Pengertian NPWP Pribadi : Manfaat Dan Syarat Memiliki NPWP

0
2339

Pernahkah anda mendengar tentang NPWP? Jika jawabannya belum, silahkan teruskan membaca artikel ini sampai selesai. Jika jawabannya sudah, Tahukah anda tentang pengertian NPWP Pribadi? Saya yakin yang membaca artikel ini karena anda sedang mencari tahu secara mendalam tentang apa itu NPWP pribadi.

Pengertian NPWP Pribadi

NPWP merupakan singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak yang artinya sebuah nomor bagi wajib pajak yang digunakan sebagai tanda pengenal atau identitas wajib pajak untuk urusan perpajakan.

NPWP secara garis besar merupakan nomor identitas yang berhubungan dengan layanan perpajakan di Indonesia. Nomor ini diberikan bagi warga negara Indonesia (WNI) yang telah memiliki penghasilan dan memenuhi syarat sebagai wajib pajak. Artinya, bagi anda yang sudah bekerja wajib memiliki NPWP untuk mempermudah anda dalam membayar pajak penghasilan (PPh 21).

Baca Juga :
Peluang Bisnis Tahun 2018 Yang Potensinya Menjanjikan

NPWP sendiri dibagi menjadi 2 jenis, yaitu NPWP Pribadi dan NPWP Badan.

1. NPWP Pribadi

NPWP yang diberikan bagi wajib pajak yang telah memiliki penghasilan pribadi dari hasil usaha, pekerjaan bebas, maupun sebagai karyawan.

Artinya, setiap individu yang tinggal dan menetap serta memiliki penghasilan di Indonesia maka wajib memiliki kartu NPWP pribadi. Jika anda sudah memenuhi persyaratan tersebut, namun belum mendaftarkan diri maka siap-siap menerima sanksi yang akan diberikan sesuai dengan undang-undang perpajakan.

2. NPWP Badan

NPWP yang diberikan bagi Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dan Badan usaha milik swasta seperti PT, CV, Lembaga maupun yayasan.



Jadi NPWP pribadi bagi individu yang berpenghasilan, sedangakan NPWP Badan bagi perusahaan atau badan usaha lainnya.

Baca Juga :
Kunci Sukses Berbisnis Untuk Pemula

Manfaat NPWP Pribadi

NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak memiliki beberapa manfaat layaknya penggunaan nomor KTP yaitu untuk mempermudah proses administrasi yang berhubungan dengan proses perpajakan dan proses administrasi lainnya.

1. Manfaat Proses Administrasi Perpajakan

Dengan adanya NPWP, maka dalam melakukan proses perpajakan bagi wajib pajak akan lebih mudah. Karena NPWP sebagai tanda pengenal atau identitas untuk mengurus kewajiban dan hak yang berhubungan dengan perpajakan.

2. Manfaat Proses Administrasi Perijinan

NPWP juga bermanfaat sebagai syarat administrasi yang berhubungan dengan perijinan seperti pengajuan pinjaman bank yang bersifat konsumtif, sebagai syarat pembuatan paspor untuk bepergian ke luar negeri dan pengajuan izin usaha.

Contoh Kartu NPWP Pribadi

pengertian npwp pribadi - Pengertian NPWP Pribadi : Manfaat Dan Syarat Memiliki NPWP

Baca Juga :
Pengertian Deposito : Keuntungan, Mekanisme Dan Cara Menghitung Bunga

Syarat Memiliki NPWP

Berikut ini beberapa syarat yang diperlukan untuk memiliki NPWP Pribadi bagi karyawan dan wiraswasta :

1. Bagi Karyawan

  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) bagi WNI
  • Fotokopi Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) bagi WNA
  • Fotokopi SK PNS bagi seorang PNS
  • Fotokopi Surat Keterangan Kerja dari perusahaan bagi karyawan

2. Bagi Wiraswasta

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi keterangan usaha (dari kelurahan)

3. Bagi Wanita Menikah (Jika menginginkan hak pajaknya dipisah dari suami)

  • Fotokopi NPWP suami
  • Fotokopi kartu keluarga
  • Fotokopi surat perjanjian pra nikah (pemisahan harta)
  • Fotokopi SK PNS bagi seorang PNS
  • Fotokopi keterangan kerja bagi karyawan

Itulah penjelasan saya mengenai pengertian NPWP pribadi, manfaat dan syarat memiliki NPWP. Warga negara yang baik adalah yang taat terhadap pajak. Jadi bagi anda yang telah memenuhi syarat sebagai wajib pajak, silahkan mendaftarkan diri untuk menjadi wajib pajak dan memiliki kartu NPWP.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here