Registrasi Kartu Prabayar Pakai NIK dan KK : Tujuan, Ketentuan dan Sanksi

0
736

Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya, bahwa registrasi kartu prabayar pakai NIK dan KK sudah menjadi aturan yang wajib dijalankan. Aturan tersebut dikeluarkan langsung secara resmi oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo ) yang akan mulai diberlakukan secara resmi mulai 31 Oktober 2017.

registrasi kartu prabayar pakai NIK dan KK - Registrasi Kartu Prabayar Pakai NIK dan KK : Tujuan, Ketentuan dan Sanksi

” Pelanggan kartu prabayar di Indonesia, baik itu pelanggan baru maupun pelanggan lama wajib registrasi nomor pelanggan dengan validasi Nomor Induk Kependudukan ( NIK ) dan Nomor Kartu Keluarga ( KK ) “.



Melihat informasi di atas ternyata banyak yang mempertanyakan tentang tujuan diberlakukannya aturan tersebut. Pihak Kemenkominfo sendiri sudah menjelaskan secara detail Tujuan dan Ketentuan aturan tentang registrasi prabayar tersebut.

Baca Juga : Registrasi Simcard Wajib Pakai NIK dan KK, Berikut Ini Langkahnya

Tujuan Registrasi Kartu Prabayar Pakai NIK dan KK

registrasi kartu prabayar - Registrasi Kartu Prabayar Pakai NIK dan KK : Tujuan, Ketentuan dan Sanksi

Diberlakukannya aturan registrasi kartu prabayar pakai NIK dan KK diatur dalam peraturan Kemenkominfo Nomor 14 Tahun 2017, tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi.

Isi peraturan tersebut menyatakan bahwa setiap pemilik kartu prabayar wajib melakukan registrasi ulang terkait data diri atau identitasnya mulai dari tanggal 31 Oktober 2017.

Berikut ini Tujuan dari diberlakukannya aturan tersebut :

1. Untuk Mendukung Program One SIngle Identity

Pemerintah memiliki satu program yang dinamakan One Single Identity, yang artinya semua hal yang berkaitan dengan identitas data diri seseorang akan terkoneksi pada Nomor Induk Kependudukan ( NIK ). Jadi setiap identitas masyarakat Indonesia akan mudah diakses dengan melihat dari nomor NIK.

Dengan diberlakukannya aturan terkait registrasi kartu prabayar pakai NIK dan KK tentu mendukung program pemerintah tersebut.

2. Mengurangi Tindakan Kriminalitas dan Terorisme di Indonesia

Dengan terintegrasinya nomor prabayar dengan data NIK dan KK, maka akan mengurangi tindakan kriminalitas dan terorisme di Indonesia yang melancarkan aksinya via nomor telepon. Karena setiap jenis penipuan atau aksi kejahatan yang beraksi via nomor telepon akan mudah dilacak identitas pelakunya.

Pasalnya nomor telepon akan selalu terintegrasi dengan data kependudukan masyarakat Indonesia secara real time. Setiap nomor telepon akan memiliki identitas yang valid sesuai dengan data yang tercantum pada Kartu Tanda Penduduk ( KTP ).

Ketentuan Registrasi Kartu Prabayar Pakai NIK dan KK

tujuan registrasi kartu prabayar pakai NIK dan KK - Registrasi Kartu Prabayar Pakai NIK dan KK : Tujuan, Ketentuan dan Sanksi

Setiap aturan yang baru dikeluarkan tentu memiliki beberapa kekurangan antara lain kurangnya pemahaman masyarakat yang menimbulkan pertanyaan-pertanyaan terkait aturan tersebut.

Berikut ini ketentuan yang perlu anda ketahui terkait aturan baru mengenai registrasi kartu prabayar yang dikeluarkan oleh Kemenkominfo :

1. Masyarakat Boleh Memiliki Tiga Nomor Telepon Untuk Satu NIK

Pemerintah memberikan kemudahan bagi masyarakat yang memiliki nomor telepon lebih dari satu dengan memperbolehkan memiliki lebih dari satu nomor telepon untuk satu data nomor NIK.

