Pengertian Prabayar dan Pascabayar, Listrik PLN dan Provider Telekomunikasi

0
3833

Dalam penggunaan listrik PLN dan Telekomunikasi anda akan menemui istilah prabayar dan pascabayar. Pengguna bebas memilih antara keduanya, namun sebelum memilihnya saya sarankan untuk memahami terlebih dahulu mengenai pengertian prabayar dan pascabayar agar anda tidak salah memilih dan menyesal dikemudian hari.

pengertian prabayar dan pascabayar - Pengertian Prabayar dan Pascabayar, Listrik PLN dan Provider Telekomunikasi

Pengertian Prabayar Dan Pascabayar

Untuk lebih jelasnya, saya akan menjelaskan satu per satu pengertian prabayar dan pascabayar pada listrik PLN dan Provider Telekomunikasi.

1. Pengertian Prabayar dan Pascabayar Listrik PLN

pengertian prabayar dan pascabayar 1 - Pengertian Prabayar dan Pascabayar, Listrik PLN dan Provider Telekomunikasi

Prabayar listrik PLN adalah pengguna diwajibkan membayar sejumlah KWH terlebih dahulu sebelum menggunakan layanan listrik PLN.

Jadi jika anda ingin menggunakan layanan listrik PLN, maka anda harus membeli KWH melalui penjual eceran (konter pulsa atau loket pembayaran lainnya) dengan jumlah tertentu. PLN menyediakan harga KWH mulai dari 20 ribu, 50 ribu, 100 ribu, dan seterusnya.



Pascabayar listrik PLN adalah pengguna diperbolehkan membayar tagihan setelah menggunakan layanan listrik PLN.

Artinya pengguna boleh menggunakan layanan listrik PLN terlebih dahulu, kemudian setelah penggunaan selama satu bulan akan muncul tagihan. Tagihan ini dihitung berdasarkan penggunaan KWH listrik yang tertera di meteran.

Baca Juga : Begini Cara Download Video Di Youtube Tanpa Software

2. Pengertian Prabayar dan Pascabayar Provider Telekomunikasi

operator - Pengertian Prabayar dan Pascabayar, Listrik PLN dan Provider Telekomunikasi

Prabayar provider telekomunikasi adalah pengguna layanan provider harus membayar terlebih dahulu sebelum menggunakan layanan jasa provider.

Pembayarannya adalah dengan membeli sejumlah nominal pulsa yang nantinya bisa digunakan untuk SMS, Telepon, dan Internet. Untuk ketersediaan nominal pulsa tergantung dari masing-masing provider.

Pascabayar provider telekomunikasi adalah pengguna diharuskan membayar tagihan setelah menggunakan layanan provider telekomunikasi.

Tagihan provider sama dengan listrik PLN yaitu akan ditagihkan setiap satu bulan sekali. Artinya penggunaan SMS, Telepon, dan Internet selama satu bulan akan di jumlahkan dan masuk dalam tagihan bulanan.

Baca Juga : Cara Cek Kuota 3 : Via SMS, Dial Phone dan Aplikasi

Kesimpulan

Secara kesimpulannya perbedaan prabayar dan pascabayar terletak pada system pembayarannya, dimana prabayar diharuskan bayar di awal baru bisa menggunakan layanannya sedangkan pascabayar bayar di akhir setelah menggunakan layanan.

Itulah penjelasan saya mengenai pengertian Prabayar dan Pascabayar pada listrik PLN dan Provider Telekomunikasi.

LEAVE A REPLY

Silahkan tulis komentar anda!
Masukkan nama anda disini