Perkembangan Proyek Vexanium Hingga Hari Ini

0
121

Vexanium (VEX) merupakan perusahaan Blockchain pertama di Asia tenggara yang fokus pada pengembangan aplikasi voucher dan loyalty program berbasis teknologi Blockchain. Vexanium sendiri berhasil menjual sebanyak 300 juta token pada penjualan perdananya (ICO) yang dimulai pada akhir bulan Maret 2018 lalu. Kali ini saya akan memberikan review perkembangan proyek Vexanium hingga hari ini untuka menambah wawasan anda.

Apa agenda Vexanium di bulan Juli 2018 - Perkembangan Proyek Vexanium Hingga Hari Ini

Seperti yang kita ketahui bahwa ICO token VEX berakhir pada tanggal 26 Juni 2018, dan resmi masuk market pertama kali pada tanggal 16 Juli 2018. Market yang memperdagangkan token VEX pertama kali adalah market Exrates, kemudian berlanjut diperdagangkan pada market BTC-Alpha pada tanggal 18 Juli 2018.

Baca Juga : Apa Itu Lyfe Token? Berapa Harga Saat ICO?

Perkembangan Proyek Vexanium Hingga Hari Ini

Jika kita menghitung sejak berakhirnya ICO pada tanggal 26 Juni 2018, maka token VEX hingga hari ini (14/10/2018) sudah berjalan selama hampir 4 bulan. Mungkin banyak juga yang penasaran sudah seperti apa proyek yang dijalankan Vexanium, serta seperti apa pengaruh proyek yang dijalankan terhadap permintaan pasar terhadap token vex.



Dalam artikel ini saya sudah merangkum perjalanan perkembangan proyek Vexanium mulai dari pembukaan penjualan perdana (ICO) hingga hari ini. Berikut ini ulasannya.

1. Penjualan Perdana (ICO) Vexanium

Dalam melakukan penjualan perdana token VEX dilakukan melalui dua tahapan, yaitu Pre-Sale dan Crowdsale. Tahap Pre-Sale yang dimulai pada tanggal 30 Maret 2018, pembelian minimum sebesar 5 ETH dengan rate (1 ETH = 20.000 VEX + 20% bonus).

Sedangkan tahap Crowdsale dimulai pada tanggal 31 Maret 2018, minimum pembelian hanya sebesar 0.05 ETH dengan rate (1 ETH = 20.000) dan bonus tambahan sebesar 5% pada minggu pertama, untuk pembelian setelahnya tanpa bonus tambahan.

Jadwal berakhirnya ICO sebenarnya dari awal sudah ditetapkan pada tanggal 25 Mei 2018, namun ada pertimbangan dari pihak Vexanium sehingga sempat diperpanjang dua kali hingga akhirnya berakhir pada tanggal 26 Juni 2018. Saya sendiri menilai untuk manajemen dalam melakukan penjualan ICO Vexanium banyak kekurangannya karena ada beberapa perubahan aturan ditengah jalan sehingga terlihat kurangnya persiapan.

Sebagai contoh, dalam situs Vexanium yang telah dirilis sebelum ICO dimulai dijelaskan bahwa akan ada alokasi sebesar 600 juta token yang disiapkan untuk penjualan ke publik yang akhirnya dirubah menjadi hanya 400 juta token. Kemudian pada hari-hari menjelang berakhir dirubah lagi menjadi hanya 300 juta token untuk publik dan 100 juta token untuk program Airdrop.

Kemudian soal jadwal ICO yang diundur dimana jadwal sebelumnya akan berakhir pada tanggal 25 Mei 2018, akhirnya ditetapkan berakhir pada tanggal 26 Juni 2018. Perubahan ini dilakukan bukan sebelum ICO dimulai, namun saat ICO sudah berlangsung bahkan hampir berakhir sesuai jadwal sebelumnya.

Problem lainnya yang menjadi kontroversi adalah soal rate yang ditetapkan pihak Vexanium terkait dengan pembelian token VEX menggunakan token selain ETH. Penetapan rate tidak dilakukan secara realtime sehingga terjadi selisih yang signifikan jika membeli menggunakan token selain ETH. Masalah tersebut sangat dirasakan ketika pembelian menggunakan token PUNDIX (NPXS), selisih antara rate ETH terpaut sangat jauh sehingga rate pembelian menggunakan PUNDIX menjadi yang termurah.

Namun akhirnya penjualan token VEX berhasil terjual sebanyak 300 juta token walaupun terjadi beberapa kekurangan. Dari total supply sebanyak 1 Miliar token, sebanyak 300 juta token dijual ke publik, 100 juta token untuk keperluan Airdrop, dan 600 juta token dibagi lagi untuk alokasi team, proyek, dan advisor.

2. Program Airdrop Vexanium

Sesuai dengan janji pihak Vexanium sebelumnya yang mengalokasikan sebesar 100 juta token untuk keperluan program Airdrop, mereka memang benar-benar menjalankan program Airdrop pada tanggal 10 Juli 2018 melalui akun masing-masing pengguna.

