Relationship Officer : Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawabnya

0
84

Intanblog.com – Bagi fresh graduate yang mencari lowongan kerja, sudah pasti Anda akan mencari informasi lowongan kerja dari berbagai sumber. Jika Anda menemukan lowongan kerja di bank BCA dengan jabatan Relationship Officer. Berikut ini pengertian, tugas dan juga tanggung jawab dari Relationship officer BCA.

Relationship Officer : Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawabnya

Pengertian Relationship Officer

Relationship Officer (RO) adalah sebuah jabatan yang ada di dalam perusahaan keuangan, perbankkan, dan juga bisnis marketing lainnya. Secara umum, aktivitas dari RO adalah memasarkan produk perusahaan dan bertanggung jawab secara langsung ke manajer unit (pimpinan unit).

Jenjang karir dari Relationship Officer ini dapat dibilang sangat cerah. Sebab, RO ini yang nantinya akan menjadi pimpinan perusahaan baru. RO juga dapat terbilang menjadi posisi yang paling cepat dalam meraih promosi jabatan jika dibandingkan dengan posisi lainnya. Hanya dalam rentan waktu kurang 5 hingga 10 tahun Anda akan mendapatkan promosi jabatan. Apabila Anda tidak ingin karir yang terlalu lama, mengikuti program Relationship Officer BCA adalah jawaban yang sempurna.

Baca Juga :   Tips Belanja Online di Shopee GRATIS ONGKIR

Tugas dan Tanggung Jawab Relationship Officer BCA

Nah, setelah Anda mengetahui apa itu Relationship Officer, berikut ini adalah tugas dan tanggung jawab dari RO yang perlu Anda ketahui.

1. Melakukan Analisis Potensi Pasar

Saat Anda bekerja sebagai Relationship Officer, tugas dan tanggung jawab pertama Anda adalah bisa melakukan analisis potensi pasar. Dimana, Anda harus mengetahui segmentasi pasar yang sangat potensial berdasarkan beberapa kategori. Selain itu, Anda juga harus bisa melakukan analisis resiko bisnis kredit serta menganalisa semua nasabah potensial dan juga perusahaan lain terutama masalah resiko bisnis untuk pembayaran kredit kedepannya. Oleh sebab itu, Anda harus bisa mengoperasikan komputer dan juga berbagai software yang berhubungan dengan analisis.

Baca Juga :   Apa Itu Power Merchant Tokopedia? Yuk, Simak Penjelasan dan Keuntungannya

2. Berperan dalam Sales dan Marketing

Untuk perusahaan yang masih berkembang, Relationship Officer juga bertugas sebagai sales marketing atau ujung tombak dari sebuah perusahaan. Akan tetapi untuk perusahaan yang sudah besar seperti Bank BCA, Relationship Officer BCA hanya membantu peran sales dan marketing dengan tujuan dan target yang serupa.

3. Menjembatani Hubungan Baik

Seperti namanya, Relationship Officer juga mempunyai tugas untuk menjalin hubungan baik dengan perusahaan lain dan juga nasabah. Sehingga, RO sering bertugas sebagai penghubung antar nasabah dan perusahaan. Oleh sebab itu, kemampuan public speaking sangat dibutuhkan untuk Anda yang berminat bekerja menjadi RO.

4. Mengenalkan Produk

Relationship Officer juga bertanggung jawab untuk mengenalkan produk baru kepada konsumen potensial. Dalam masalah ini tidak ada bedanya dengan marketing officer atau sales, dan memiliki kedudukan yang sama. Sehingga, Anda harus menguasai setiap produk dari perusahaan Anda. Dengan tujuan agar lebih mudah saat melayani konsumen dan bisa menjawab semua pertanyaan dan masalah mengenai produk tersebut.

Baca Juga :   5 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Memilih Jasa Desain Interior

5. Target

Sama halnya dengan jabatan lain, RO juga mempunyai target yang harus dicapai, untuk perusahaan yang mempunyai program evaluasi. Target ini harus dicapai oleh semua karyawan dalam sebuah tim untuk jangka waktu yang sudah ditentukan.

Seperti itulah pengertian, tugas dan juga tanggung jawab dari RO. Jika Anda tertarik, saat ini sudah dibuka program Relationship Officer BCA yang bisa Anda ikuti. Segera buka link yang ada di atas, untuk mengetahui syarat dan cara daftarnya. Apabila Anda memenuhi syaratnya, segera daftarkan diri Anda untuk jenjang karir yang sangat menguntungkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here