Perlukah Senam Hamil? Yuk, Temukan Jawabannya

0
74

Intanblog.com – Dalam masa kehamilan tentu saja diperlukan kehati-hatian dalam menjalankan berbagai aktifitas. Setiap ibu hamil tentu saja menginginkan tubuhnya tetap sehat agar kesehatan kandungannya tetap terjaga dengan baik. Meskipun tidak dipungkiri pada masa kehamilan, ibu hamil pasti mengalami berbagai keluhan seperti pegal-pegal, sakit kepala, dan mudah letih hingga pingsan. Banyak yang bertanya, perlukah senam hamil untuk mengatasi keluhan-keluhan yang dialami? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk pahami lebih mendalam mengenai senam hamil.

Perlukah Senam Hamil? Yuk, Temukan Jawabannya

Sesuai dengan namanya, senam hamil merupakan senam dengan gerakan-gerakan khusus untuk menjaga kesehatan janin dan tubuh ibunya. Jika dibandingkan dengan senam pada umumnya, gerakan senam hamil biasanya lebih santai. Selain untuk mengurangi berbagai keluhan yang dialami pada masa kehamilan, senam hamil juga sebagai terapi gerak dalam mempersiapkan persalinan sehat.

Jadi, Perlukah Senam Hamil?

Tahukah anda bahwa senam hamil memiliki banyak manfaat, antara lain untuk mencegah rasa nyeri pada telapak kaki, varises, dan bengkak. Keluhan ini adalah yang umum dirasakan oleh setiap ibu hamil karena beban tubuh bertambah berat. Maka dengan menjalani senam hamil, keluhan-keluhan tersebut dapat diatasi.

Dengan melakukan gerakan-gerakan senam hamil juga dapat memperkuat dan mempertahankan  elastisitas otot-otot yang ada pada dinding perut, panggul, dan paha bagian dalam. Manfaat ini akan dirasakan bagi ibu hamil agar lebih siap dalam menjalani persalinan nantinya.

Sikap tubuh yang sempurna selama kehamilan dapat mengatasi sakit pinggang, sakit punggung dan kejang. Sikap tubuh sempurna bisa diterapi dengan gerakan-gerakan senam selama masa kehamilan.

Manfaat lainnya adalah memberikan ketenangan dan relaksasi tubuh sehingga akan terhindar dari stres selama proses kehamilan. Perlu anda ketahui, stres bagi ibu hamil akan memberikan dampak buruk bagi perkembangan janin.

Melihat berbagai dampak positif yang akan dirasakan maka selama menjalani proses kehamilan, ibu hamil disarankan melakukan senam hamil. Ada banyak sekali gerakan-gerakan senam untuk ibu hamil yang bisa dilakukan. Bisa dengan melihatnya di situs youtube, atau bisa juga dengan mengunjungi tempat senam terdekat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama Anda di sini