Penyebab Paket Unlimited Smartfren 4G Tidak Bisa Digunakan

0
618

Smartfren sebagai provider yang fokus pada data internet 4G ini saat ini memiliki paket internet unlimited yang beragam dan bisa digunakan di semua ponsel 4G. Namun rupanya masih ada beberapa pengguna yang mengalami kendala dengan paket internet unlimited. Kali ini saya akan memberikan beberapa penyebab paket unlimited Smartfren tidak bisa digunakan dan cara mengatasinya.

Penyebab paket unlimited Smartfren Tidak bisa digunakan compressed - Penyebab Paket Unlimited Smartfren 4G Tidak Bisa Digunakan
Gambar screenshot dari situs Smartfren.com

Sebagai catatan, paket unlimited Smartfren 4G saat ini tersedia dengan harga mulai dari Rp 9 ribu (harian), Rp 65 ribu (bulanan), dan Rp 100 ribu (bulanan). Anda bisa memilih paket unlimited tersebut sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Untuk lebih jelasnya mengenai paket unlimited Smartfren, bisa baca disini.

Penyebab Paket Unlimited Smartfren Tidak Bisa Digunakan

Untuk memberikan sedikit pencerahan bagi pengguna yang mengalami kendala menggunakan paket unlimited Smartfren 4G, secara khusus kali ini saya akan memberikan beberapa penyebab yang sering terjadi beserta solusi yang perlu dilakukan.



1. Pastikan Ponsel Anda Mendukung Jaringan Smartfren 4G

Berhubung saat ini semua ponsel 4G bisa menggunakan jaringan 4G Smartfren, namun nyatanya ada beberapa ponsel 4G yang belum mendukung jaringan 4G Smartfren. Untuk itu segera cek spesifikasi lengkap ponsel 4G yang anda gunakan untuk memastikan bahwa ponsel anda mendukung jaringan 4G Smartfren.

Perlu anda ketahui jaringan 4G Smartfren berjalan di atas spektrum frekuensi 850 Mhz dan 2300 Mhz. Jadi pastikan spesifikasi ponsel anda support dengan frekuensi tersebut.

2. Gunakan di Area Jangkauan Jaringan Smartfren 4G

Paket unlimited Smartfren 4G tidak bisa digunakan jika anda menggunakannya di area di luar jangkauan jaringan Smartfren 4G. Jadi silahkan cari lokasi yang memang berada di area cakupan jaringan Smartfren 4G.

Untuk mengecek apakah lokasi anda termasuk area jangkauan jaringan Smartfren 4G silahkan cek melalui link ini.

3. Jangan Gunakan Perangkat Mifi Smartfren

Sesuai dengan ketentuan yang diberikan pihak Smartfren, paket internet unlimited Smartfren 4G hanya bisa digunakan untuk ponsel 4G dan tidak bisa digunakan untuk perangkat mifi. Dari ketentuan ini jelas bahwa jika anda menggunakannya di perangkat selain ponsel 4G maka pasti tidak bisa digunakan karena tidak support.

Jika anda memerlukan koneksi untuk ramai-ramai, maka anda bisa memanfaatkan fitur hotspot yang ada di ponsel yang anda gunakan.

4. Salah Setting APN

Penyebab lain paket unlimited Smartfren 4G anda tidak bisa digunakan adalah karena salah dalam pengaturan APN. Walaupun biasanya untuk merk ponsel tertentu akan menyeting APN secara otomatis. Namun untuk memastikan settingan APN yang anda gunakan benar atau salah, silahkan cek dan pastikan sama seperti di bawah ini.

Nama : smartfren4G
APN: smartfren4G
Proxy : kosongkan
Port : kosongkan
Nama Pengguna : smartfren
Sandi : smartfren
Server ; kosongkan
MMSC : http://10.17.93.103:8080
Proxy MMS 10.17.27.250
Port MMS :8080
MCC : 510
MNC : 09
Jenis autentikasi :PAP or chapJenis apn : default,mms,supl
Protokol APN IPv4/ipv6
Protokol Roaming APN ; IPv4
Bearer : Unspecisified Atau bisa pilih LTE
MVNO : tidak perlu di set

5. Gangguan Jaringan Lokal

Seperti yang pernah saya alami menggunakan paket unlimited Smartfren 4G sempat mengalami koneksi hilang dalam waktu yang lama. Setelah saya konfirmasi ke customer  service Smartfren rupanya sedang ada perbaikan jaringan untuk lokasi di area saya. Sedangkan untuk area lainnya berjalan normal.

Jadi jika mengalami hal semacam ini sebaiknya tanyakan langsung ke customer service Smartfren untuk mengetahui masalah apa yang terjadi dengan jaringan Smartfren saat itu.

Itulah beberapa penyebab paket unlimited Smartfren tidak bisa digunakan. Namun langkah pertama jika anda mengalami hal tersebut sebaiknya matikan ponsel beberapa saat, kemudian hidupkan kembali. Cara ini dilakukan untuk merestart jaringan pada ponsel anda agar lebih fresh.

Semoga penjelasan-penjelasan di atas bisa membantu permasalahan yang sedang anda alami. Namun jika masih tetap tidak bisa digunakan, sebaiknya hubungi langsung customer service Smartfren untuk mendapatkan jawaban yang lebih detail.

LEAVE A REPLY

Silahkan tulis komentar anda!
Masukkan nama anda disini