sering mendengar tentang Micro SD yang saat ini paling banyak digunakan sebagai media penyimpanan smartphone keluaran terbaru. Kali ini saya akan mengulas lebih jauh mengenai pengertian Micro SD, jenis-jenisnya, merk terbaik dan tentu saja harganya.

Pengertian Micro SD compressed 1 - Pengertian Micro SD : Jenis, Kecepatan dan Kapasitas Penyimpanannya

Sebelum mengulas lebih jauh mengenai Micro SD, ada baiknya anda juga perlu mengetahui bahwa sebelum hadirnya Micro SD telah lebih dulu hadir beberapa jenis memori card. Yang pertama ada SD card, diluncurkan pada tahun 1999. Setelah SD card kemudian muncul Mini SD pada tahun 2005, dan yang terakhir Micro SD pada tahun 2005 hingga sekarang. Ketiganya memiliki ukuran yang berbeda-beda. Micro SD (panjang 11mm, lebar 15mm, ketebalan 1mm, berat 0.5 gram), Mini SD (panjang, 21.5mm, lebar 20mm, ketebalan 1.4mm, berat 1 gram), dan SD card (panjang 3mm, lebar 24mm, ketebalan 2.1mm, berat 2 gram).

Pengertian Micro SD

Pengertian Micro SD adalah sebuah media penyimpanan (memori card) dengan ukuran cukup kecil (mikro) yang dikembangkan oleh SD Card Assosiation. Micro SD merupakan pengembangan dari perangkat SD sebelumnya yaitu SD card dan mini SD. Ukuran dari Micro SD memang lebih kecil dari yang lain namun Micro SD masih bisa digunakan pada perangkat yang hanya mendukung SD card maupun mini SD dengan bantuan adapter.

Pengertian Micro SD - Pengertian Micro SD : Jenis, Kecepatan dan Kapasitas Penyimpanannya

Micro SD sangat cocok digunakan pada perangkat smartphone, mp3 player dan kamera digital. Dilihat dari ukurannya yang cukup kecil, maka penempatan Micro SD tidak terlalu memakan ruang. Sehingga memori ini sangat fleksibel digunakan pada perangkat digital terkini yang kebanyakan mengusung ukuran slim.

Jenis – Jenis Micro SD

Micro SD dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan Speed (kecepatan) dan Kapasitasnya. Berikut ini penjelasannya :

Jenis Micro SD Berdasarkan Kapasitas

Jika dilihat berdasarkan kapasitasnya, MIcro SD dibedakan menjadi 3 jenis yaitu :

  1. SDSC (Secure Digital Standard Capacity)
    Jenis micro sd ini memiliki kapasitas mulai dari 1 MB hingga maksimal 2 GB. Jadi jika anda menemukan memori micro sd dengan kapasitas tersebut maka dikategorikan sebagai SDSC. Format memori ini menggunakan FAT16.
  2. SDHC (Secure Digital High Capacity)
    Jenis memori SDHC memiliki kecepatan yang lebih baik ketimbang SDSC karena sudah menggunakan format FAT32. Kapasitas untuk memori ini mulai dari 4 GB hingga maksimal sebesar 32 GB.
  3. SDXC (Secure Digital eXtended Capacity)
    Untuk jenis yang ketiga yaitu SDXC dengan kapasitas penyimpanan mulai dari 64 GB hingga maksimal sebesar 2 TB. Format memorinya menggunakan exFAT.
  4. SDUC (Secure Digital Ultra Capacity)
    Jenis yang terakhir yaitu SDUC yang memiliki kapasitas penyimpanan ultra besar yakni mulai dari 4 TB hingga maksimal mencapai 128 TB. Format memorinya menggunakan exFAT.

Pengertian Micro SD 1 - Pengertian Micro SD : Jenis, Kecepatan dan Kapasitas Penyimpanannya

Jenis Micro SD Berdasarkan Kecepatan (Speed)

Selanjutnya untuk jenis Micro SD juga dibedakan lagi berdasarkan speed atau kecepatannya. Kecepatan ini dibutuhkan untuk keperluan reading dan writing sebuah file yang dilakukan memori tersebut. Sebagai contoh, memori yang anda miliki akan digunakan untuk merekam video dengan kualitas tinggi. Maka anda membutuhkan kecepatan memori yang tinggi agar perekaman video yang anda lakukan bisa berjalan lancar.

Kecepatan memori biasanya disebut dengan class. Berikut ini penjelasannya :

  1. Class 0 tidak memiliki kemampuan transfer rate minimum yang spesifik
  2. Class 2 memiliki kemampuan transfer rate minimum 2 MB/s, kecepatan paling rendah untuk Micro SDHC
  3. Class 4 memiliki kemampuan transfer rate minimum 4 MB/s
  4. Class 6 memiliki kemampuan transfer rate minimum 6 MB/s
  5. Class 10 memiliki transfer rate kemampuan minimum 10 MB/s

Semakin tinggi class pada Micro SD yang anda gunakan maka semakin cepat dalam proses reading dan writing. Anda mungkin pernah mengalami ketika membuka galeri untuk berpindah ke foto satu ke foto lainnya terasa lambat. Kemungkinan terbesar class memori yang anda gunakan masih tergolong rendah.

Saat ini untuk jenis Micro SD telah ditingkatkan lagi soal kecepatannya dengan hadirnya jenis micro sd UHS Speed class dan Video speed class. Jika dibandingkan dengan class sebelumnya, tentu class ini kecepatannya lebih baik lagi. Untuk UHS speed class biasanya disimbolkan dengan huruf U dan angka di dalamnya. Sedangkan Video speed class disimbolkan dengan huruf V diikuti dengan angka. Jadi anda bisa membedakannya melalui simbol yang tertera pada micro sd.

Pengertian Micro SD compressed - Pengertian Micro SD : Jenis, Kecepatan dan Kapasitas Penyimpanannya

  1. UHS Speed Class 1 memiliki transfer rate kemampuan minimum 10 MB/s
  2. UHS Speed Class 3 memiliki transfer rate kemampuan minimum 30 MB/s
  3. Video Speed Class 6 memiliki transfer rate kemampuan minimum 6 MB/s
  4. Video Speed Class 10 memiliki transfer rate kemampuan minimum 10 MB/s
  5. Video Speed Class 30 memiliki transfer rate kemampuan minimum 30 MB/s
  6. Video Speed Class 60 memiliki transfer rate kemampuan minimum 60 MB/s
  7. Video Speed Class 90 memiliki transfer rate kemampuan minimum 90 MB/s

Itulah penjelasan mengenai pengertian Micro SD, jenis-jenisnya dan kapasitanya. Sesuaikan jenis micro SD yang akan anda beli dengan kebutuhan. Misal micro sd yang anda cari akan digunakan untuk keperluan video recording, maka belilah micro sd jenis SDHC atau SDXC dengan minimal UHS speed class 1 atau video speed class 10. Sedangkan jika hanya digunakan untuk sekedar menyimpan data, lebih baik gunakan yang standar saja kecepatannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here