Sering Sakit Kepala? Ini Penyebab Yang Perlu Dihindari

0
329

Sering sakit kepala memang kadang sangat menjengkelkan. Di saat sedang beraktifitas, tiba-tiba kepala terasa sakit, pusing dan tentunya sangat mengganggu pekerjaan. Hal seperti ini sudah tentu dirasakan oleh kebanyakan orang, karena ini merupakan hal yang umum terjadi.

sakit kepala - Sering Sakit Kepala? Ini Penyebab Yang Perlu Dihindari

Namun jangan anggap remeh gangguan sering sakit kepala, karena bisa saja itu adalah gejala tubuh yang merespon adanya penyakit yang lebih serius. Oleh karena itu, perlu anda pahami penyebab sering sakit kepala agar lebih berhati-hati.



Sakit kepala ringan, biasanya mudah hilang dengan sendirinya dengan istirahat yang cukup dan minum obat sakit kepala dengan dosis rendah. Yang perlu diwaspadai adalah jika sakit kepala datang lagi pada keesokan harinya atau bahkan hanya beberapa saat saja setelah sembuh diobati.

Hal yang perlu anda lakukan ketika mengalami gangguan sering sakit kepala adalah dengan memahami penyebabnya, menjalankan pola hidup sehat dan menghindari aktifitas-aktifitas dan makanan yang menjadi pemicunya.

Baca Juga : Begini Caranya Membiasakan Hidup Sehat Setiap Hari

Sakit Kepala Yang Sering Terjadi Pada Seseorang

sering sakit kepala - Sering Sakit Kepala? Ini Penyebab Yang Perlu Dihindari

Sakit kepala memiliki beberapa kondisi yang sering dirasakan oleh kebanyakan orang seperti sakit kepala sebelah kanan, sebelah kiri dan sakit kepala bagian belakang. Umumnya sakit kepala bisa berupa migrain atau sakit kepala sebelah, sakit kepala tensi/tekanan darah tinggi dan vertigo atau sakit kepala yang terasa badan terasa melayang.

Sakit kepala yang terasa dibagian dalam dan di sekitar mata disebut dengan cluster, dan sinus adalah sakit kepala yang terasa dibagian alis dan pada tepian hidung.

Baca Juga : Lakukan 5 Gerakan Olahraga ini Setiap Bangun Tidur

Penyebab Sering Sakit Kepala

Gangguan sering sakit kepala bukan tanpa sebab, pasti ada penyebab yang memicu kondisi sakit kepala. Seperti aktifitas berikut ini:

1. Kurangnya waktu tidur

2. Terlalu lama menatap layar komputer atau handphone yang menyala

3. Terlalu lama membaca

4. Akibat stress

5. Posisi tidur yang salah

6. Dehidrasi atau kurang cairan

7. Terlalu lama dibawah terik matahari

8. Kehujanan

9. Cahaya yang menyilaukan

10. Kebiasaan merokok

Selain penyebab sakit kepala karena aktifitas-aktifitas di atas, ada beberapa makanan yang juga memicu kondisi sakit kepala antara lain :

1. Terlalu banyak mengkonsumsi penyedap rasa (MSG/monosodium glutamate)

2. Konsumsi minuman berkafein tinggi berlebihan

3. Kebiasaan meminum alkohol

4. Mengkonsumsi cabai hingga terasa pedas yang berlebihan

5. Makanan dan minuman dengan pemanis buatan

6. Konsumsi daging berlebihan

7. Makan terlalu banyak seafood (makanan laut)

8. Banyak minum air dingin

Baca Juga : Cara Memutihkan Wajah Dengan Masker Wajah Alami

Mengatasi Sakit Kepala Ringan Tanpa Biaya Mahal

Sebelum anda memilih obat untuk meredakan sakit kepala, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan jika sakit kepala datang secara tiba-tiba.

1. Menggunakan Es Batu

Dinginnya es batu mampu meredakan sakit kepala untuk sementara waktu dengan cara menempelkan es batu pada tempat dimana rasa sakit yang anda derita.

2. Minum Air Putih Yang Cukup

Sakit kepala juga disebabkan oleh kurangnya cairan dalam tubuh yang mengganggu metabolisme. Untuk mengatasinya bisa dengan minum air putih yang cukup untuk mengatasi dehidrasi dan menghilangkan rasa sakit kepala.

3. Konsumsi Kentang, Pisang dan Semangka

Sakit kepala juga disebabkan karena kurangnya kadar kalium dalam tubuh, oleh karena itu konsumsi makanan yang mengandung kalium tinggi seperti kentang, oisang dan semangka.

4. Minum Kopi Untuk Menenangkan Saraf

Ketika sakit kepala menyerang, sistem saraf mengalami ketegangan. Dengan minum kopi maka saraf yang menegang akan sedikit tenang karena kandungan kafein pada kopi. Namun jangan berlebihan mengkonsumsi kopi.

5. Konsumsi Ikan Berguna Mengurangi Sakit Kepala

Kandungan omega 3 pada ikan berguna menenangkan saraf yang tegang sehingga mengurangi rasa sakit pada kepala.

6. Istirahat Yang Cukup

Tubuh yang terlalu lelah bisa saja menjadi pemicu sakit kepala, maka istirahat yang cukup untuk mengurangi rasa sakit kepala.

LEAVE A REPLY

Silahkan tulis komentar anda!
Masukkan nama anda disini