Mekanisme yang dijalankan untuk program Airdrop ini adalah pengguna melakukan deposit dengan nominal tertentu yang telah ditentukan, kemudian disimpan selama beberapa hari pada wallet Vexanium. Setelah masa penyimpanan berakhir, selanjutnya pihak Vexanium mengembalikan saldo yang telah didepositkan kepada pengguna ditambah dengan bonus yang diberikan.

Program Airdrop lainnya adalah Pandora Box, dimana pengguna diberikan pilihan untuk menebak market mana yang akan mulai listing token Vex pada tanggal yang telah ditentukan. Jika pengguna benar dalam memberikan jawaban, maka akan diberikan hadiah berupa token VEX.

3. Listing Market Vexanium

Tidak sampai dengan satu bulan sejak berakhirnya tahap ICO, token VEX secara resmi mulai diperdagangkan pertama kali pada market Exrates. Walaupun sempat terjadi banyak problem terkait deposit ke market tersebut yang lama, market sepi, dan fee withdraw yang terbilang cukup mahal. Sehingga banyak pengguna yang merasa kecewa dan memprotes pihak Vexanium karena telah memasukkan token VEX pada market Exrates.

Dua hari berselang token VEX secara resmi diperdagangkan pada market BTC-Alpha. Pengguna rupanya sedikit terobati dengan rasa kecewa sebelumnya karena di BTC-Alpha pemberian fee tidak terlalu tinggi dan proses deposit yang terbilang cukup cepat. Soal volume perdagangan token VEX juga terbilang cukup tinggi, itu artinya banyak pengguna atau investor VEX yang terlibat trading di BTC-Alpha.

Listing market yang membutuhkan perjuangan keras dari semua pihak yang terlibat dengan proyek Vexanium adalah ketika token Vex mengikuti Indodax Community Coin Voting. Berkat perjuangan semua pihak, Vexanium akhirnya memenangkan voting dan akhirnya listing pada market Indodax pada tanggal 28 Agustus 2018.

Hingga saat ini token VEX sudah listing di beberapa market seperti Indodax, Tokenomy Exchange, Exrates, BTC-Alpha, Sistemcoin, dan Bitinka.

4. Peluncuran Aplikasi Vexgift Versi Beta

Vexanium berhasil meluncurkan aplikasi Vexgift sebagai proyek ekosistem pertamanya pada akhir bulan Agustus 2018. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan berbagai macam Voucher gratis dan Airdrop dari beberapa token yang melakukan kerja sama. Perkembangan proyek Vexanium semakin hari semakin terlihat secara nyata.

Di dalam aplikasi Vexgift, pengguna dapat menemukan berbagai fitur menarik. Pengguna juga bisa mendapatkan vexpoint dengan hanya menyimpan sejumlah token VEX pada wallet KCACH. Vexpoint ini bisa ditukarkan dengan berbagai Voucher gratis dari berbagai merchant maupun ditukarkan dengan beberapa produk menarik lainnya.

5. Deposit Loyalty Program Vexanium (Phase 4)

Program deposit akhirnya bisa dilakukan pengguna melalui aplikasi Vexgift, dimana sebelumnya hanya bisa dilakukan melalui situs Vexanium. Pada program ini yang ada di aplikasi Vexgift, pengguna bisa dengan leluasa memilih periode penyimpanan token VEX mulai dari 2 minggu, 3 minggu, 4 minggu, dan 6 minggu.

Untuk bonus yang diberikan pada setiap periode penyimpanan masing-masing berbeda mulai dari 1% hingga 5% dari total nominal token VEX yang didepositkan.

5. Token Frozen

Baru-baru ini pihak Vexanium mengumumkan informasi mengenai Token Frozen. Token Frozen sendiri merupakan keadaan dimana suatu token atau koin dibekukan sehingga tidak bisa digunakan (menjadi alat transaksi ataupun diperjual-belikan) hingga kurun waktu tertentu. Jadi dengan pembekuan token atau koin ini maka diharapkan nilai dari token tersebut akan stabil atau bahkan meningkat di masa mendatang karena persediaan yang tersedia di pasaran hanya sedikit sehingga membuat token menjadi langka.

Strategi ini juga merupakan salah satu strategi yang diterapkan oleh Vexanium dimana VEX yang diterima pada bulan Agustus-September 2018 akan masuk pada Token Frozen tahap pertama. Jumlah VEX yang akan masuk ke dalam kategori token frozen adalah VEX yang didapatkan dari ekosistem Vexanium seperti fitur premium VexGift dan proses verifikasi VEX address.

Ini merupakan perkembangan proyek Vexanium terbaru yang bisa saya informasikan untuk anda.

Berita Vexanium Lainnya

Jika anda ingin melihat berita-berita lainnya terkait Vexanium pada situs intanblog, silahkan mengunjungi link ini. Anda akan mendapatkan update berita Vexanium secara berkala.

LEAVE A REPLY

Silahkan tulis komentar anda!
Masukkan nama anda disini