Penyebab Kesemutan Yang Sering Terjadi Dan Cara Mengatasinya

0
196

Kesemutaan adalah sebuah kondisi kebas atau mati rasa yang terjadi pada bagian tubuh tertentu seperti tangan atau kaki karena penyebab tertentu. Seseorang yang mengalami kesemutan akan merasakan seperti digerayangi banyak semut dan terasa menggelitik, bahkan ada yang merasakan sakit seperti distusuk jarum jika digerakkan. Sebenarnya apa sih penyebab kesemutan yang sering terjadi? dan bagaimana mengatasinya?

penyebab kesemutan yang sering terjadi dan cara mengatasinya - Penyebab Kesemutan Yang Sering Terjadi Dan Cara Mengatasinya

Dalam dunia medis kesemutan disebut dengan istilah parestesia. Kesemutan biasanya terjadi pada bagian tangan dan kaki ketika melakukan aktifitas seperti duduk bersila terlalu lama, tidur bersedekap, dan aktifitas lainnya yang menekan bagian tersebut terlalu lama.

Baca Juga : Penyakit Paru-Paru Basah, Kenali Gejala dan Penyebabnya Sejak Dini

Penyebab Kesemutan Yang Sering Terjadi

Kesemutan yang sering terjadi memiliki dua jenis yaitu kesemutan yang terjadi sementara dan kesemutan yang terjadi secara berkepanjangan atau parestesia kronis. Yang perlu di waspadai adalah kesemutan yang terjadi karena adanya penyakit tertentu dalam tubuh.

Berikut ini adalah beberapa penyebab kesemutan yang sering terjadi pada bagian tubuh tertentu :

1. Tekanan Terlalu Lama

Penyebab yang sering terjadi pada kasus kesemutan adalah karena adanya tekanan pada bagian tubuh tersebut dalam waktu lama. Akibatnya pasokan darah menuju saraf pada bagian tubuh tersebut menjadi terhambat.

Anda akan merasakan kesemutan karena tekanan terlalu lama pada kaki ketika duduk bersila, jongkok, dan berlutut terlalu lama. Sedangkan pada bagian tangan, biasanya ketika tidur bersedekap atau tidur dengan posisi kepala menindih lengan.

Namun untuk penyebab kesemutan karena tekanan terlalu ini lama biasanya bersifat sementara. Anda bisa mengatasinya dengan membebaskan area yang mengalami kesemutan dari tekanan. Misalnya meluruskan kaki atau tangan, berdiri, atau berjalan sehingga aliran darah pada bagian tubuh tersebut akan kembali lancar.

2. Penyakit Tertentu Dalam Tubuh

Penyebab kesemutan yang perlu diwaspadai yaitu dikarenakan adanya penyakit tertentu pada tubuh. Seperti penyakit Raynaud yang menyebabkan kurangnya pasokan darah ke area jari-jari tangan dan kaki. Penyakit ini terjadi ketika anda sedang mengalami stres, gelisah, atau sedang berada di ruangan dengan suhu rendah atau dingin.

Penyakit lainnya yang menjadi penyebab kesemutan adalah :

  • Diabetes
  • Gangguan ginjal
  • Penyakit hati
  • Stroke
  • Tumor otak
  • Kanker
  • Hormon tidak seimbang
  • Multiple scleorosis
  • Carpal tunnel syndrome
  • Kompresi saraf unlnaris

3. Mengkonsumsi Obat-obatan Tertentu

Obat-obatan juga bisa mengakibatkan bagian tubuh tertentu mengalami kesemutan. Misalnya obat-obatan kemoterapi yang digunakan untuk kanker payudara dan limfoma, obat anti kejang, antibiotik, dan obat untuk penuakit HIV/AIDS.

Baca Juga : Kadar Kolesterol Normal Yang Dianjurkan

4. Terpapar Zat Beracun

Kesemutan juga bisa saja terjadi akibat tubuh terpapar zat beracun seperti merkuri, talium, timbal, arsenik, dan beberapa bahan kimia industrial lainnya. Penyebab ini bisanya terjadi bagi seseorang yang sering berhadapan dengan zat-zat tersebut dalam aktifitas sehari-hari.

5. Malnutrisi dan Minuman Beralkohol

Penyebab lainnya yang memicu terjadinya kesemutan adalah adanya malnutrisi yang diakibatkan karena pola makan yang buruk, dan kekurangan vitamin B12. Kesemutan karena penyebab ini biasanya terjadi secara berkepanjangan.

Selain itu kesemutan yang berkepanjangan juga terjadi karena mengkonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan. Pada dasarnya minuman beralkohol bisa mengganggu kesehatan tubuh, apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan.

Baca Juga : Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda Yang Wajib Dikonsumsi

Cara Mengatasi Kesemutan

Jika anda mengalami kesemutan yang tidak wajar, atau lebih lama dari biasanya lebih baik segera memeriksakan kondisi tersebut ke dokter. Sehingga kondisi yang anda alami akan segera diketahui secara pasti dan segera dilakukan penanganan secara medis terkait kondisi tersebut.

Dokter akan menanyakan riwayat kesehatan anda serta keluhan-keluahan yang terjadi. Namun jika memungkinkan maka Dokter akan melakukan tes yang lebih mendetail seperti tes darah, tes elektromiogram (EMG), pemeriksaan cairan serebrospinal, tes konduksi saraf, MRI, dan biopsi.

Setelah melakukan serangkaian tes, maka Dokter akan menentukan penanganan yang tepat sesuai dengan hasil tes tersebut untuk mengatasi kesemutan.

Selain itu untuk mengatasi masalah penyebab kesemutan yang sering terjadi, anda bisa menerapkan gaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari seperti :

  • Rutin melakukan olahraga
  • Tidak merokok
  • Tidak mengkonsumsi minuman beralkohol
  • Terapkan pola makan sehat
  • Jauhi area yang terpapar zat beracun

Kesemutan yang terjadi sementara memang kita bisa mengatasinya dengan cara yang mudah. Namun jika kejadian tersebut semakin memburuk dengan ditandai gejala-gejala yang tidak biasa, segeralah memeriksakan diri ke Dokter.

LEAVE A REPLY

Silahkan tulis komentar anda!
Masukkan nama anda disini