Perbedaan Faskes Pertama dan Faskes Lanjutan BPJS Kesehatan

Perbedaan yang perlu dipahami oleh peserta BPJS Kesehatan mengenai Faskes Pertama dan Faskes Lanjutan sesuai prosedur pelayanan BPJS Kesehatan

0
483

Jika anda adalah termasuk peserta BPJS Kesehatan tentu harus paham dengan segala prosedur yang perlu anda jalankan guna memperoleh pelayanan maksimal sesuai ketentuan yang berlaku. Salah satunya adalah prosedur berobat pada Faskes pertama dan Faskes lanjutan bagi peserta BPJS Kesehatan. Nah.. Apa sih perbedaan Faskes pertama dan Faskes lanjutan menurut prosedur BPJS Kesehatan?

Perbedaan Faskes pertama dan Faskes lanjutan BPJS Kesehatan - Perbedaan Faskes Pertama dan Faskes Lanjutan BPJS Kesehatan

Perlu diketahui prosedur BPJS Kesehatan wajib diikuti oleh seluruh peserta agar seluruh pembiayaan ditanggung pihak BPJS. Karena mulai dari perwatan awal hingga perawatan lanjutan semuanya ada aturan yang harus dipenuhi oleh peserta.

Baca Juga : Aturan Baru BPJS Kesehatan Untuk 3 Pelayanan Ini

Perbedaan Faskes Pertama dan Faskes Lanjutan BPJS Kesehatan

Prosedur berobat bagi peserta BPJS Kesehatan yang pertama adalah melalui Fasilitas Kesehatan Tingak Pertama (FKTP). Kemudian Jika ternyata pada Faskes Pertama tidak sanggup menangani maka peserta akan dirujuk ke Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL).



Untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang sistem rujukan pada BPJS Kesehatan, maka anda perlu mengetahui perbedaan Faskes Pertama dan Faskes Lanjutan BPJS Kesehatan. Berikut ini penjelasannya :

1. Faskes Pertama

Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) atau Faskes pertama adalah tempat pelayanan kesehatan pertama yang dikunjungi pasien BPJS Kesehatan untuk memeriksakan masalah kesehatan (berobat).

Contoh Faskes Pertama seperti Puskesmas, Klinik, atau Dokter umum yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Faskes pertama juga biasa disebut dengan Faskes primer.

Faskes pertama merupakan gerbang awal bagi peserta BPJS Kesehatan untuk mendapatkan layanan kesehatan. Pasien diwajibkan untuk mendatangi Faskes pertama terlebih dahulu jika mengalami masalah kesehatan dan memerlukan penanganan medis.

Peserta BPJS Kesehatan akan diberikan kebebasan untuk memilih Faskes pertama sesuai keinginan pada saat pertama kali melakukan pendaftaran BPJS Kesehatan. Karena Faskes pertama merupakan tempat layanan kesehatan yang perlu dikunjungi pertama kali, maka biasanya peserta dihimbau untuk memilih Faskes pertama yang paling dekat dengan lokasi tempat tinggal.

Nama Faskes pertama yang sudah dipilih, nantinya akan tertera pada kartu BPJS Kesehatan masing-masing peserta. Namun jika suatu saat dengan alasan tertentu peserta ingin mengganti Faskes pertama, hal itu bisa dilakukan dengan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

Baca Juga : Iuran BPJS Kesehatan Dan Sistem Pembayarannya

2. Faskes Lanjutan

Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) atau Faskes lanjutan adalah tempat pelayanan kesehatan rujukan yang memiliki fasilitas layanan kesehatan lebih lengkap dari faskes pertama.

Faskes lanjutan ini merupakan tempat bagi pasien yang sebelumnya telah mendatangi faskes pertama karena Faskes pertama tidak sanggup menangani sehingga diberikan rujukan ke Faskes lanjutan.

Contoh Faskes Lanjutan seperti Klinik utama atau yang setara, Rumah sakit umum, dan Rumah sakit khusus yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Di Faskes lanjutan, peserta BPJS Kesehatan akan mendapatkan penanganan yang lebih komprehensif sesuai dengan kebutuhan medisnya. Jika peserta mengikuti prosedur yang berlaku, serta tindakan medis yang dilakukan dokter berdasarkan indikasi medis yang jelas, maka seluruh biaya akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Berobat di Faskes lanjutan tidak akan ditanggung BPJS Kesehatan jika atas kemauan peserta sendiri tanpa melakukan pemeriksaan medis terlebih dahulu pada Faskes pertama dan tanpa surat rujukan dari dokter yang memeriksa. Kecuali kondisi pasien dalam keadaan gawat darurat, maka pasien bisa langsung ke Faskes lanjutan untuk mendapatkan pelayanan medis yang lebih maksimal tanpa memerlukan rujukan dari Faskes pertama.

Baca Juga : Syarat Pendaftaran BPJS Kesehatan Yang Perlu Anda Ketahui

Kesimpulan

Perbedaan Faskes pertama dan Faskes lanjutan yang paling mendasar adalah dalam hal pelayanan kesehatan. Faskes pertama sebagai gerbang pertama bagi pasien BPJS Kesehatan dalam melakukan pemeriksaan masalah kesehatan.

Sedangkan Faskes lanjutan diperuntukkan bagi pasien BPJS Kesehatan yang telah diberikan rujukan oleh Dokter yang memeriksakan pasien atau bagi pasien gawat darurat. Tentu pelayanan dan fasilitas medis Faskes lanjutan lebih baik dibanding Faskes pertama.

LEAVE A REPLY

Silahkan tulis komentar anda!
Masukkan nama anda disini