Yuk Moms Kenali Penyebab Pilek Pada Anak

0
26

Intanblog.com – Pilek pada anak memang kerap mengundang kekhawatiran ibu. Pilek meski merupakan sakit yang agak ringan, namun dapat mempengaruhi kegiatan anak hingga membuat anak merasa lemas. Sebelum anak terserang pilek, ada baiknya ibu mengenali penyebab tubuh dapat terserang virus yang dapat menyebabkan pilek sehingga ibu dapat melakukan pencegahan pada naka maupun terhadap seluruh anggota keluarga. Mengenali penyebab penyakit juga berguna agar dapat secara tepat dan tepat mengatasi penyakit tersebut sebelum membeli obat pilek untuk anak. Berikut penyebab pilek yang biasa terjadi pada anak.

Yuk Moms Kenali Penyebab Pilek Pada Anak

Infeksi Virus

Pada umumnya, pilek pada anak disebabkan oleh infeksi virus yang menyebabkan anak terserang pilek. Virus tersebut menyerang bagian hidung, tenggorokan, dan bagian sinus. Sebenarnya wajar saja apabila anak sering terkena pilek. Hal ini dikarenakan sistem kekebalan tubuh anak belum cukup kuat untuk melawan beratus-ratus virus yang ada.

Alergi

Pilek pada anak, dapat disebabkan oleh alergi. Beberapa hal seperti kotoran, debu, bulu binatang, dan lain sebagainya. Peradangan pada hidung tersebut dikenal dengan kondisi rinitis alergi. Ada baiknya memberikan vitamin yang cukup kepada anak.

Udara Dingin yang Ekstrim

Udara dingin dapat menyebabkan cairan dalam saluran hidung tidak seimbang sehingga memicu sistem sarafnya untuk terus mengeluarkan cairan. Hal inilah yang kemudian menimbulkan meler pada anak. Apabila tidak diatasi segera, pilek dapat semakin memperparah keadaan.

Konsumsi Makanan Pedas

Biasanya kalau memakan makanan pedas, saluran hidung kita akan mengeluarkan cairan sebagai efek dari rasa pedas. Untuk orang dewasa, kondisi tersebut mungkin normal saja. Akan tetapi jika hal tersebut terjadi pada anak, ada baiknya segera diatasi karena dapat terjadi pilek yang berkelanjutan. Memberi anak segelas air susu, efektif menghilangkan rasa pedas dalam mulut.

Efek Samping Obat

Beberapa obat dikenali dapat menimbulkan efek samping pilek seperti obat tekanan darah tinggi, pil KB, obat penyakit jantung, dan lain sebagainya. Untuk mengatasinya hentikan sejenak pemakaian obat dan berilah obat pilek ampuh yang tidak ngantuk agar anak dapat melakukan aktivitas seperti biasanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama Anda di sini