Home Tips Kesehatan Penyakit Paru-Paru Basah, Kenali Gejala dan Penyebabnya Sejak Dini

Penyakit Paru-Paru Basah, Kenali Gejala dan Penyebabnya Sejak Dini

99
0
BAGIKAN

Penyakit paru-paru basah memang tidak terlalu berbahaya jika dapat terdeteksi sejak dini. Pengobatan yang optimal dan teratur akan membantu mencegah penyakit ini berkembang ke tingkat yang lebih serius. Namun jika penderita tidak menyadari bahwa dirinya terserang paru-paru basah, maka semakin memperbesar kemungkinan penyakit ini akan berkembang dan membahayakan nyawa penderitanya.

penyakit paru paru basah - Penyakit Paru-Paru Basah, Kenali Gejala dan Penyebabnya Sejak Dini

Pola hidup sehat dan menghindari makanan ataupun minuman yang menjadi pemicu terserang penyakit paru-paru basah adalah hal yang wajib anda lakukan. Intinya kesehatan tubuh anda hanya anda yang bisa menjaganya, karena yang lebih paham dengan apa yang terjadi dengan kondisi tubuh anda adalah anda sendiri.

Baca Juga : Daftar Menu Diet Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan

Apa Itu Penyakit Paru-Paru Basah

Paru-paru basah yang biasa dalam dunia medis disebut dengan pneumonia adalah sebuah penyakit yang menyerang alveolus (kantong udara) pada bagian paru-paru karena disebabkan oleh infeksi virus, jamur, atau bakteri pada sistem pernafasan.



Penyakit ini harus mendapatkan penanganan secara medis agar tidak membahayakan penderita. Terlebih lagi jika penyakit ini sudah dinyatakan kronis secara medis, maka pengobatan yang dilakukan harus terus berjalan sesuai dengan anjuran dokter.

Baca Juga : Cara Memutihkan Wajah Dengan Masker Wajah Alami

Gejala Umum Penyakit Paru-Paru Basah

Sebagian besar penderita penyakit paru-paru basah memang tidak menyadari bahwa tubunya sebenarnya sudah terserang penyakit ini sejak lama. Hal ini dikarenakan penderita tidak paham dengan gejala-gejala yang ditimbulkan dari penyakit paru-paru basah ini.

Gejala umum yang sering dirasakan oleh penderita penyakit paru-paru basah adalah seperti di bawah ini :

  • Nyeri dada sebelah kiri, akan terasa lebih menusuk ketika batuk
  • Sesak nafas secara tiba-tiba
  • Cepat merasa lelah, padahal tidak melakukan aktifitas berat
  • Demam tinggi hingga 39 derajat, menggigil, dan berkeringat dingin
  • Nafsu makan berkurang
  • Perut mual dan sering terjadi hingga muntah
  • Jantung berdebar kencang
  • Nyeri Otot

Sebaiknya jika anda merasakan gejala-gejala seperti di atas, segeralah periksakan kondisi tubuh anda ke dokter atau klinik khusus penyakit dalam. Untuk memastikan, biasanya dokter meminta anda untuk melakukan scan atau rontgen sehingga dokter akan mudah dalam mengambil keputusan terkait penanganan medis.

Baca Juga : Hamil Di Luar Kandungan Sangat Berbahaya, Apa Penyebabnya?

Penyebab Penyakit Paru-Paru Basah

Penyebab paru-paru basah secara mendasar adalah terjadi karena infeksi virus, bakteri, atau jamur pada kantong paru-paru (Aveolus). Adanya infeksi tersebut maka tubuh akan merespon dengan terjadinya beberapa gejala-gejala yang sudah saya jelaskan di atas.

Berikut ini penyebab penyakit paru-paru basah secara luas :

  • Imunitas tubuh yang lemah sehingga mudah terserang virus dan bakteri
  • Mengkonsumsi minuman beralkohol
  • Merokok
  • Mengidap penyakit tertentu yang mengakibatkan sistem imunitas melemah
  • Virus RSV, virus yang biasa menyerang anak-anak dan bayi

Untuk mencegah terserang penyakit paru-paru basah maka dianjurkan untuk menghindari hal-hal yang menjadi penyebabnya seperti di atas. Selain itu olah raga teratur, membiasakan pola hidup sehat, dan istirahat yang cukup akan memperkecil kemungkinan terserang berbagai macam penyakit karena kondisi tubuh selalu terjaga dengan baik.

BERIKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komentar anda
Silahkan masukkan nama anda disini