Proses Audit Listrik dalam Perusahaan

0
2

Audit listrik menjadi salah satu istilah yang mungkin sering didengar oleh banyak orang, khususnya bagi para pekerja kantoran atau bahkan yang bekerja di industri. Audit listrik adalah proses evaluasi pemanfaatan energi guna mengidentifikasi peluang penghematan energi untuk meningkatkan suatu efisiensi suatu perusahaan.

Dalam proses audit energi listrik bukan hanya penting untuk menghemat biaya listrik saja. Langkah ini juga diwajibkan oleh pemerintah melalui Surat Edaran Wajib nomor 302.E/07/DJE/2010 yang dikeluarkan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) pada tahun 2010 silam. Surat edaran tersebut berisikan kewajiban pengguna energi listrik maupun non listrik yang setara dengan 6000 ton minyak atau 69780 Megawatthour (MWh) pertahun untuk melakukan konservasi energi.

Baca Juga :   Relationship Officer : Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawabnya

Secara tidak langsung, surat edaran tersebut ditujukan kepada para pelaku industri dan gedung perkantoran mengingat mereka membutuhkan daya listrik yang sangat besar dalam operasional industri. Oleh karena itu, diharuskan Perusahaan Audit Energi listrik secara berkala.

Lalu, seperti apa sih proses audit di sebuah perusahaan?

  1. Pengumpulan data

Proses pengumpulan data sangat penting dalam proses audit energi. Dari data yang didapat, nantinya diperoleh kesimpulan yang akurat terhadap penggunaan energi listrik dalam suatu gedung perkantoran. Proses ini mencakup pengumpulan data desktop, pengumpulan data lapangan, dan cross check kedua data tersebut.

  1. Pelaporan hasil audit

Setelah audit energi listrik dilakukan, langkah berikutnya adalah membuat laporan terhadap hasil audit tersebut. Berdasarkan surat edaran nomor 302.E/07/DJE/2010, pelaporan hasil audit akan disampaikan kepada Kementerian ESDM, Gubernur atau Bupati/Walikota. Pelaporan hasil audit dibuat terperinci berdasarkan 3 langkah yang telah dilakukan diatas.

Baca Juga :   Belanja Online di Shopee Kena Pajak 10%, Ini Jenis Produknya

Jika ingin mengetes audit listrik dengan baik dan optimal untuk perusahaanmu, Sewatama menjadi salah satu perusahaan bersertifikasi yang sangat terpercaya untuk melakukan hal tesebut. Sebab, kegiatan itu memang harus dilakukan oleh para profesionalnya di bidang masing-masing.

Selain itu, Sewatama juga menyediakan panel surya dan genset berkualitas bagi perusahaanmu yang membutuhkan daya listrik tambahan. Dipastikan, kualitas alat dari Sewatama sangat luar biasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here