Perbedaan Deposito dan Tabungan Yang Perlu Anda Ketahui

0
304

Perbedaan deposito dan tabungan penting untuk anda ketahui karena keduanya merupakan produk perbankan yang menguntungkan bagi anda. Dengan memahaminya maka akan mempermudah anda dalam memilih produk yang tepat untuk menyimpan uang anda di bank. Apakah menyimpannnya pada deposito, atau menyimpannya sebagai tabungan.

perbedaan deposito dan tabungan - Perbedaan Deposito dan Tabungan Yang Perlu Anda Ketahui

Perbedaan Deposito dan Tabungan

Deposito dan tabungan memang sama-sama memiliki keuntungan bagi anda yang berniat menggunakan produk yang ditawarkan perbankan tersebut. Namun, jika kita pahami lebih dalam keduanya memiliki perbedaan yang mendasar yaitu :

1. Dari Segi Bunga

Jika kita melihat perbedaan keduanya dari bunga yang ditawarkan bank, maka akan menyimpulkan bahwa deposito memiliki bunga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan tabungan.



Bunga deposito biasanya berkisar antara 5% hingga 7% dari total jumlah dana yang anda simpan. Sedangkan jika anda menyimpan dana pada tabungan, maka bunganya hanya berkisar antara 0.5% hingga 3%. Maka jelas jika anda menyimpan dana pada deposito, pertumbuhan dana anda akan lebih cepat berkembang jika dibandingkan dengan tabungan.

Baca Juga : 3 Produk Investasi Yang Kebal Terhadap Pengaruh Inflasi

2. Dari Segi Waktu

Deposito termasuk produk perbankan dengan masa simpan jangka panjang atau sesuai dengan kesepakatan. Sedangkan tabungan adalah produk perbankan yang biasa untuk menyimpan dana, namun bisa diambil kapanpun semaunya.

Dengan deposito maka anda akan mudah mengontrol pengeluaran keuangan anda karena dana tersimpan dan tidak bisa diambil semau anda.

3. Dari Segi Waktu Pengambilan

Jika anda menyimpan dana melalui tabungan, maka dana yang tersimpan bisa anda ambil kapanpun dimanapun melalui jaringan ATM maupun kantor cabang terdekat.

Namun jika anda menyimpannya pada deposito, dana anda tidak bisa diambil atau dicairkan sesuka anda karena deposito memiliki masa kontrak atau tenor hingga mencapai waktu jatuh tempo. Tenor yang biasanya ditawarkan oleh pihak perbankan adalah mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, dan 24 bulan.

Selama masa tenor sebenarnya anda bisa mengambil dana tersebut, namun anda akan terkena biaya pinalti atau denda. Hal ini justru akan merugikan anda karena dana anda bukannya bertambah malah berkurang untuk membayar biaya pinalti tersebut.

Baca Juga : Inilah Jenis Investasi Jangka Pendek dan Jangka Panjang Sebagai Pilihan

4. Dari Segi Manfaat

Deposito dengan bunga yang lebih tinggi dari tabungan, maka sering digunakan seseorang senagai salah satu produk investasi. Memang jika dibandingkan dengan produk investasi lainnya, deposito memiliki bunga yang kecil. Namun hal itu sesuai dengan resiko yang akan anda tanggung, sama-sama kecil.

Sedangkan tabungan, sesuai dengan namanya produk ini memang sebagai tempat anda menyimpan uang. Bisa saja uang tersebut adalah uang yang digunakan untuk keperluan sehari-hari dan dana darurat jika membutuhkan dana secara mendadak.

Dan tabungan tidak bisa dijadikan sebagai investasi, karena bunganya kecil ditambah lagi adanya biaya administrasi yang akan dibebankan setiap bulannya.

Baca Juga : Investasi Reksadana Lebih Menguntungkan Daripada Emas? Benarkah Demikian?

Kesimpulan

Deposito dan tabungan sama-sama produk perbankan namun memiliki tujuan dan manfaat masing-masing. Jika deposito cocok untuk investasi, sedangkan tabungan cocok untuk menyimpan uang untuk keperluan sehari-hari dan keperluan mendadak.

Itulah penjelasan mengenai perbedaan deposito dan tabungan yang perlu anda ketahui, sebelum memilih antara kedua produk perbankan tersebut.

LEAVE A REPLY

Silahkan tulis komentar anda!
Masukkan nama anda disini