Apa Perbedaan Mod dan Pod Pada Vape? Ini Penjelasannya

0
6984

Intanblog.com – Bagi pemula yang baru mengenal dunia Vape atau rokok elektrik biasanya bingung dalam menentukan jenis device. Pasalnya, di pasaran saat ini tersedia dua jenis device yang perlu anda ketahui yaitu MOD system dan POD system. Kedua jenis device ini tentu saja sama-sama banyak pemintanya karena memiliki kelebihan masing-masing. Lalu apa perbedaan Mod dan Pod pada Vape? Mari kita bahas..

pERBEDAAN MOD DAN POD PADA VAPE

Sebelum membahas Mod dan Pod, saya ada sedikit informasi mengenai Vape. Berdasarkan informasi yang saya dapatkan, Vape ternyata 95% lebih aman dibandingkan dengan rokok konvensional atau rokok tembakau. Alasannya, Vape tidak mengandung senyawa TAR dan Monoksida. Perlu anda ketahui, TAR ini adalah zat berbahaya yang dihasilkan dari hasil pembakaran tembakau dan dapat merusak paru-paru.

Baca juga : Apa Itu PSK Pada Vape? Ini Penjelasannya

Perbedaan Mod dan Pod Pada Vape

Pada dunia Vape, anda akan mengenal istilah device dan atomizer. Device ini adalah perangkat yang di dalamnya terdapat baterai, software, dan elemen penghantar panas atau energi. Device biasa dikenal juga dengan body dari Vape itu sendiri. Sedangkan atomizer adalah alat yang berfungsi untuk melakukan pembakaran liquid hingga menghasilkan uap air atau cloud atau asap.

Baca Juga :   Teknik MTL dan DTL Saat Nge Vape, Apa sih Bedanya?

Device atau body Vape ini dibagi lagi menjadi dua jenis yaitu Mod dan Pod. Secara kasat mata, anda pasti akan bisa membedakannya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini penjelasannya :

Ukuran Body

perbedaan mod dan pod pada vape

Dilihat dari sisi body, ukuran Mod biasanya lebih besar dibandingkan dengan Pod. Ukuran mod yang besar karena ada space untuk penempatan baterai eksternal dan RDA. Ukurannya akan lebih besar lagi jika support dual baterai eksternal. Berbeda dengan pod yang tidak menggunakan baterai eksternal tapi menggunakan baterai internal yang ukurannya lebih kecil.

Atomizer

Pada bagian atomizer, device jenis mod diperlukan sebuah perangkat tambahan yaitu RDA atau dapur pembakaran. RDA ini biasanya dijual terpisah dari penjualan devicenya, atau ada juga yang sudah ada di dalam paket penjualannya tergantung dari produsennya. Di dalam RDA ini terdapat sebuah element pemanas yang disalurkan ke sebuah kawat dan kapas.

Baca Juga :   Voopoo Vsuit dan Vthru Pro Cocok Untuk MTL, Ini spesifikasi lengkapnya

perbedaan mod dan pod pada vape

Sedangkan untuk Pod, tidak diperlukan RDA. Sebagai pengganti RDA, pod menggunakan catridge sebagai dapur pembakarannya. Di dalam catridge ini terdapat sebuah coil, RBA, dan tank penampung liquid.

Kapasitas Baterai

Untuk kapasitas baterai, mod tentu saja hadir dengan kapasitas 2 kali lebih besar dari pod. Hal ini dikarenakan mod menggunakan baterai eksternal, sedangkan pod hanya menggunakan baterai tanam. Di pasaran, pod memiliki kapasitas baterai mulai dari 1000-1500mAh. Sedangkan untuk mod bisa mencapai 2000-3000 mAh.

Baca juga : Apa Itu Vape? Apakah Kandungan Zatnya Berbahaya Bagi Kesehatan?

Cloud yang Dihasilkan

Dari sisi cloud yang dihasilkan, tentu saja mod lebih banyak mengeluarkan cloud atau asap. Ini wajar karena watt dari mod lebih tinggi dibandingkan dengan pod. Disamping itu, mod memiliki kapas lebih besar sehingga proses pemanasannya akan lebih maksimal dalam menghasilkan cloud.

Baca Juga :   Perbedaan Spesifikasi Drag X dan Drag S, Pilih yang Mana?

perbedaan mod dan pod pada vape

Berbeda dengan pod yang hanya mengandalkan sebuah coil dengan kapas kecil dan watt kecil pula. Maka cloud yang dihasilkan juga akan lebih sedikit dibanding mod. Hanya saja untuk pod dinilai lebih simpel karena anda tidak perlu direpotkan dengan mengganti kapas maupun kawat pada RDA.

Baca juga : 5 POD Yang Sedang Trend Tahun 2020 dengan Harga Murah

Dalam memilih device bagi pemula, sebaiknya tentukan terlebih dahulu seperti apa Vape yang cocok untuk keinginan anda. Sebagai contoh, anda menginginkan aktivitas nge-vape yang simpel tanpa ribet seperti ganti kapas, ganti kawat, ganti RDA, gonta-ganti baterai maka device yang cocok untuk anda adalah Pod system.

Sebaliknya, jika anda seseorang yang tidak terlalu memperdulikan hal-hal yang ribet namun anda menginginkan aktivitas nge-vape dengan limpahan cloud maka pilihlah Mod system.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here