Artinya, setiap masyarakat yang memiliki tiga nomor telepon bisa meregistrasikan semua nomor telepon tersebut dengan satu data NIK.

2. Usia Dibawah 17 Tahun Pakai NIK Yang Tercantum di KK

Bagi yang usianya dibawah 17 tahun dan belum memiliki Kartu Tanda Penduduk ( KTP ), namun sudah memiliki nomor telepon maka registrasi kartu prabayar menggunakan NIK yang tercantum di Kartu Keluarga ( KK ).

3. WNA yang Tinggal di Indonesia Pakai PASPOR, KITAP atau KITAP

Bagi Warga Negara Asing ( WNA ) yang tinggal di Indonesia dalam waktu sementara atau sudah menetap masih bisa registrasi kartu prabayar menggunakan nomor yang tercantum pada PASPOR, KITAP dan KITAP.

Hal ini memudahkan WNA yang memerlukan koneksi menggunakan kartu prabayar dari operator di Indonesia, karena tentunya WNA tidak memiliki KTP dan KK Indonesia.

4. Registrasi Sudah Bisa Dilakukan Sebelum 31 Oktober 2017

Sesuai dengan sosialisasinya bahwa peraturan terkait registrasi menggunakan data NIK dan KK adalah mulai tanggal 31 Oktober 2017, namun nyatanya saat ini sudah mulai bisa dilakukan registrasi tersebut.

Sanksi Bagi Yang Tidak Melakukan Registrasi Ulang

registrasi kartu prabayar pakai NIK dan KK blokir - Registrasi Kartu Prabayar Pakai NIK dan KK : Tujuan, Ketentuan dan Sanksi

Pemerintah bekerjasama dengan pihak operator akan memberlakukan sanksi bagi masyarakat yang tidak melakukan registrasi nomor telepon menggunakan NIK dan KK. Namun sanksi tersebut akan diberikan secara berkala, sampai akhirnya kartu prabayar diblokir permanen.

Berikut ini bentuk sanksi berkala yang diberikan :

1. Batas Akhir Registrasi Ulang Tanggal 28 Februari 2018

Registrasi dibatasi sampai dengan tanggal 28 Februari 2018 bagi pelanggan kartu prabayar lama. Artinya lakukan registrasi ulang sebelum tanggal 28 Februari 2018 jika menginginkan nomor telepon masih bisa digunakan.

2. Nomor Telepon Tidak Bisa SMS dan Telepon

Jika sampai dengan tanggal 30 Maret 2018 pelanggan tetap tidak melakukan registrasi ulang, maka nomor telepon tidak bisa digunakan untuk SMS dan Telepon. Namun masih bisa digunakan untuk koneksi internet.

3. Nomor Telepon Tidak Bisa Koneksi Internet

Pemerintah akan menghentikan layanan SMS, Telepon dan Internet bagi pelanggan yang tidak melakukan registrasi sampai dengan tanggal 14 April 2018.

4. Batas Akhir Penangguhan Regsitrasi Ulang 29 April 2018

Pemerintah memberikan waktu batas akhir penangguhan registrasi sampai tanggal 29 April 2018 bagi pelanggan yang belum melakukan registrasi ulang.

5. Nomor Kartu Prabayar Blokir Permanen

Bagi pelanggan yang tidak melakukan registrasi lebih dari tanggal 29 April 2018, maka nomor kartu prabayar tersebut akan diblokir secara permanen. Artinya, nomor telepon tersebut sudah tidak bisa diaktifkan kembali baik untuk SMS, Telepon dan Internet.

Lakukan Registrasi Ulang Sesuai Aturan Agar Tidak Kena Sanksi

Lebih baik untuk pelanggan kartu prabayar yang sudah menggunakan nomor teleponnya sejak lama, segera lakukan registrasi ulang untuk menghindari sanksi-sanksi yang merugikan anda.

Program pemerintah ini memberikan rasa aman bagi pengguna kartu prabayar di Indonesia dari tindakan kriminalitas yang kerap dilakukan via nomor telepon. Oleh karena itu, mematuhi aturan sama dengan anda melindungi diri sendiri dari tindakan kejahatan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama Anda di sini