Ponsel Layar Lipat Akan Menjadi Trend Tahun 2019, Bagaimana Cara Kerjanya?

0
48

Intanblog.com – Vendor ponsel akan selalu mengikuti perkembangan jaman ketika menciptakan produk terbaru, tujuannya hanya untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna ketika menggunakan produk hasil karyanya. Maka wajar saja kini berbagai vendor ponsel berlomba-lomba berinovasi menciptakan produk dengan kecanggihan teknologi terbaru. Salah satu yang sedang ramai diperbincangkan yaitu teknologi ponsel layar lipat, dimana teknologi ini diyakini bakal menjadi trend di tahun 2019 mendatang.

ponsel - Ponsel Layar Lipat Akan Menjadi Trend Tahun 2019, Bagaimana Cara Kerjanya?

Samsung menjadi vendor pertama yang sangat berambisi menggarap ponsel layar lipat. Mereka sangat yakin, teknologi ini akan banyak diminati konsumen karena kecanggihan dan fleksibilitasnya. Selain Samsung, vendor lain seperti Oppo, Huawei, dan bahkan Microsoft juga informasinya tertarik untuk menciptakan ponsel dengan teknologi layar lipat. Dan bukan hal yang mustahil vendor-vendor lain juga pasti akan mengikuti jejak mereka untuk membuat ponsel dengan teknologi layar lipat.

Baca Juga : Cara Paling Cepat Membuat Stiker Whatsapp Pakai Foto Sendiri

Ponsel Layar Lipat Akan Menjadi Trend Tahun 2019

Persiapan vendor ponsel papan atas untuk menciptakan smartphone dengan teknologi layar lipat sebenarnya sudah sejak lama terendus media. Hanya saja mereka mengakui bahwa untuk membuatnya memerlukan proses panjang melalui sederet penelitian dan percobaan, hingga menemukan porsi yang pas untuk mengaplikasikannya. Teknologi ini juga memerlukan biaya produksi yang tidak murah, sehingga untuk awal-awal peluncurannya sudah dipastikan harganya masih cukup tinggi.



Samsung sendiri yang saat ini menjadi Perusahaan produsen smartphone nomor wahid di dunia, kabarnya untuk tahun depan sudah mempersiapkan salah satu ponsel layar lipat pertamanya dengan nama Samsung Galaxy F. Menurut bocorannya, Samsung galaxy F ini akan diposisikan sebagai produk Limited Edition (Terbatas) dimana hanya akan diproduksi sebanyak satu juta unit untuk pasar Global.

Namun Samsung sendiri mengklaim bahwa Ponsel layar lipatnya diciptakan untuk menyasar konsumen di atas usia 40 yang dinilai sudah mapan secara financial. Pasalnya ponsel layar lipat pada awal peluncurannya akan memiliki harga yang cukup fantastis, sehingga konsumen dengan kemampuan financial mapan tidak terlalu sulit untuk membelinya.

Baca Juga : Garmin Instinct, Jam Tangan Pintar Dengan Spesifikasi Mumpuni

Cara Kerja Ponsel Layar Lipat Samsung

Samsung pernah memamerkan teknologi ponsel layar lipat dalam acara Samsung Developer Conference pada tanggal 8 November 2018 di Moscone Centre San Fransisco, Amerika Serikat. Ponsel yang mengusung nama “Infinity Flex Display” memiliki layar seluas 7,3 inchi dan ketika ponsel tersebut dilipat secara vertikal maka ukuran layarnya akan menciut menjadi 4,6 inchi.

ponsel - Ponsel Layar Lipat Akan Menjadi Trend Tahun 2019, Bagaimana Cara Kerjanya?

Dalam keadaan ponsel tidak dilipat resolusi layar diklaim mencapai 1.5636 x 2152 piksel, sedangkan ketika ponsel tersebut dilipat resolusinya berubah menjadi 840 x 1.960 piksel.  Jadi kerapatan resolusi layar akan secara otomatis berubah ketika layar dilipat maupun tidak dilipat.

Ponsel juga akan terlihat memanjang ketika dilipat dengan aspek ratio 21:9. Ponsel akan terlihat menyerupai sebuah tablet jika dalam keadaan tidak dilipat karena perbandingan rationya sekitar 4,2:3.

Baterai yang digunakan untuk ponsel layar lipat juga menggunakan bahan fleksibel, dimana bentuknya akan mudah dibengkokkan dan ditekuk mengikuti perubahan bentuk ponsel saat dilipat. Baterai ini memiliki bentuk unik yang agak bergelombang dan memang sudah dipersiapkan untuk melakukan peregangan tanpa putus.

Baca Juga : Smartfren 4G Battle : Turnamen Game Mobile Legend Berhadiah Ratusan Juta Rupiah

Ponsel layar lipat akan menjadi trend tahun 2019 sepertinya akan memunculkan banyak inovasi-inovasi teknologi untuk mendukung ponsel layar lipat tersebut. Seperti halnya Google yang telah mempersiapkan OS Android yang dikhususkan untuk ponsel layar lipat. Kabarnya OS tersebut akan mulai diperkenalkan pada bulan januari 2019 mendatang.

Kompetisi untuk menciptakan ponsel canggih dan modern yang dilakukan antar produsen ponsel justru akan menguntungkan konsumen, karena mereka akan disuguhi dengan pengalaman-pengalaman baru dalam kecanggihan teknologi yang belum pernah ditemui sebelumnya.

LEAVE A REPLY

Silahkan tulis komentar anda!
Masukkan nama anda disini