Home Asuransi Prosedur Membeli Kacamata Pakai BPJS Kesehatan

Prosedur Membeli Kacamata Pakai BPJS Kesehatan

217
0
BAGIKAN

Pembelian kacamata bagi peserta BPJS Kesehatan termasuk di dalam fasilitas layanan kesehatan yang ditanggung BPJS dengan system subsidi ( bantuan dana ). Hal ini jelas sangat membantu bagi peserta yang membutuhkan bantuan kacamata untuk kesehatan matanya. Namun anda juga harus memperhatikan prosedur membeli kacamata pakai BPJS Kesehatan agar klaim terpebuhi.

prosedur membeli kacamata pakai bpjs kesehatan - Prosedur Membeli Kacamata Pakai BPJS Kesehatan

Prosedur Membeli Kacamata Pakai BPJS Kesehatan

Walaupun anda terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, namun anda juga harus patuh terhadap peraturan yang telah ditetapkan oleh pihak BPJS. Termasuk prosedur membeli kacamata pakai BPJS Kesehatan.

Bagaimana prosedurnya? Simak penjelasannya berikut ini :

1. Datang ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama ( Faskes 1 )

Tujuan anda kesini jelas untuk mengambil surat rujukan dari dokter di Faskes 1. Ini sebenarnya sama dengan prosedur layanan BPJS Kesehatan lainnya yang wajib mendatangi Faskes 1 terlebih dahulu ( kecuali pasien gawat darurat ).



Surat rujukan yang anda peroleh ditujukan ke dokter spesialis mata maupun poliklinik mata terdekat yang merupakan mitra BPJS Kesehatan.

2. Pemeriksaan di Poliklinik Mata

Setelah rujukan anda peroleh, selanjutnya anda mengunjungi poliklinik maupun dokter spesialis mata yang tertera pada surat rujukan untuk melakukan pemeriksaan kondisi mata anda. Selain itu anda juga meminta resep untuk pembelian kacamata kepada dokter yang memeriksa anda.

3. Resep Harus Dilegalisir

Resep yang anda terima harus dilegalisir oleh pihak BPJS Kesehatan terlebih dahulu agar resep tersebut bisa anda gunakan. Caranya anda mendatangi loket BPJS Kesehatan terdekat di kota anda untuk meminta cap atau legalisir kepada petugas.

4. Melakukan Pembelian Kacamata

Terakhir, anda kunjungi optik yang merupakan mitra BPJS Kesehatan dengan menunjukkan resep yang terlegalisir untuk melakukan pembelian kacamata yang dibutuhkan.

Pihak optik biasanya akan meminta berkas pendukung seperti fotocopy KTP dan kartu BPJS Kesehatan serta yang asli. Setelah berkas lengkap dan memenuhi syarat, kacamata yang anda butuhkan segera diberikan kepada anda sesuai dengan resep.

Baca Juga : Bagaimana Prosedur dan Jenis Operasi Yang Ditanggung BPJS Kesehatan

Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Prosedur Membeli Kacamata Pakai BPJS Kesehatan

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, bahwa layanan BPJS Kesehatan terkait kacamata ini hanya berupa subsidi ( bantuan dana ), serta ada poin penting lainnya yang harus anda perhatikan. Berikut ini penjelasannya :

1. Subsidi Yang Diberikan BPJS Kesehatan

BPJS kesehatan memiliki ketentuan untuk memberikan dana subsidi tersebut sesuai dengan aturan yang berlaku. Artinya, subsidi dana yang diberikan kepada peserta akan berbeda-beda tergantung dari kelas kepesertaannya.

Besaran subsidi akan ditentukan sesuai dengan kelas masing-masing dengan ketentuan sebagai berikut :

  • Kelas I mendapatkan subsidi sebesar Rp 300.000
  • Kelas II mendapatkan subsidi sebesar Rp 200.000
  • Kelas III mendapatkan subsidi sebesar Rp 150.000
Baca Juga : Cara Daftar BPJS Bayi Dalam Kandungan : Syarat dan Prosedur Yang Harus Dipenuhi

2. Periode Pembelian Kacamata

Selain harga, peserta BPJS Kesehatan juga harus memperhatikan periode pembelian kacamata yang sudah ditentukan. Peserta tidak diperbolehkan membeli kacamata atas dasar kemauannya sendiri atau membeli kacamata terlalu sering.

Ketentuan membeli kacamata menggunakan BPJS Kesehatan diatur dalam masa periode 2 tahun sekali, dihitung sejak pembelian sebelumnya.

3. Ukuran Lensa Kacamata

Terakhir, poin penting yang perlu anda perhatikan adalah ukuran lensa kacamata yang telah ditentukan oleh pihak BPJS Kesehatan. Diantaranya adalah :

  • Lensa spheris – minimal ukuran 0.5 dioptri
  • Lensa silindris – minimal ukuran 0.25 dioptri
Baca Juga : Menggunakan BPJS Kesehatan Di Luar Kota, Pengalaman pribadi

Prosedur dan Ketentuan Yang Berlaku Sangat Penting Agar Layanan Anda Terpenuhi

Setiap aturan yang berlaku tentu dibuat agar terciptanya keseragaman untuk semua peserta BPJS Kesehatan dalam hal pelayanan. Oleh karena itu, ikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku agar anda memperoleh layanan sebagaimana mestinya sebagai peserta BPJS Kesehatan.

Itulah penjelasan mengenai prosedur membeli kacamata pakai BPJS Kesehatan.

BERIKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komentar anda
Silahkan masukkan nama anda disini